Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Servis Motor?

planet ban servis motor murah terjangkau indonesia
dok. istockphoto (iherphoto)

Cari servis motor murah dan terdekat bisa kita lakukan. Sebab urusan perawatan sepeda motor merupakan pemeriksaan kondisi kendaraan memang harus secara berkala. Apalagi biasanya dilakukan pada saat kendaraan telah menempuh jarak tertentu. Komponen yang diperiksa meliputi saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, transmisi manual, oli mesin, oli gardan, ban dan komponen lainnya. Agar lebih jelas mengenai syarat perawatan sepeda motor, yuk baca artikel ini selengkapnya.

1. Oli pada Mesin

Oli mesin memiliki manfaat tak hanya untuk melumasi, tetapi juga melindungi dan mendinginkan mesin. Inilah sebabnya mengapa oli harus diganti secara berkala tergantung jarak yang ditempuh, rata-rata pabrikan menganjurkan penggantian oli pada jarak 2500 km. Biasanya biaya yang harus kita keluarkan sudah termasuk biaya pembelian oli (harga tergantung merk) dan biaya jasa ganti oli.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ada produsen/dealer mobil dengan berani merekomendasikan penggantian jika jarak tempuhnya 5.000 kilometer per 2 kali lebih lama dari oli biasa. Hal itu, karena oli yang mereka jual menggunakan teknologi ester. Wajar jika retailer ini mengklaim bisa 2 kali lebih lama dari oli biasa karena merupakan base oil tertinggi di kategori kelas oli. 

servis motor murah terjangkau di jakarta ganti oli
dok. istockphoto (aleksey shvedov)

2. Oli Gardan

Kalau kendaraan kamu pakai transmisi otomatis ada baiknya mengganti oli gardan secara rutin. Pasalnya, oli gardan berfungsi dalam melumasi roda gigi transmisi variabel kontinu atau Continuously Variable Transmission (CVT). Saat mengganti oli, terapkan rumus ganti oli mesin dua kali, lalu ganti oli poros satu kali.

3. Busi pada Motor

Busi merupakan satu atau lebih bagian pada sepeda motor, yang dapat mengubah arus listrik dari kumparan menjadi bunga api sehingga bisa menghidupkan mesin. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, kendaraan mungkin mengalami kesulitan untuk dihidupkan, maka busi perlu diganti.

4. Bantalan rem

Keselamatan dan keamanan berkendara merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Sistem rem merupakan salah satu bagian pada sepeda motor yang mempunyai pengaruh besar terhadap keselamatan. Jika bantalan rem tipis, cengkeraman pengereman akan buruk dan dapat menyebabkan kecelakaan. Hal ini menjadi alasan penting mengapa penting untuk selalu memeriksa kondisi kampas rem saat melakukan servis sepeda motor.

5. Saringan udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang bakar untuk mencegah masuknya kotoran dan menyumbat sistem injeksi bahan bakar dan karburator. Pemeriksaan biasanya saat mekanik belum memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau perlu diganti.

6. Baterai atau Accu

Idealnya, tegangan pada baterai harus antara 12,3 dan 12,6 Volt saat mesin dimatikan. Bila mesin hidup, tegangan aki bisa berkisar 13,7 hingga 14,2 Volt. Oleh karena itu, jika tegangan aki tidak memenuhi syarat, ada tanda-tanda kebocoran, atau terminalnya berkarat, suka atau tidak, mekanik harus melakukan pemeriksaan secara detail. Jika aki sudah tidak dapat digunakan lagi maka harus segera diganti agar kendaraan selalu nyaman digunakan.

7. Ban

Seperti yang kita ketahui, pemeriksaan ban juga sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. Padahal, kita harus mengecek terlebih dahulu kondisi ban sebelum menggunakan sepeda motor. Namun saat merawat sepeda motor, mekanik akan fokus memeriksa tekanan udara pada ban, kondisi ban secara umum (misalnya ban botak atau tidak).

