Yang Mana Tujuan Ngeblog Kamu?

Tujuan nge-blog memangnya harus ada ya? Sepenting apa sih, tujuan nge-blog harus ada?

Namanya membuat tulisan yang dipublikasikan melalui media blog, apapun itu jenisnya baik artikelnya tentang cerita fiksi, curhatan panjang yang bersambung, postingan tentang sebuah produk review, dan sebagainya tetap harus ada yang namanya tujuan.

Jika tidak ada tujuan, bagaimana arah hidup akan dijalani? Seperti pemetaannya yang akan dilakukan pada blog yang kamu miliki. Bila tidak ada arahnya mau kemana, tentunya jadi nggak ada peta yang mengarahkan harus to the left..to the left atau right, right, right here waiting for you (huawakakak - edisi ngelawak dikit di readitu.com yak ^_^).

Begitu juga sebaliknya, kalau ada tekadnya mau kemana ini blog, ingin melakukan apa dengan blog yang dimiliki, bisa melahirkan konsistensi dalam penerapannya. Oleh karena itu yuk dipetakan lagi nih, apa sih yang menjadi tujuan kamu punya blog, setidaknya beberapa hal ini menjadi pertimbangannya, yaitu:

Untuk Berbagi Pengetahuan

Mungkin sebagian besar ini menjadi tujuan kamu buat nge-blog. Ya iya, pastinya kan berbagi informasi dan pengalaman, kalau tidak diposting untuk diketahui khalayak umum ya gak bakal mungkin jadi berbagi hehe.

Namun bisa dipermanis dengan berbagi pengetahuan, ini adalah hal yang mahal. Sebab biasanya untuk mendapat pengetahuan, harus belajar di Lembaga Pendidikan dan berbayar pula. Makanya jadi mahal, karena harus bayar pengajarnya, modulnya, dan materinya.

Dengan berbagi pengetahuan secara gratis kepada para pembaca, dapat memberikan pencerahan dari pertanyaan yang ingin ditemukan, dan menjadi manfaat berlipat ganda khususnya bagi si pemilik blog yang menuliskan artikelnya.

Untuk Menghasilkan Cuan

Ada lagi tujuan nge-blog yang lain yaitu untuk menghasilkan pendapatan. Ini bukanlah hal yang salah, karena memang melalui blogging, seseorang bisa menghasilkan cuan. Entah dari artikel yang dibuatnya dengan menarik, template responsif, dan hadirnya adsense yang melengkapi.

Bila memang bertujuan untuk menghasilkan cuan, maka carilah cuan dari nge-blog yang tidak hanya halal tetapi juga toyyib. Maksud dari mencari nafkah melalui blogging dengan cara halalan toyyiban adalah:

  • Bukan tulisan yang berbau SARA dan hal negatif (menyinggung perasaan), yang melanggar ketentuan hukum negara, hukum adat, dan juga hukum agama.
  • Tulisan yang dibuat bukanlah plagiat alias hasil copas dari blog lain. Entah dengan cara klik kanan, main koding, atau yang lainnya.

[Baca Juga: 5 Alasan Asiknya Menjadi Konten Kreator]

Jadi yang mana pun tujuan kita untuk nge-blog, sedapat mungkin hal-hal yang bermanfaat dan konsisten menayangkan artikel. Jangan hanya positif untuk mengumpulkan pundi-pundi tabungan sendiri, tetapi juga menjadi tabungan amal yang tidak terputus untuk masa depan. Sebab bila jejak digital saja tidak bisa dihapus dari internet, maka bagaimana dengan jejak tangan dan kaki kita selama hidup bisa lenyap?

“Pada hari ini, Kami tutup mulut mereka, tangan  mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.” – Al Quran, Surat Yaasiin, ayat 65. 

