Pentingkah Konsisten Ngeblog Bagi Blogger?

Lah ternyata sekarang sudah jelang minggu ketiga bulan Mei hehe. Baru kemarin kita ngobrol di minggu pertama, ternyata waktu berputar demikian cepat ya. Atau daku-nya yang baru nongol lagi nulis di readitu.com wkwkwk.

Maklum, mungkin ini adalah efek dari santuy-nya ngeblogging. Sibuknya di lain hal. Namun bukan berarti nggak kepengen juga blog ini dapat pundi-pundi, tetap menerima dengan tangan terbuka kok, eeaaa. Hanya saja memang belum membuat jadwal kerennya biar konsisten.

Soalnya perkara merutinkan memang bukan hal yang gampang. Ada saja bisa terdistraksi oleh pekerjaan lain, atau waktunya yang mepet sehingga lama kelamaan malah menjadi lupa. Makanya mau santuy atau monetize blog, keduanya membutuhkan konsisten sebenarnya, alasannya karena:

Terlatih Menulis Cepat dan Mengalir

Dengan konsisten, akan membuat kita semakin terlatih dalam menulis, sekalipun yang ditulis adalah curahan hati yang mungkin ngalor-ngidul. Dari situ tulisan yang ditayangkan akan dibaca berulang, lalu akan muncul rasa untuk editing. Nah proses penyuntingan ini akan memberikan dampak buat kitanya dalam mengasah kata-kata. Eh tapi itu juga kalau kamu tipe yang nulis aja dulu, terus publish baru disunting.

Sebaliknya menulis baru satu paragraf terus edit. Lalu lanjut lagi begitu kelakuannya buat paragraf kedua dan selanjutnya, niscaya malah nggak jadi-jadi tulisannya, haha.

Kok bisa, memangnya pernah coba? 

Iya, daku pernah beberapa kali seperti itu. Paragraf awal udah merangkai kata nih, terus dirasa ada yang ganjal kan langsung deh di edit, eh kelanjutannya malah udahan. Stop nulisnya, hihi (Ini bukan untuk ditiru, wkwkwk).

Membuat Mesin Pencari Semringah

Siapa sih yang nggak berkeinginan untuk selalu tampil blognya di mesin pencari, dan dikenalnya juga sama mbah? Pastinya kita yang berkecimpung dalam dunia digital ingin sekali seperti itu. Maka tidak akan bisa terelakkan persaingan untuk muncul di halaman muda akan terus berlangsung.

Oleh karenanya perlu membuat mesin pencari semringah selalu dengan konsisten menerbitkan konten. Misalnya kamu sanggup membuat konten artikel di blog 1 hari 1, maka teruskanlah seperti itu. Jangan sampai lalai. Begitu juga untuk yang sanggupnya hanya seminggu 1 artikel, per 2 atau 4 hari artikel tayang, atau dikhususkan di hari senin kamis tayangnya, dan sebagainya.

[Baca Juga: Tanggal 28 Oktober dan Colokan]

Tak lupa juga artikel yang sudah pernah tayang alias yang jadul atau yang pertama kali kamu buat, jangan lupa buat di update. Biar kelihatan sama si mbah, bahwa kamu itu care sama blog yang kamu kelola (eeaaa) serta bisa menaikkan lagi pamor artikelmu. Siapa tahu artikel kamu yang lama itu semula bergeser ke halaman rumah (jauh banget ya, haha) maksudnya tidak ada di halaman muda mesin pencari bisa kembali naik.

Namanya blogger pasti konsistennya adalah dengan ngeblog. Banyak cara konsisten ngeblog yang bisa diterapkan semisal dengan ikutan blog challenge, membuat jadwal dengan alarm atau notes, dan sebagainya. Apalagi kita sudah memilih platform blog yang disukai dan terlebih lagi sudah memiliki domain. Otomatis harus lebih giat lagi mengusir rasa mager dan sediakan waktu untuk ceki-ceki blog. Yuk, kita bisa dengan SemangatCiee menerapkannya.

20 komentar:

deddyhuang.com mengatakan...

menurutku penting banget sih bisa konsisten ngeblog karena bisa jadi media kita buat latih otak dan jari supaya gak pikun. apalagi dari ngeblog ini kan bisa membuka peluang rejeki lagi.

Okti Li mengatakan...

Blogger kerjaannya ya ngeblog. Menulis. Saya Alhamdulillah setiap hari menulis. Tapi kalau yang ulasan pribadi, saya hide, jadi hanya pihak tertentu yang bisa melihat. Pembaca umum mungkin mengira hari itu saya tidak update tulisan

April Hatni mengatakan...

Bener banget, namanya juga blogger...ya harus konsisten ngeblog lah. Biar blognya nggak menjadi sarang laba-laba. Namun, konsistensi ini perlu diasah terus menerus biar menjadi sebuah kebiasaan. Semangat ngeblog buat kita semua!

