4 Trik IDN Creative di Pasca Pandemi dalam Digital Campaign

Digital campaign mungkin bukan hal asing lagi untuk kita dengar, karena ini menjadi langkah strategis perusahaan dalam memasarkan produknya. Hal tersebut makin marak semenjak terbatasnya mobilitas dan aktivitas yang dilakukan semasa pandemi melanda, sehingga kegiatan yang tadinya secara luring beralih ke daring melalui gawai dan internet. 


Dari yang tidak familiar dengan online menjadi terbiasa. Inilah yang menjadikan kegiatan digital campaign sebagai cara pemasaran produk yang simple dan praktis. Apalagi seringnya audience menerima informasi tentang kampanye digital, maka kompetisi isi konten akan berpengaruh kepada mereka apakah akan menggunakan jasa atau membeli produk tersebut. Oleh karenanya ini dia 4 trik IDN Creative di pasca pandemi dalam digital campaign agar sukses, yaitu:

A. Fleksibel Ketika Bekerja

Sebagai salah satu unit bisnis IDN Media, IDN Creative dipimpin oleh Maria Novena Rarahita dengan berbentuk agensi digital multi-platform yang menawarkan one-stop solution guna mendukung para brand dan advertiser. Fokus IDN Creative pada data-driven strategy dan brand storytelling dengan kepastian tiap campaign mencapai objektif klien serta sasaran konsumen yang tepat.

“Jalin komunikasi dan kerja sama berbagai pihak, menjaga komitmen terhadap timeline project yang sudah disepakati agar kampanye berjalan dengan lancar,” terang Naomi Silitonga, 
Campaign Manager IDN Creative.

Lebih lanjut disampaikan oleh Naomi bahwa perlunya fleksibilitas dalam bekerja dengan memperhatikan SOP.  Selain itu, konten-konten yang dihasilkan up to date relevan dengan masa kini dan diterima target audiens dari brand tersebut. Serta pertahatikan juga kesesuaian dari segi tone, kreatif, dan gaya bahasa.



B. Jangan Kehilangan Momentum dengan Sigap Berkoordinasi 

Tren digital campaign bisa dikatakan mengalami perubahan pasca pandemi dengan ramainya event secara luring yang diadakan oleh banyak brand. Tentunya ini akan berpengaruh terhadap media placement, khususnya event coverage article. Hal ini dirasakan oleh Cynthia Dewi Kirana, selaku Copy Editor IDN Creative. 

Menurut Cynthia berpacu dengan waktu adalah hal yang harus dilakukan, karena bila artikel sangat lama mendapat feedback dan approval, tentunya momentum berita tersebut akan terlewatkan. Maka koordinasi lekas dilakukan dengan tepat, walau ternyata mengurus event offline banyak tantangan untuk tim.

C. Gali Minat Masyarakat dengan Campaign Unik

Anastasia Desire, selaku Copy Editor IDN Creative menyampaikan bahwa sebagai marketers menarik hati masyarakat harus dilakukan dengan penyesuaian eksekusi campaign. Maksudnya adalah di masa pandemi, masyarakat lama mendekam di rumah kurang lebih 2 tahun dengan menggunakan telepon genggam sebagai medianya. Oleh karena itu masyarakat memerlukan refreshment kala membuat digital campaign, misalnya konten yang berisi jokes dan entertainment

“Makin unik campaign yang dibuat, maka semakin banyak masyarakat yang penasaran, membeli dan bahkan share konten tersebut di akun pribadi mereka.” terang Anastasia.

D. Untuk Eksekusi Campaign, Posisikan Diri selaku Konsumen 

Eksekusi campaign di pasca pandemi ini diterangkan oleh Lamtiar Sihombing selaku Campaign Manager IDN Creative bahwa marketers mesti posisikan diri layaknya konsumen. Kenali behavior target konsumen yang memungkinkan adanya perubahan, sehingga dapat membantu para konsumen dalam menentukan konten dan platform yang efektif.

We have to set the bar higher and higher sebab persaingan konten pasca pandemi makin ketat. Tentunya kita harus terus berinovasi supaya tetap menarik perhatian audience,” terang Lamtiar.


Campaign Manager IDN Creative ini pun menambahkan, walau digital campaign berkembang cepat, offline marketing masih berperan besar. Terlebih lagi kembalinya masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah, maka offline marketing pun mendapatkan visibilitasnya kembali sebagai brand message. Dari sini, strategi kolaborasi penting dilakukan, sehingga campaign yang dilakukan makin meluas lagi. 

