Antara Monetize Blog dan Santuy Blog

Kalau dikasih pilihan mau yang Monetize Blog atau Santuy Blog, buat daku keduanya itu tergantung dengan karakter si pemilik blog-nya dan nawaitu hendak dibawa kemana hubungannya dengan blog yang diasuhnya (Bukannya mau dibawa hubungan kita yak, itu lirik lagu gaess, wkwkwk).

Kenapa jadi baliknya ke nawaitu? Soalnya, dengan niat akan membawa arah dan tujuan yang ingin digapai. Begitupula antara Monetize Blog dan Santuy Blog yang merupakan dua pilihan yang berbeda tipenya. Mungkin terlihat kembar, tapi yang namanya kembar aja masih bisa berbeda, kan?

Oleh karenanya, berikut daku lukiskan antara Monetize Blog dan Santuy Blog, yang mungkin jadi kamu sedang galau mau menentukan ke arah mana nih layar yang akan dibawa berlabuh, sebagai berikut:

Tentang Monetize Blog

Dari namanya saja sudah ketahuan, bahwa monetize berarti sesuatu yang bertujuan untuk mendapatkan uang/pendapatan. Jadi artinya blog yang dimiliki digunakan sebagai ladang penghasilan. Tekniknya tetap membuat artikel di blog dengan cara memonetisasi seperti:

[Baca Juga: 5 Alasan Asiknya Menjadi Konten Kreator]

  • Mengikuti program Kerjasama dengan website lain (Afiliasi). Bentuk kolaborasi ini biasanya ada pembagian dalam bentuk poin melalui referral kode. Misalnya blog readitu.com bekerjasama dengan e-commerce, maka blog readitu memasang link referral. Saat ada pengunjung yang klik link itu akan menambah poin, dan dikumpulkan yang bila saatnya nnati capai target minimal bisa dikonversikan menjadi uang.

  • Pasang Iklan Adsense juga terbilang menarik. Dalam menghitungnya disesuaikan dari sistemnya apakah melihat dari jumlah banyaknya iklan yang ditonton oleh pengunjung blog kamu atau dari total klik cendol, eh maksudnya klik iklannya heheh. Catatan di sini (daku rangkum berdasarkan dari teman blogger yang sudah pasang adsense), pastikan bahwa artikel yang kamu tulis di blog, dengan bahasa yang baik dan sopan, karena akan dapat mempengaruhi iklan yang muncul.

  • Paid Post atau postingan berbayar, berupa endorsement dan sponsorship. Untuk endorsement kamu mendapatkan produk untuk diulas dan fee dari brand. Sedangkan sponsorship brand memasang iklan di blog kamu yang sudah tersedia widget space iklan.

Kenalan Sama si Santuy Blog

Santuy alias si santai dalam mengelola blognya. Bisa diartikan, tidak terlalu ngoyo untuk mendapatkan penghasilan melalui blog. Tidak pasang iklan atau hal lain seperti si Monetize Blog. Biasanya blog yang dikelola santuy ini berisi artikel tentang curahan hati, diary perjalanan, maupun tugas sekolah/kuliah. Daku pernah menemukan si Santuy Blog. Isinya ya curahan hati si empunya blog dan cerita fiksi (ada cerpen, cerbung, dan puisi).

[Baca Juga: Membuka Mata di Pagi Hari

Lalu blog readitu.com ini mengarah ke mana sih, apakahmonetize blog atau santuy blog? Daku memilih keduanya saja, alias kolaborasi, hihi. Jadi bisa tetap curcol manis di sini, dan tidak menolak rezeki yang menghampiri. Sehingga, blog yang diisi tetap indah tatkala pengunjung datang, karena yang daku utamakan adalah bagaimana bisa konsisten update menerbitkan artikel, eeaaa. 

