10 Langkah agar Tubuh Tidak Panas dan Cara Hadapi Cuaca Panas

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat tugas liputan lapangan. Ini berarti bukan di dalam gedung ber-AC, yang adem dengan semilir dinginnya ruangan. Akan tetapi bakalan panas-panasan di luar sambil meliput kegiatan.  Persiapan saya kala itu, memakai sunscreen untuk wajah, body lotion dengan proteksi sinar UV untuk tubuh, membawa payung, dan air minum.

10 Langkah agar Tubuh Tidak Panas dan Cara Hadapi Cuaca Panas

Kegiatan lapangan pun dimulai. Kami menyusuri spot-spot yang diminta. Cuaca yang terik dan panas yang menyengat kami rasakan. Keringat mulai menetes. Untungnya tak lama kemudian, acara pun selesai. Kami diminta untuk menuju ke dalam ruangan, sambil beristirahat. 

Dari kegiatan tersebut, memang pentingnya untuk selalu sedia di dalam tas perintilan macam botol air minum, sunscreen, payung, dan proteksi lainnya karena kan di luar sedang panas-panasnya. Kalau perlu sih kacamata hitam ya, cuma saya lupa pakai padahal selalu ada dalam tas, wkwkwk. Lalu langkah apa saja agar tubuh tidak terasa panas dan bagaimana cara hadapi cuaca panas, yaitu dengan:

1. Hindari Radiasi Sinar Matahari

Karena posisinya lagi liputan di luar, maka sebisa mungkin pakai payung sehingga tubuh mendapat proteksi. Pasalnya, sinar matahari langsung bisa meningkatkan suhu tubuh. Hindari paparannya secara langsung, khususnya pada jam-jam terik, yaitu antara jam 11 hingga 3 sore.

2. Kenakan Pakaian Berwarna Terang dan Longgar

Namanya lagi panas, ada baiknya pakaian yang digunakan bukan yang ketat dan bukan yang warnanya gelap. Ini malah memudahkan penyerapan panas lebih banyak. Sebab pakaian longgar dan memiliki warna terang dapat membantu tubuh menyerap panas secara lebih baik.

3. Lebih Rajin Minum Air Putih

Langkah ketiga agar tubuh tidak terasa panas dan cara hadapi cuaca panas adalah dengan konsumsi air putih. Saat cuaca panas melanda, kondisi tubuh akan makin berkeringat. Untuk mengantisipasi kekurangan cairan, maka penting untuk banyak minum air putih sehingga dapat mencegah dehidrasi.

10 Langkah agar Tubuh Tidak Panas dan Cara Hadapi Cuaca Panas
dok. Freepik

Baca Juga: Ini Manfaat Puasa 

4. Gunakan Air Dingin untuk Mandi

Dalam menurunkan suhu tubuh yang mendapat efek panas dari cuaca, sebaiknya bisa mandi air dingin. Ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Akan tetapi, jangan sampai terlena kelamaan mandi air dingin ya, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Pakai Tabir Surya

Tabir surya atau bahasa kerennya adalah sunscreen bermanfaat dalam melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari langsung. Pilih sunscreen yang mengandung SPF minimal 30 dan punya kandungan PA+++, agar paparan sinar UV-A dan UV-B bisa kita hindari.

6. Batasi Aktivitas Fisik di Luar Ruangan

Cuaca panas tidak hanya menjadikan tubuh mudah berkeringat tetapi juga lebih mudah lelah. Maka penting untuk membatasi diri dari aktivitas fisik yang berat. Ini bukan karena lebay yak, tetapi memang kondisi cuaca yang memengaruhinya hehe.

Baca Juga: Apa Manfaat Positif dan Negatif Pakai Masker 

7. Cukup Waktu Beristirahat

Seharian berkutat dengan rutinitas, jangan lupa untuk beristirahat. Cukup waktu istirahat dapat membantu tubuh memulihkan energi yang hilang. Dengan begitu bisa kembali beraktivitas dengan baik.

8. Konsumsi Makan Sehat

Suasana yang panas jangan sampai kalap hanya melihat yang penting dingin tanpa memerhatikan nutrisinya ya. Dengan konsumsi makanan yang sehat, misalnya buah-buahan dan sayuran, bisa mendukung tubuh memiliki imunitas yang baik.

9. Hindari Tiga Minuman Ini

Minuman manis yang ditambah es batu, tentunya dapat menggugah selera karena dapat mendinginkan suasana. Namun, jangan berlebihan karena minuman manis, lalu minuman berkafein dan mengandung alkohol justru dapat membuat tubuh dehidrasi.

10. Periksa Kesehatan Tubuh Secara Rutin

Pastikan tubuh untuk selalu dalam keadaan bugar, bisa dengan memeriksakan kesehatan secara rutin. Hal ini dapat dilakukan secara berkala, misalnya setahun 2 kali.