Komentar

Bayu Fitri mengatakan…
Kalau saya sekalian melatih skill nulis juga untuk hasilkan cuan sih hehehe
www.kisahsejati.com mengatakan…
Tujuanku ngeblog lebih mengisi waktu,menyampaikan pemikiran.Karena aku sukaberhayal ya.Kalau disimpan saja kurang afdol ya.
Salam: Dennise Sihombing
Maria G Soemitro mengatakan…
setuju banget

harus punya tujuan ngeblog

karena kalo enggak, seperti orang yang berangkat ke terminal bus tapi gak tau mau ke mana

akhirnya di terminal bus cuma celingukan, bingung! :D
Mporatne mengatakan…
Apapun tujuan ngeblog yang pasti agar bisa berbagi ilmu Dan informasi
Parenting By Rey mengatakan…
Tujuan ngeblog saya, buat curhat, buat simpan kenangan, buat share pengalaman, informasi, dan yang paling penting adalah buat cari duit hahaha :D
Farida Pane mengatakan…
Tujuan utamaku cuan, sih. Tentunya sambil menebar manfaat bagi diri sendiri dan banyak orang.
YSalma mengatakan…
Tujuan ngeblog saya awalnya untuk mewaraskan kepala sekaligus mencatatkan hal yg dianggap penting. Jika kemudian ngeblog bisa menghasilkan cuan, itu adalah bonus yg disyukuri.
Okti Li mengatakan…
Awalnya suka nulis aja. Belajar dan terus belajar. Kesininya banyak kesempatan menulis yang bisa mendapatkan bayaran, jadi kenapa tidak? Sekalian saja. Hehehe...
Melalak Cantik mengatakan…
Tujuan orang saat mulai ngeblog pastinya berbeda-beda ya. Dulu saat awal mulai memang masih sekedar untuk menuliskan pengalaman saat jalan-jalan dan kegiatan kampus. Eh, setelah dapat cuan makin semangat lagi deh perbaiki kualitas kontennya juga.
Annie Nugraha mengatakan…
Kalau saya tujuan utamanya adalah LEGACY. Meninggalkan satu bahkan berlimpah jejak kenangan agar orang-orang tahu bahwa saya pernah ada (hidup di dunia_, menulis dan menjejak proses kehidupan. Peninggalan yang tentunya ingin dirasakan oleh anak keturunan saya.
R Palupi mengatakan…
Tujuan awalku adalah nyari uang. Tapi ternyata sebelum ke sana banyak hal yang harus dipelajari.
deddyhuang.com mengatakan…
tujuan ngeblog orang banyak banget.. dulu dari ingin berbagi jadi sekarang buat cari uang hee
Desi Murniati mengatakan…
Kalau aku tujuannya selain buat hobi nulis, juga buat belajar SEO dan investasi digital. Bisa ikutan lomba juga, hehe
Blog berita mengatakan…
Sepertinya saling berkaitan agar blog bisa bermanfaat bagi pembaca juga bonus cuan
Fionaz mengatakan…
Awalnya aq ngeblog cuma sekedar buat menyalurkan hobi menulis, tapi lama kelamaan jadi keasyikan karena bisa dapat cuan juga. Jadi makin cinta dunia blogging aq kak
Emma Malika mengatakan…
Meninggalkan jejak digital dengan sharing tentang ilmu yang bermanfaat adalah tujuanku ngeblog ya klo di apresiasi dengan cuan bahagia banget hehee
Susi Susindra mengatakan…
Dilema juga kalau ditanya gini. Intinya sih untuk berbagi. Cuan hanya bonus. Tapi kadang juga cuan itu penyemangat. Hanya saja, ada atau tidaknya, sebisa mungkin tulisan lengkap dan solutif, serta sepanjang 1700-3000 kata. Kalau dihitung dengan cuan sih... tahu dong jawabannya.
Nanik nara mengatakan…
Tujuan ini yang salah satu penyemangat untuk melakukan sesuatu. Kalau saya dulu ngeblog tuh awalnya buat dokumentasi perkembangan anak-anak. Setelah anak-anak lewat fase balita, ngeblog nya berubah jadi buat curhat. Sekarang buat cari cuan dan persiapan kegiatan menghadapi masa pensiun
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Saya dulu inginnya ngeblog cari kesibukan selain bekerja. Alhamdulillah dikasih sibuk beneran berkat ngeblog. Bersyukur bisa dapat penghasilan dan menambah teman juga
Utie Adnu mengatakan…
Nah ini kadang susah menahan keinginan pas megang uang padahal gak butuh2 banget ya... Langkah pertama memang harus saving dulu intinya

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?