8. Tune up sepeda motor secara teratur

Servis tune up sepeda motor merupakan servis berkala yang meliputi pengecekan seluruh bagian terutama yang berkaitan dengan pengoperasian kendaraan secara keseluruhan. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya meliputi tekanan ban, kondisi penerangan, pembersihan karburator (saringan udara), pengecekan tegangan rantai, rem dan klakson. Terkadang tune-up disertai dengan penggantian oli mesin, penggantian oli gardan, atau penggantian komponen. Namun jangan khawatir, mekanik akan memberi tahu kita lebih dulu sebelum perbaikan dilanjutkan.

Baca juga: Trik Saat Transit di Stasiun Manggarai 

Bengkel perawatan sepeda motor terbaik

Untuk mendapatkan pelayanan yang baik, kita juga perlu mencari bengkel sepeda motor yang bagus dan dapat diandalkan seperti Planet Ban. Di bengkel ini kita bahkan bisa mendapatkan keuntungan dari perawatan sepeda motor yang dilengkapi mesin baru.

Perawatan sepeda motor dengan varian baru dikenal juga dengan sistem servis terintegrasi. Tujuan dari perawatan sepeda motor jenis ini adalah untuk memperbaiki atau meningkatkan performa dan ketahanan sepeda motor secara cepat dan hemat biaya. Pekerjaan pemeriksaan dan perbaikan berfokus pada perawatan sepeda motor baru, terutama bagian-bagian penting yang sering disembunyikan dan jarang dirawat, termasuk bagian-bagian yang jarang diperiksa dan disetel secara berkala

Ini Kelebihan Layanan di Planet Ban

• Gunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa sepeda motor dan melindungi mesin. Otomatis mesin akan beroperasi lebih lama (jarang rusak).

• Dikombinasikan dengan penggunaan suku cadang asli akan lebih nyaman digunakan, lebih awet, mesin lebih dingin dan mudah ditarik.

• Ganti oli hanya setiap 5K kilometer aja (4 hingga 6 bulan), sehingga tidak perlu sering-sering ke bengkel, sehingga makin hemat juga biaya pelayanannya.

• Kita dapat berkontribusi dalam melestarikan dan melindungi lingkungan dengan mengurangi emisi dan polusi dari sepeda motor.  Perbedaan perawatan sepeda motor di Planet Ban dengan tempat lainnya. Jika perawatan dilakukan di tempat lain, seringkali masih banyak kotoran dan sisa terbakar yang tertinggal di beberapa bagian mesin sepeda motor. Bahkan, kotoran kerap masuk ke dalam CVT sehingga membuat mobil terasa berat.

Sedangkan jika kita melakukan perawatan rutin pada sepeda motor di Planet Ban, seluruh bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, katup mesin, piston, dan throttle body bebas dari sisa pembakaran dan kotoran sehingga membuat mesin terasa seperti baru.  Nah, servis motor di Planet Ban membuat motor kita terlihat seperti mendapat mesin baru. Hasilnya, derek menjadi lebih ringan, emisi berkurang lebih dari 70%, penghematan bahan bakar berkurang, dan mesin benar-benar bersih. 

servis motor rasa baru planet ban terjangkau murah
dok. akun IG @planetban

Harga servis sepeda motor di Planet Ban juga sangat lengkap dan sangat terjangkau. Untuk perawatan sepeda motor injeksi bahan bakar biayanya hanya Rp 20K saja, lalu untuk CVT chain service-nya Rp 19.500. Sedangkan servis throttle body sekitar Rp 20K. Nah, jadi makin paham kan, manfaat rutin mengecek kondisi kendaraan dan bagian-bagian yang perlu perawatan. Sekarang coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu ceki-ceki oli motor matic atau servis motor, hayoo! 

