Ini Dia Manfaat Kurma Saat Puasa

Apa manfaat kurma saat kita berpuasa? Mengapa datangnya bulan Ramadhan akan selalu membicarakan tentang kurma? Dan berapa jumlah butir kurma yang sebaiknya kita konsumsi?

Mungkin pertanyaan di atas berkelebat juga dalam pikiran kamu. Kalau menurut daku, tanda-tanda jelang Ramadhan itu selain telah tampaknya hilal bulan baru, iklan sirup dan iklan sarung, serta munculnya buah musiman yaitu timun suri dan blewah, maka kehadiran kurma juga jadi pertanda datangnya bulan berkah ini.

Pasalnya, bisa dikatakan pasar, minimarket, supermarket, dan penjual buah akan ramai dengan jajanan kurma. Dari yang kemasannya ekonomis hingga eksklusif, kurma akan menjadi pilihan menarik selama kita berpuasa.

Manfaat kurma saat puasa adalah

Lalu Apa Alasannya sih pada Suka Kurma?

Kalau menurut Wikipedia, kurma merupakan tanaman yang berada dalam genus Phoenix, yang buahnya itu dapat dimakan. Pembudidayaan kurma ini sudah dilakukan semenjak jaman Mesopotamia. Kemudian disebarluaskan oleh masyarakat Arab ke barat daya dan bagian selatan Asia.

Daku pribadi menyukai kurma, karena rasanya yang manisnya pas, nikmat ketika digigit, dan cukup mengenyangkan. Apalagi kurma dapat dijadikan sebagai toping maupun olahan makanan dan minuman. Selain itu kurma memiliki kandungan gizi yang terbilang lengkap, seperti ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan kandungan energi sebesar 1.180 kJ (sumber: Wikipedia).

Oleh karena itu, kurma menjadi buah yang tak hanya legit tetapi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Dirangkum dari laman Kontan.co.id, berikut beberapa manfaat kurma:

  • Buah yang banyak nutrisinya.
  • Kaya dengan antioksidan
  • Sebagai tambahan sumber energi untuk tubuh
  • Sistem pencernaan menjadi lancar.
  • Proses persalinan menjadi ringan.
  • Kesehatan otak lebih terjaga
  • Menjaga jantung tetap sehat.

[Baca Juga: 4 Tempat Ngabuburit Asik Minim Biaya

Berapa Butir Kurma untuk Sahur?

Kurma yang memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh, menjadikan kita bisa menikmatinya sebagai santapan saat sahur. Jumlahnya secukupnya saja dalam bilangan ganjil, yaitu 1, 3, dan 5.

Lalu Berapa Buah Kurma Saat Buka Puasa?

Kurma juga nikmat untuk dijadikan sebagai takjil. Kita bisa menikmatinya sama dengan jumlah ketika disantap untuk sahur. Lalu dibarengi dengan air putih, akan terasa makin nikmat.

Jadi Bagusnya Saat Sahur atau Berbuka Kita Makan Kurma?

Dengan jumlahnya yang tidak perlu berlebihan, kurma dapat disantap baik ketika sahur maupun berbuka. Namun menurut hemat saya, tetap perlu diimbangi dengan makanan bergizi seimbang lainnya (sesuai isi piringku), sehingga dapat membuat nyaman selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Daku senang makan kurma ketika sahur. Jadi sebagai tambahan makanan, agar tidak cepat lapar saat berpuasa. Kalau kamu lebih suka menyantap kurma saat sahur atau ketika berbuka puasa? Sini curcol di readitu.com bareng, langsung sampaikan di kolom komentar ya! 

Komentar

nchie hanie mengatakan…
Udah ga diragukan lagi manfaat kurma buat kesehatan,apalagi kalo dikonsumsi saat bulan ramadhan. Aku suka pas buka atau sahur, gimana maunya dan butuhnya sajaa.
Yang penting buat manis2 setelah makan, soalnya kadang bedda manisnya makan kue yang manis2 sama kurmaa.
Maria Tanjung mengatakan…
Sejujurnya saya pribadi ga begitu suka sama kurma. Aneh ya kak. Di saat orang mencari kurma ketika ramadhan tiba, saya justru biasa-biasa aja. Tapi ada yg bilang kurma juga bagus utk diet. Nah ini yang saya cari sih, manfaatnya kurma.
http://www.inatanaya.com mengatakan…
Buah kurma yang sangat bermanfaat dikonsumsi saat ramadan memang bagus khasiatnya. Apalagi dapat digunakan untuk topping atau dicampur bersama kue dan makanan yang lainnya.
sarrahgita mengatakan…
Saya suka kurma tapi saya mengkonsumsi kurma pas buka puasa aja. Kalo sahur jarang hehe. Saya suka kurma karena rasa manisnya alami. Tapi kurang suka yang rasanya manis banget.
Ririn Erviana mengatakan…
Setuu banget, soalnya aku juga sudah membuktikan sendiri khasiat kurma ketika dikonsumsi saat berbuka maupun sahur.
Maria G Soemitro mengatakan…
jujur saya bukan orang yang memaksakan beli kurma saat Ramadan

biasanya beli kurma untuk paket yang rutin saya berikan pada orang2 tertentu

kalo kebetulan ada kurma di rumah, saya buat cookies atau cake
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
aku yang termasuk rutin konsumsi kurma walaupun bukan bulan puasa, Masya Allah memang khasiatnya terasa banget. Biasa kalau mau mens bisa sakit kepala tak tertahankan, setelah rutin makan kurma jadi enggak sama sekali lho :)
Raja Lubis mengatakan…
Sudah terbukti memang khasiat dan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh. Saya sendiri termasuk yang nyetok kurma buat sahur. Karena saya memang nggak terbiasa makan (nasi) di dini hari. Tapi karena sahur itu banyak sunnahnya, jadi nggak mau melewatkannya, dan kadang cukup dengan 3 butir kurma dan air putih hangat.
Ning! mengatakan…
Aku juga sering makan kurma saat sahur mba. Jadi lebih seger aja rasanya badan. Ketika berbuka juga makan 3 biji kalau kurmanya gede-gede, kalau kecil ya 5 biji. Enak banget sih kurma, salah satu takjil favorit.
Visya Al Biruni mengatakan…
Sepakat selain sirup, kurma khas Ramasn banget ya. Aku pribadi makan kurma hanya ketika Ramadan padahal dimakan di hari biasa juga kaya manfaatnya. Btw boleh dicoba nih makan kurma saat sahur. Biasanya saat berbuka aja aku.
Pradyta Febriana mengatakan…
Manfaat kurma memang benar benar baik untuk tubuh, selain itu konsumsi kurma juga menjadi salah satu syariat dalam islam, terimakasih untuk tulisannya kak, bagus sekali 🥰
Bayu Fitri mengatakan…
nah saya penggemar kurma banget nih karena terbukti banyak manfaatnya dan ampuh untuk menjaga stamina tubuh
Makanya si sulung selalu minta kurma untuk buka puasa dan sahur
Sebab dia sudah baca manfaat dan keutamaan mengkonsumsi kurma saat puasa

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?