Jangan Lupakan 3 Hal Ini pada Jalur Daring

Tanggal 5 bulan 5, dan tahunnya dua ribu dua tiga. Bukan yang belakangnya angka 5 sih, hehe. Namun ini bisa jadi tanggal cantik, loh, kalau memanfaatkannya untuk momen yang manis. Salah satunya ya dengan mengabadikan tulisan ini di tanggal ini, hihi. Okelah, pendahuluannya gak usah panjang-panjang. Kita langsung mengulik tentang kegiatan online masa kini kuy.

Kegiatan Online untuk Saat Ini

Kegiatan online menjadi pilihan menarik dalam berkomunikasi karena posisi yang tidak sama-sama berada di lokasi yang sama. Terhubungnya dengan internet dan digital, menyebabkan kegiatan ini amat diandalkan dalam urusan di segala bidang. Ya, serba online di masa sekarang bisa dikatakan memudahkan siapa saja untuk berkegiatan. Apapun jenis kegiatannya, kalau sudah lewat daring dilakukan seperti berbelanja di online shop favorit, belajar melalui aplikasi atau website, hingga mengikuti tutorial banyak hal bisa digapai.

Oleh karena itu, ini dapat dimanfaatkan untuk menggelar atau membuat hal kreatif lewat digital campaign. Pasalnya, kampanye melalui digital ini, bisa dilakukan siapa saja, bahkan jangkauannya terbilang luas bisa disaksikan dari mana saja. Peran kita sebagai pelaku kegiatan secara online haruslah cerdas berperilaku. Misalnya ingin membuat konten, maka bisa sampaikan di blog atau media sosial bermanfaat.

Jalur Daring yang Kian Disukai

Pandemi melahirkan jalur daring yang mungkin awalnya tidak digemari. Terasa sulit karena harus menyediakan biaya tambahan setiap bulannya guna membeli kuota internet. Namun seiring berjalannya ala bisa karena biasa, jalur daring pun jadi menjadi hal yang mudah dan kian disukai untuk dilakukan.

Kini, pandemi dikatakan sudah tidak ada lagi. Akan tetapi jalur daring masih menjadi pilihan dalam berkomunikasi dan berkreasi, karena kreativitas yang sudah terbentuk yang mungkin di masa pandemi itu melakukannya dengan “kepepet”. Maka perlunya untuk saling mengingatkan agar hal-hal kreatif yang dilakukan untuk tetap:

  • Dalam batasan yang beradab dan bertanggung jawab. Jangan membuat kreativitas apapun yang akan mengundang hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Bermanfaat bagi banyak orang dan diri sendiri. Meski pembuatan hal kreatif tersebut gratis maupun berbayar, tidak lupa untuk menyisipkan hal positif sehingga dapat menjadi ladang amal jariyah juga, kan?

  • Bukan sesuatu yang bersifat kebencian maupun plagiasi. Lebih baik kreativitas yang dibuat belum rapi tetapi hasil sendiri. Dengan begitu akan mengenal diri sendiri dan menciptakan teknik yang manis untuk menghasilkan lebih baik lagi. 