10 Langkah agar Tubuh Tidak Panas dan Cara Hadapi Cuaca Panas

Dengan menerapkan 10 Langkah agar Tubuh Tidak Terasa Panas di atas, kita dapat mengurangi risiko terkena dampak buruk dari cuaca panas. Semisal ingin berolahraga juga tak masalah. Lakukan olahraga yang membuat tubuh nyaman dan tidak membuat terlalu lelah, serta jangan lupa cukupi minum air putihnya juga ya. Semoga bermanfaat! 

Komentar

Triani Retno A mengatakan…
Memang luar biasa musim kemarau kali ini ya, Mbak. Bahkan kotakku, Bandung, juga kehilangan kesejukannya. Terasa banget kalau aku pas di tempat jastip buku. Rasanya udah nggak mau jauh-jauh dari kipas angin. Tapi jadi selalu ingat buat pakai sunscreen dan bawa air putih :))
Imawan mengatakan…
Cuaca belakangan ini memang sangat panas banget, jangankan di luar ruangan, di rumah saja terasa gerah banget. Dan saya pun jika ada liputan di lapangan, biasanya bawa topi atau payung juga, lumayan untuk melindungi diri teriknya matahari ya.
DokterTaura mengatakan…
Saya paling malas sih kalau disuruh pakai tabir surya. Kelamaan gaes... Saya lebih suka pakai face mist biar segar dan anti-ngantuk, hehehe.MAkasih banyak mbak, tips nya bermanfaat banget... Di sini (jawa timur) panasnya poll
Maria G Soemitro mengatakan…
minuman manis dengan es batu emang menggoda ya?
tapi sesudahnya enggak menggoda, karena saya biasanya malah pusing dan akhirnya batuk

selain itu tabir surya emang penting banget
kerasa banget wajah jadi kebakar dan jadi kusem jika gak pakai tabir surya
Annie Nugraha mengatakan…
Emang ya, musim kemarau yang berkepanjangan ini benar-benar bikin kita harus aware dengan kesehatan dan kondisi fisik serta kulit. Jika memang harus beraktivitas luar ruang, facecare dan skincare kudu diperhatikan lalu rajin mengkonsumsi air putih, buah dan mengkonsumsi makanan sehat.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Iya nih cuaca panas gini cenderung jadi dehidrasi makanya banyakin minum air putih ya amannya. Sunscreen juga wajib supaya kulit terhindar dari sinar UV. Aku pun kalau gak penting2 banget menbatasi keluar rumah supaya hemat2 tenaga. Ini mulai peralihan ke musim huja jg kyknya jd kudu jaga daya tahan tubuh.
Nanik nara mengatakan…
Es teh manis, itu godaan besar banget di tengah cuaca panas gini ya mbak, apalagi kalau aktivitasnya di luar ruangan. Tapi kalau mikirnya jangka panjang, insyaallah bisa menghindari ya
Dian Restu Agustina mengatakan…
Memang es-es an itu menggoda ya, tapi beneran malah bikin enggak nyaman kalau kebanyakan. Dehidrasi ...Jadi mesti panasnya lur biasaa, banyak minum air putih aja
nurul rahma mengatakan…
harus disiplin terapkan hal hal tersebut.
supaya tetap survive dan sehaattt di musim sepanas ini.
semogaaa kondisi segera membaik
Ugik Madyo mengatakan…
Cuaca memang panas banget ya. Bukan main dah. Aku paling gak bisa ini batasi aktivitas di luar rumah. Masih sering keluar rumah pas siang hari. Solusinya ya bawa minum air putih kalau keluar rumah. Demi mengurangi dehidarasi.
Aisyah Dian mengatakan…
Minum air potih Dan tabir surya ini Penting banget ya kak di tengah suasana yang puanas begini
Bener banget kak, panas banget beberapa bulan ini,rasanya kapan ya akan turun hujan?
Bener banget, kalo saya sih selalu bawa air putih ke mana-mana. Tipsnya bener semua, makasih ya sudah diingatkan.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Padahal minuman manis yang pake es tuh rasanya menyegarkan sekali. Tapi emang kita jadi kayak rakus meminumnya. Karena memang nggak menghilangkan dahaga sih ya...
Deeva Collection mengatakan…
Pastinya kinsumsi air utih yang cukup agar tidak dehidrasi. Apalagi mengingat kemarau kali ini cukup panjang. Plus harus pandai atur waktu agar tidak keluar rumah di siang hari yang terik
Putu Felisia mengatakan…
Tabir surya itu penting banget memang di musim panas kayak gini.
Talif mengatakan…
Membantu banget ini tipsnya, apalagi ibukota yang sempat nyentuh 39 deg Celcius kemarin. Jaga kesehatan penting banget saat ini, agar nggak kena heat attack juga
Tukang jalan jajan mengatakan…
kalau saya emang andalannya ya banyak minum air dan pake tabir surya. udah paling aman dan langsung terasa manfaatnya sih. Apalagi kulitku emang ngga tahan ama panas
HendraDigital mengatakan…
Ternyata perlu juga pakai body lotion dan sunscreen ketika beraktivitas di outdoor. Saya sering mengabaikan hal ini loh. Padahal penting juga untuk menjaga kesehatan kulit ya...

