Review Buku: Jangan Mau di-PHK Begitu Saja

Review Buku: Jangan Mau di-PHK Begitu Saja, ulasan buku tentang PHK, buku tentang PHK

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) seringkali kita dengar, baik dari pemberitaan melalui media massa, maupun orang sekitar yang mungkin saja pasca terkena hal tersebut.

Bagi pekerja, PHK menjadi momok yang tidak menyenangkan, karena sedang asik bekerja, tiba-tiba menghadapi keputusan akan adanya PHK. Alasannya pun beragam mengapa bisa terjadi sesuatu yang tidak asik itu, misalnya karena perilaku si karyawan yang tidak baik, perusahaan yang tidak lagi beroperasi, hutang menumpuk, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya perlu pengetahuan sebagai wawasan dan sandaran agar saat terjadi hal yang tidak menyenangkan itu dapat disikapi dengan tenang. Salah satunya dengan membaca karya alumni Fakultas Hukum Universitas Jayabaya ini, yaitu buku Jangan Mau di-PHK Begitu Saja.

 

Review Buku: Jangan Mau di-PHK Begitu Saja, ulasan buku tentang PHK, buku tentang PHK

Sekilas tentang Buku

Judul: Jangan Mau di-PHK Begitu Saja

Penulis: Rocky Marbun, SH, MH

Penerbit: Visimedia

Terbit: Maret 2010, cetakan pertama

Tebal: 228 halaman + viii

Kategori: Non Fiksi – Inspirasi/Karier

ISBN: 979-065-057-4

 

Review Buku: Jangan Mau di-PHK Begitu Saja, ulasan buku tentang PHK, buku tentang PHK

Punya Persiapan Matang Sebelum di-PHK

Adakalanya karyawan hanya disibukkan dengan jobdesk pekerjaan alias rutinitas setiap hari, bulan, dan tahun. Pokoknya sih kasarnya adalah: “Masih di gaji ini… gue masih dapat tunjangan… masih lancar kok dapat THR…, masih asik kok dapat bonus tahunan walau pas pandemi persentasenya menurun,” Sehingga, terlupa dengan hal-hal buruk yang mungkin saja bisa terjadi, yaitu PHK.

Menyikapi hal itu, Rocky Marbun, SH, MH membuat runut tentang informasi ketenagakerjaan ini, dengan isi buku Jangan Mau di-PHK Begitu Saja menjadi 5 Bab utama, sub bab, dan lampiran pasal. Untuk 5 Bab utamanya adalah:

1 Mengapa Tenaga Kerja?

2 Tinjauan Umum

3 Hubungan Ketenagakerjaan

4 Hak-hak Pekerja Jika di-PHK

5 Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja

[Baca Juga: Pentingkah Konsisten Nge-blog Bagi Blogger?]

 

Dari segi keunggulan buku Jangan Mau di-PHK Begitu Saja ini, pastinya memiliki manfaat bagi kita sebagai pembaca, khususnya yang ingin mendalami tentang hukum ketenagakerjaan, misalnya mahasiswa hukum, bagian personalia (HRD) karena dilengkapi dengan pasal-pasal terkait ketenagakerjaan, contoh kasus bagaimana menghitung pesangon, serta tahapan dalam penyelesaian hubungan industrial.

Review Buku: Jangan Mau di-PHK Begitu Saja, ulasan buku tentang PHK, buku tentang PHK

Namun, bila melihat dari gaya bahasa buku ini mungkin akan terasa kaku dan membosankan bagi yang tidak terbiasa dengan bahasa formal. Sebab saat daku membaca bab per babnya, seperti sedang balik lagi ke kampus belajar tentang hukum perdata/pidana (hehe).

[Baca Juga: Launching Buku Better Internet]

Meski begitu, daku mengapresiasi kehadiran buku ini, karena para karyawan maupun calon pegawai yang akan bergabung di suatu perusahaan, bisa memiliki wawasan bagaimana pemahaman akan hukum ketenagakerjaan, apa saja yang perlu dicermati dalam perlindungan tenaga kerja dan perjanjian kerja (misalnya PKWT atau kontrak), dan hak para pekerja bila ada yang kena PHK. 