Komentar

Komen Blog readitu.com
Bundamami Devi mengatakan…
Bener banget, Kak. Jalur daring kini makin ngehits dan disukai banyak orang, meski pandemi sudah berakhir. Karena lewat jalur daring inilah kadang muncul kreativitas tanpa batas yang tidak bisa dilakukan di jalur luring.
Komen Blog readitu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Setuju, jalur daring sangat memudahkan dan menghemat waktu serta biaya. Bisa dilakukan saat itu juga dan bisa bertukar ide tanpa batas dengan mudah
Komen Blog readitu.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Memanfaatkan jalur daring sudah jadi kebiasaan baru bagi masyarakat, ya. Meskipun sudah tidak pandemi lagi, tapi ada beberapa kegiatan yang tetap dilakukan secara daring. Karena dinilai lebih praktis dan ekonomis.
Komen Blog readitu.com
Yonal Regen mengatakan…
Di era yang serba digital seperti sekarang, penting sekali membuat filter diri tentang do dan don't yang berhubungan dengan interaksi di dunia online atau daring, jika tidak demikian, takutnya kita terkena euforia dunia daring online yang tanpa batas dan membuat kita tersesat dengan hal-hal seperti hate speech dan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya
Komen Blog readitu.com
Farida Pane mengatakan…
orang introver kaya aku jelas sangat terbantu dengan aktivitas daring untuk berekspresi. yang penting, kita tahu etikanya ya.
Komen Blog readitu.com
Kanianingsih mengatakan…
pandemi meninggalkan hal baik dan juga sebaliknya. hal baik ya jadi harus belajar teknologi karena serba online. hal yg kurang baik aku sedikit trauma bersosialisasi karena dulu dilarang ini itu sekarang kaya orang belajar lagi serba canggung masih walau udah berjalan lama pandemi berlalu
Komen Blog readitu.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Aku juga lebih prefer jalur daring, tapi sesekali ikutan luring biar tetap ketemu manusia asli wkwkwk
Komen Blog readitu.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Daring memang naik daun semenjak pandemi. Banyak kegiatan yang lebih efektif dilakukan secara daring untuk membantu sehari-hari. Dan pastinya sangat bermanfaat
Komen Blog readitu.com
Tria TR mengatakan…
Kalau boleh dibilang, ini salah satu dampak positif dari pandemi. Yang tadinya gaptek, jadi agak berkurang gapteknya karena dipaksa untuk online. Yang tadinya gak mau usaha online, jadi melebarkan sayap ke usaha online.

Komen Blog readitu.com
Irra Octaviany mengatakan…
Jalur daring ini bikin kegiatan jadi lebih mudah dan praktis, satu-satunya hal positif yang aku dapat selama pandemi ini.
Komen Blog readitu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Era digital emang memungkinkan kita bs jadi siapapun dan apapun ya kak. Tinggal kitanya aja mau spt apa. Termasuk mau jd bad guy or good guy. Kita lah yang menentukan.
Komen Blog readitu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Alhamdulillah WHO sudah menyatakan bebas pandemi Covid-19. Semoga kita kian sehat. Selain itu, kegiatan daring juga masih oke dilakukan. Bisa menghemat tenaga, waktu, dan ruang. Dan bisa dilakukan di mana saja. Kan seruu..
Komen Blog readitu.com
deamerina mengatakan…
meski sudah nggak pandemi, tapi emang banyak banget kegiatan yang masih dilakukan secara daring. tp ini enak sih jadi memudahkan. cuma emang kita harus tetap bijak berinternet
Komen Blog readitu.com
Diaz Bela mengatakan…
Sekarang apa-apa memang sudah wajib oline sih.. jadi bingung sendiri kalau nggak ada koneksi internet. Makanya harus punya konksi internet yang bisa diandalkan ya!
Komen Blog readitu.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Tahun 2023 kalau diambil dua angka yang paling belakang jumlahnya juga lima kok mbak. Maksa mode on hahaha..

Btw untuk jalur daring emang sekarang semakin banyak oemggunanya ya, karena memang kalau diambil manfaatnya kita akan banyak mendapatkan keuntungan..
Komen Blog readitu.com
Goresan hati mengatakan…
Meskipun daring tetap harus sopan dan beradab ya. Kesan baik itu perlu
Komen Blog readitu.com
lendyagasshi mengatakan…
Banyaknya keuntungan ketika memanfaatkan era digital ini, selain memangkas jarak, waktu dan biaya, semua bisa dilakukan. Tentunya selama jaringan internet lancar yang bagus tanpa hambatan ya..
Komen Blog readitu.com
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Iya sih, zaman sekarang apa-apa serba daring. Memang memudahkan, tapi kita juga harus tetap bijak.
Komen Blog readitu.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Awalnya jalur daring ini hadir karena pandemi ya, Mbak. Namun usai pandemi dan seiring waktu, daring masih banyak dibutuhkan dan memang sangat bermanfaat. Termasuk memberi kemudahan bagi jalur pendidikan.