Untuk antisipasi agar nggak dehidrasi, saya selalu bawa botol minum sendiri ke mana-mana. Daripada beli, mendingan bawa air putih sendiri. Lebih sehat dan hemat, heheheheh...

Makasih banyak banget ya tips sekaligus reminder-nya. Biar kita semua lebih aware dengan kesehatan tubuh, terutama bagi yang sering beraktivitas di luar rumah.
Daeng mengatakan…
bner banget kak memakaia pakaian yang berwana cerah memang bisa mengurangi rasa panas apalagi kalo kitanya rajin pakai suncreamnya jadi sangat bisa membantu thanks kak untuk infonya
hani mengatakan…
Saya tinggal di Bandung. Akhir-akhir ini kayak engga di Bandung. Tiap hari 30 derajat C...duh... Padahal dulu rata-rata 25-26 derajat.
Mau ke luar rumah kalau engga kepepet, engga ke luar deh...
Bener nih, minum manis malah semakin haus.
Eri Udiyawati mengatakan…
Musim panas gini, kita emang kudu lebih perhatian dan menjaga kondisi kesehatan badan. Gak semua yg dingin juga baik. Semoga sehat selalu ya. Panassnya minta ampuun, emaang.
Didik Purwanto mengatakan…
Kalo aku sih hrs sedia air putih dingin di kulkas. Ini utk menghindari minum manis dingin yg emg cocok dikonsumsi saat panas mendera. Ya gmn ya. Sering aktivitas luar ruang, lemes, biar seger ya minum manis yg dingin. Tp krn ga mau diabetes ya mau ga mau hrs kurangin yg manis. Minum air putih adalah solusi. Hehehe. Itu kalo aku ya.
Lintang mengatakan…
Aku juga menghindari kegiatan outdoor sebenernya. Gilak tuh kalo siang bolong berasa matahari deket banget ama kepala wkwkkw. Pokoknya jangan lupa pake sunscreen, bene raku juga usahain pake pakaian longgar jangan yang item. Dan banyak minum air putih!
Jurnal Bermain mengatakan…
Aku mba sekarang menghindari outdoor sama banyakin minum air putih. Pake sunscreen wajib kalau memang harus keluar rumah
Dee_Arif mengatakan…
Huhu benar sekali mbak
Akhir-akhir ini cuaca panas banget
Makanya kudu banyak minum air putih ya, biar g dehidrasi
Plus g lupa pakai tabir surya tentunya
Kyndaerim mengatakan…
Penting banget diikuti nih tipsnya. Poin mandi pake air dingin sama minum air putih yg bikin mendingan banget sama cuaca yg panas ini.
Sabrina mengatakan…
semua tipsnya bermanfaat bangte kak buat saya, kebetulan banget di Bekasi panasnya maish banget, jadi pakai AC pun tetep aja panas, apalagi kalau sudha keluar dan ini beneran bermanfaat banget tipsnya even beberapa sudah dilakukan
Fera Marentika mengatakan…
iya makin panas aja ya cuaca.. mesti perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.. makan buah yang mengandung banyak air dan juga sayur berkuah ^^
Harianeko.com mengatakan…
Klu ay pribadi lebih rajin minum air putih biar ga dehidrasi disaat cuaca panas.
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Nah, makasih banget ya infonya! Bener-bener bermanfaat nih, apalagi buat yang sering beraktivitas di luar ruangan. Aku sering abis tenaga dan kepanasan, jadi tips-tips ini pasti jadi andalan buat ngatasi cuaca panas. Stay hydrated dan jaga kesehatan tubuh itu penting banget! 💪💧☀
lendyagasshi mengatakan…
Aku sering jadi gak mood minum air mineral yaa..
Huhu.. rasanya pengen yang manis-manis dan dingin. Tapi kemarin ada klien suami yang meninggal, salah satu penyebabnya karena suka minum manis dalam kemasan.

Jadi pengingat kita semua kalau lebih baik minum air mineral.
Huhuh... jadi aku paksakeun pissan..
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Minum air putih yang banyak ini jadi kunci deh mbak, untuk aku yang gampang berkeringat apalagi di musim kemarau ini. Semoga kita semua fit ya sampai musim kemarai berakhir