Review Film Tuhan Minta Duit

Review Film Tuhan Minta Duit, sinopsis Film Tuhan Minta Duit, pemeran Film Tuhan Minta Duit

Review Film Tuhan Minta Duit (readitu.com) -- Pernah gak sih kamu berdoa, “Ya aku minta duit, buat beli…”

Daku pernah melakukan hal tersebut, karena memang ada hal khusus yang ingin daku beli, misalnya mau beli smartphone baru untuk mengganti ponsel lama yang kurang lega memorinya. Doa tersebut menurut daku adalah hal yang unik, karena mengkhususkan untuk suatu barang kebutuhan.

Tak disangka, saat ceki-ceki di KlikFilm, ada film dengan judul, “Tuhan Minta Duit”. Langsung masuk ke list untuk ditonton, karena berhubung punya voucher, jadi gretongan, hehehe.

Review Film Tuhan Minta Duit, sinopsis Film Tuhan Minta Duit, pemeran Film Tuhan Minta Duit, rating film tuhan minta duit
sumber: imdb

 

Sinopsis Film Tuhan Minta Duit

Maya, harus menyamar sebagai Adi (bocah laki-laki) agar bisa kerja sebagai penyemir sepatu guna mendapatkan uang untuk mewujudkan harapannya.

“Tuhan minta duit, buat benerin genteng bocor. Sama beli nasi padang dengan ayam bakar buat Mbah Kedah.” Doa Maya yang selalu diulang tiap usai sholat.

Maya tidak putus asa untuk selalu berdoa (sholat), sampai-sampai dia melanglang buana ke berbagai masjid, dengan harapan agar doanya dapat terkabul.

Tak disangka, apa yang diharapkannya seperti ‘Terwujud”. Maya mendapatkan uang dalam jumlah besar. Namun datangnya uang tersebut, malah memberikan kejutan tak menyenangkan untuk dia dan Mbah Kedah.

Kamu bisa langsung nonton kisah lengkapnya, ya!

Data Film

Judul: Tuhan Minta Duit

Sutradara: Azhar Kinoi Lubis

Produser: Sentot Sahid

Produksi: KlikFilm Production dan Merpati Film

Rilis: 2 April 2022

Bahasa: Indonesia

Durasi: 77 menit

Genre: Drama Keluarga (13+)

Cast:

  • Anantya Rezky Kirana (Maya / Adi)
  • Putri Ayudya (Mbah Kedah)
  • Rendi Khrisna (Om Ridwan)
  • Asrul Dahlan (Om Bama / Om Uda)
  • Andro Trinanda (Toni)
  • Abirama (Kuplay)

Rating: 4/5

 

Hal yang Bisa Ditarik dari Film Tuhan Minta Duit

Rasa optimis dan tidak menyerah bisa menjadi gambaran untuk kita, bahwa misalnya doa kita belum terjawab dengan cepat, bukan karena tidak terkabul. Pasalnya untuk sebuah doa memang ada yang terkabul sebagaimana mestinya, diundur karena belum waktunya, diganti dengan suatu hal yang menurut lebih baik untuk kita.

Selain itu, sebuah kejujuran memang harus ditanamkan sejak dini. Jujur untuk suatu hal bukanlah hal yang merugikan. Sebab melalui kejujuran dapat melegakan kita dalam menjalani kehidupan.

Percaya bahwa, “Barangsiapa yang membantu kesusahan orang lain, niscaya tatkala dirinya kesusahan bantuan akan datang dari mana saja”.

Review Film Tuhan Minta Duit, sinopsis Film Tuhan Minta Duit, pemeran Film Tuhan Minta Duit
dok. liputan 6 - kolase: readitu.com

Secara keseluruhan, daku suka dengan film Tuhan Minta Duit ini. Selain karena ada kesamaan kata-kata dalam berdoa (hehe), alur cerita yang menarik, dan karakter tokoh yang dibawa oleh masing-masing pemain sangat pas, karena ada aktir dan aktris seperti Rendi Khrisna, Putri Ayudya, dan Asrul Dahlan.

Apalagi untuk si dede imut Anantya Rezky Kirana yang kece memerankan tokoh Maya/Adi. Wajar aja sih keren, karena dia juga nih yang memerankan tokoh Bulan di sinetron Anugerah Terindah yang tayang di RCTI.

Kalau kamu biasanya berdoa kepada Tuhan minta apa? Apakah kata-katanya mirip sama yang diucapkan Maya? Cuss sini curcol di kolom komentar. 

Pentingkah Konsisten Ngeblog Bagi Blogger?

Lah ternyata sekarang sudah jelang minggu ketiga bulan Mei hehe. Baru kemarin kita ngobrol di minggu pertama , ternyata waktu berputar demik...