Fionaz mengatakan...

iya bener kak, kita mesti konsisten nulis biar ide bisa ngalir lebih lancar. aq jadi malu sendiri nih kak, soalnya selama ini kadang semangat suka kendor

Annisa Kemala mengatakan...

Saya juga lagi mencoba konsisten lagi nih buat ngonten di blog. Supaya blog nya ga gitu-gitu aja. Terima kasih tips nya.

Mei Daema mengatakan...

karena banyak kesibukan yang lain, ngeblog saya sering ga konsistennya kak, padahal udah buat jadwal setiap bulan mau nulis apa saja, tapi tetep aja banyak bolongnya

Akarui Cha mengatakan...

Kadang nih, gegara re-update artikel lama juga bikin berat aja buat munculin artikel baru. Padahal dua-duanya penting ya biar blognya tetap hidup.

Han mengatakan...

Bener banget ini hahhaa, bikin jadwal sebenernya sangat membantu biar kita makin semangat ngeblognya, tp kadang badan nggabisa diajak kompromi karena harus bagi waktu dengan kegiatan lain ya kak

Triani Retno A mengatakan...

Kalau aku ditanya penting nggak konsisten ngeblog, jawabanku: pentiiiing.
Kalau ditanya udah bisa konsisten atau belum, jawabanku: beluuum.
Hihi.... Tapi kalau inget blog bisa mendatangkan penghasilan, yaaa...mesti dipaksakan untuk konsisten sih.

Leyla Hana mengatakan...

Aku belum konsisten nih update blognya. Apalagi ikutan banyak bw. Susah ya update sehari satu artikel wkwkw. Tapi yang penting sebulan minimal 4 artikel.

YSalma mengatakan...

Bener banget ini.
Kalau konsisten, menulis sebuah artikel tidak memerlukan waktu yg begitu lama.
Tapi kalau udah mulai jarang2, nyari merangkai beberapa kata aja nggak kelar2, hiks.
PR banget buat saya inih.

Tukang jalan jajan mengatakan...

Bagiku sih penting banget kak, beberapa cara aku lakuin seperti mengumpulkan beberapa ide dan menyimenyimpan dalan note pad dan menambahkan kata demi kata dan paragraf sampai tulisan dirasa cukup dan tak lupa mengedit suoaya nyaman dibaca robot pencari dan juga manusia
Kalau tulisan bermanfaat pasti mwmbuat pembaca kita jadi senang

Lita Lestianti mengatakan...

Saya belum konsisten sih nulis blog..kecuali kalo ada yang maksa ky lomba atau jon..hiks.. padahal pengen organik nih

Yuni Bint Saniro mengatakan...

Bagiku ngeblog tu semacam kita main sosmed. Cuma postingannya agak panjang. Kalau sosmed aja kita bisa konsisten. Maka ngeblog tu juga kudu konsisten. Biar tulisan kita dikenal banyak orang dan memberi manfaat. Kan keren kalau bisa jadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Iya nggak?

trlitha11 (lithaetr) mengatakan...

Memang penting sih, konsisten ini jadi bisa membuat tulisan seperti air mengalir, cepat banget. Terasa kalau sudah lama vakum, mau nulis itu kamu, harus diasah lagi

lendyagasshi mengatakan...

Terimakasih, kak.
Sangat senang sekali dapet tips konsisten menulis di blog. Kemarin sempat di wapri sama Seorang blogger senior yang mengatakan kalau coba memperbarui tulisan lama. Iyaya...dulu pas gak tau SEO, nulis asal aja gitu.

Coba diterapkan pada artikel lama ini pekerjaan bagus. Hehehe...minimal 1 hari 1 artikel lama gitu yaa..

Dee_Arif mengatakan...

Penting banget!!
Blogger harus konsisten nulis ya mbak
Biar semakin terlatih skill menulis nya

Siti Mustiani mengatakan...

Iyess penting banget, meskipun sudah lama ngeblog tapi tetep konsisten adalah hal yang sangat penting untuk seorang blogger. Gini-gini kita pun masih tetep belajar ya mbak, belajar agar tetep ada ide biar bisa menulis yang mengalir.

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Kalau saya tidak konsisten ngeblog pastinya saya tidak akan mendapatkan penghasilan tambahan selain dari suami
Padahal tambahan tersebut sangat berarti untuk saya dalam mengelola keuangan keluarga yang tidak menentu

무하마드 Rizki Riswandi mengatakan...

Pengen banget bisa konsisten untuk nulis di blog. Dulu pernah buat list untuk ngepost satu kali sehari, berhasil sih tapi lambat laun malah jadi males lagi. Pengen jadi kek dulu lagi yang selalu semangat ngepost :(

Pentingkah Konsisten Ngeblog Bagi Blogger?

Lah ternyata sekarang sudah jelang minggu ketiga bulan Mei hehe. Baru kemarin kita ngobrol di minggu pertama , ternyata waktu berputar demik...