Komentar

Komen Blog readitu.com
Bunda Saladin mengatakan…
Bisnis media seperti IDN emang dikejar waktu ya karena selalu menayangkan berita terkini.

Suka banget dengan poin "memposisikan diri sebagai konsumen" berarti IDN benar2 ingin memahami apa saja yang diinginkan oleh pembacanya.

Kece banget IDN media menjadi leader dan viewersnya makin banyak.
Komen Blog readitu.com
Yuni Handono mengatakan…
Keren ya trik dari campaign IDN Creative ini. Meski hantaman pandemi sempat memporak-porandakan perekonomian negara nyatanya bisnis ini tetap survive. Apalagi IDN ini sebagai media pemburu berita sehingga berita yang ditampilkan harus berita up to date. Saya suka banget dengan berita-berita yang ditampilkan. Bahasanya lugas, enak dibaca...sehingga wajar bila konsumennya makin banyak.
Komen Blog readitu.com
HendraDigital mengatakan…
Meski sekarang digital campaign semakin booming, tetapi jangan lupakan pemasaran offline. Jadi online dan offline seiring berjalan biar hasilnya lebih optimal.
Komen Blog readitu.com
Yustrini mengatakan…
IDN ini memang kreatif ya. Terbukti di masa pandemi tetap bertahan. Marketing digital penting tapi tidak melupakan pemasaran offline juga
Komen Blog readitu.com
lendyagasshi mengatakan…
Salut dengan etos kerjanya IDN yang selalu mengedepankan kreativitas dan produktifitas.
Dengan berpikir luas, maka akan lebih banyak tercipta karya yang informatif.
Komen Blog readitu.com
Dee_Arif mengatakan…
IDN ini emang juara kok
Selalu hadir dengan kreativitas dan produktivitas nya ya mbak
Komen Blog readitu.com
Tukang Jalan Jajan mengatakan…
Setuju banget, kita harus bisa posisikan diri sebagai konsumen karena ini ngebuat kita jadi tahu dan paham perilaku konsumen dan apa yang memang mereka butuhkan sehingga campaign bisa mengena
Komen Blog readitu.com
Erin Herlina mengatakan…
Bener banget si, karena sekarang event luring mulai ramai lagi maka media digital harus bisa mengejar waktu deadline. Beda banget saat pandemi karena banyak orang tidak lepas dari gadget. Sekarang pun memang gadget memang menjadi barang favorite tetap saja orang akan lebih tertarik dengan adanya kegiatan offline.
Komen Blog readitu.com
Indra DP mengatakan…
Nah ini wajib banget dipraktekkan jika ingin Campaign berhasil dan sesuai harapan. Secara ini tipsnya dari media hits saat ini IDN media
Komen Blog readitu.com
Han mengatakan…
Edukatif banget sih pesan dari IDN Creative ini, mereka bocorin gimana caranya biar marketing berhasil itu aja ilmunya mahal lhoooo, terimakasih kak dah ikut bocorin ke kita hihi
Komen Blog readitu.com
Laily M Octavia mengatakan…
Dulu pernah juga kirim tulisa di IDN times. Dengan event2 yang boas amereka adakan bikin kit ajado semangat nulis karena poin yg didapat luamayan gedhe
Komen Blog readitu.com
Diah Alsa mengatakan…
makin unik campaign biasanya emang banyak yang suka ya, dan dengan sukarela share deh campaign tersebut sehingga banyak yang melihatnya juga.
mantab nih trik dari IDN yang memang selalu sukses ya jalankan campaign.
Komen Blog readitu.com
Artha Amalia mengatakan…
Strategi yg wajib ditiru bila tetap mau melejit pasca pandemi. Sebab kan perilaku konsumen jg berubah. Untung IDN Creative mau berbagi strateginya ya, baiknyaaa
Komen Blog readitu.com
Nabilla DP mengatakan…
pernah dengar soal IDN creative, ternyata banyak jga project yang udah dikerjakan yaa.. pintar mengambil peluang dan tetap berjalan meski di tengah pandemi beberapa waktu lalu
Komen Blog readitu.com
Keren yaa IDN creative ini, edukasinya dapet banget. Sudah ada banyak project juga yang dikerjakan