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
Lengkap banget ya?
Planet Ban emang selengkap itu, pelayanannya ramah dan hasilnya memuaskan
Gak heran anak saya selalu ke Planet Ban untuk service
alienda mengatakan…
samaan kak.. Aku juga cocok dan puas banget kalau servis di Planet Ban. Pelayanannya juga ga kaleng-kaleng
Emma Malika mengatakan…
Nah ini dia yang bikin motor aman dan lancar di jalanan, dengan rutin mengecek kendaraan mesin motor jadi awet deh
jagatmaheswari mengatakan…
Saya nggak paham soal motor, tapi baca ini jadi ada gambaran kalau mau servis harus cari tempat yang tepat supaya motor kita ditangani dengan benar dan awet.
Annie Nugraha mengatakan…
Rajin merawat tentunya membuat kendaraan kita aman dan nyaman untuk dipakai. Gak khawatir saat sedang dalam perjalanan. Apalagi saat berada di satu lokasi yang jauh dari fasilitas umum.
Lia Lathifa mengatakan…
Aku gak sangka Planet Ban juga melayani kebutuhan motor lainnya, kirain cuma ganti ban doang. Thanks infonya
Dian Restu Agustina mengatakan…
waduh langsung nginget-inget kapan terakhir servis dan ganti oli motor matic saya yaaaa..Kayaknya dah lama nih, hiks. Memang motor mesti dirawat secara berkala sih ya, apalagi sudah ada Planet Ban yang akan membantu servis motor kita
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya, emang harus rutin servis motor itu ya mbak
Planet Ban adalah tempat terbaik untuk servis motor
Yustrini mengatakan…
Wah,ternyata servi motor di Planet Ban cukup murah ya. Pantes banyak yang servis di sana. Btw, kayaknya aku lama juga nggak servis motor
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Banyak banget memang ya kak hal-hal yang harus diperhatikan pada motor kita. Biasanya nih ya yang dapat stigma gak bisa ngurus motor tuh cewek. Ulasan kayak gini perlu banget sih dipahami semua orang
Bambang Irwanto mengatakan…
Soal servis motor ini memang harus diperhatikan ya, Mbak. alau rutin servis, maka selain mesin motor terjaga, performa juga terus bagus. Pastinya akan bisa mendukung aktivitas kita.
Saya pun sangat mengandalkan motor matic saya. makanya aklau kurang enak dipakai, saya servis saja. Paling penting ganti oli mesin dan gardan. Tapi biasanya, kalau ada yang perlu diganti, ya saya ganti saja.
Eri Udiyawati mengatakan…
Biaya service motor di Planet Ban murah meriah. Bisa service komplit, dan teknisinya handal.
Han mengatakan…
Suamiku juga biasanya ganti olinya ke Planet Ban, mantep bangett emang lebih awett dan lebih tahan lama 2 bulanan dari oli sebelumnya hihi
Kyndaerim mengatakan…
Servis motor di Planet Ban kelebihannya banyak yah. Udah gitu, harganya juga terjangkau trus lebih awet mesinnya.
Sabrina mengatakan…
ternyata lumayan banyak ya bagian atau komponen yang wajib dicek saat service motor, dulu tinggal make make aja, setelah kuliah di Jogja saya jadi paham bagaimana cara merawat motor
Luluk Sobari mengatakan…
Sejauh ini kalau service motor gak pernah memikirkan apa saja yang harus di service. Biasanya tinggal serahkan ke montir dan bilang mau service rutin. Pas baca tulisan ini, saya jadi mikir, harusnya gak boleh sih gitu. Kayaknya saya juga perlu tahu apa saja yang harus diservice. Setidaknya, bisa ikut menjaga motor dan menghindari penipuan.
Didik Purwanto mengatakan…
Murah banget ya service motor di Planet Ban. Kita ga perlu repot service ke mana2 lagi. Cukup 1 tempat aja, bs melakukan service semua. Cocok nih buat kita yng sering lupa service di bagian mana aja. Asal pas kita dtg, minta suruh cek aja 8 poin di atas. Abis itu, motor lgsg jossss.
Monica Anggen mengatakan…
Planet Ban ini salah satu tempat service motor yang mudah banget ditemukan di mana-mana ya. Nah, artinya gak ada alasan lagi malas service motor. Apalagi kan harganya terjangkau juga
Kanianingsih mengatakan…
keren ya perawatan motor di planet ban bisa sekalian memikirkan agar lingkugna kita lebih baik thanks infonya kak
lendyagasshi mengatakan…
Untuk performa motor terbaik setiap saat, gak boleh banget lupa servis motor secara berkala. Dan sejak ada Planet Ban, servis semakin menyenangkan karena uda ditangani ahlinya menggunakan peralatan canggih dan spare part serta oli pilihan yang bisa bikin mesin motor bekerja maksimal serta lebih ramah lingkungan.