Komentar

PWWidayati mengatakan…
wah setuju banget nih kak, kayaknya kita satu frekuensi hihihi
Bambang Irwanto mengatakan…
Blog saya masuk keduanya, Mbak. Tetap untuk berbagi cerita, tapi tidak menolak kalau ada yang mau kasih uang bakso hahaha. Saya ada iklan adsanse, tapi kayaknya pemanis blog saja, Mbak. Dan saat ini uang bakso masih dari PC dan pesanan tulisan hehehe.
Yuni Handono mengatakan…
Setuju banget nih mbak, saya juga pengen monetize blog sekalian membuat tulisan yang santuy. Jadi ada kalanya kita mengerjakan job, ada pula saat kita ingin menuliskan curhatan kita di blog. Kata orang kan menumpahkan apa yang kita rasakan supaya terasa plong beban pikiran kita, siapa tahu apa yang kita tuliskan menginspirasi orang kan.
Lita Lestianti mengatakan…
Kalo syaa dua2nya hehe.. ada santuy ada monetize ..lumayan biar bisa buat beli jajan terus diposting lagi di blog hihi
Kanianingsih mengatakan…
Saya jg kolaborasi aja deh, tetep bisa santai menulis namun ga menolak rejeki kalau ada yg menawarkan kerjasama
Han mengatakan…
Aseeekk setuju, aku juga masih keduanya sih, heheh sambil curhat sambil nerima job juga hahaha jadi happy jalaninnnya
Pandu Husna mengatakan…
Kalo saya pribadi sih dua"nya. Santuy tapi tetap menghasilkan.. hihi
Hallowulandari mengatakan…
hihihi iyaa, kolaborasi santuy sama monetisasi blog yaa kak, biar ga ngebosenin juga nih blog nya. Aku juga masih usaha buat maksimalin kolaborasi cerita di blog nih heuheu
Munasyaroh Fadhilah mengatakan…
Antara Monetize dan sabtu sama-sama menguntungkan bagi kita yang suka nulis, so kalaborasi adalah pilihan terbaik
R Palupi mengatakan…
Sejak awal tujuan ngeblog sebenarnya juga biar bisa menghasilkan uang. Alhamdulillah bisa dikit2 cuan. Lumayan lah yaa.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
nah kalau bisa sambil santuy tapi bisa menghasilkan kan lumayan yaaa hihi.. cuma kalau udah menghasilkan biasanya gak santuy sama deadline wkwkwk
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
blog saya masih santuy mbak, tapi untuk mendapatkan penghasilan dari blog, kita tidak boleh membiarkan begitu saja kualitas blog. Harus bener-bener diurus dengan baik
ginanelwan mengatakan…
aku termasuk santuy blogger, karena menulis berdasarkan passion saja. Syukur2 dapat duit. Tapi so far memang nulis atau jadi blogger aku santuy sih orangnya.
Marita S Ningtyas mengatakan…
Sama juga dong aku.. santuy blog tapi tetep cuan hehe. Maunya manusia memang yang enak2 aja.. kalau bisa kerja santuy, hasil melimpah yaa.. hihi.
Arai Amelya mengatakan…
Aku kayaknya dua-duanya deh. Blog utamaku itu santuy banget (pernah tiga bulan ga update hahah), tanpa iklan dan CP, idealis sok abis lah. Blog anakannya malah nerima job sana sini mwkwkw
lendyagasshi mengatakan…
Jadi berada di tengah-tengah yaa, kak..
Aku pun santuy tapi senang sekali kalau ada tulisan yang powerful karena bermanfaat dan berpotensi menyumbang PV, hehhee..
Jadi seneng banget ada tantangan menulis dari BPN Ramadan 2022.
Heizyi mengatakan…
Kalau emang tujuannya untuk cuan, ya boleh lah di komersilkan. Tapi kalau sekalian sama curhat mah bisa juga sih dapat uang
Nabilla DP mengatakan…
aku sendiri ya melakukan keduanya sih Mba.. kalau lagi nggak banyak job, ya optimasi dengan artikel2 organik. intinya ya tetap produktif nulis teruss

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?