Trik Siapkan Menu Sahur Praktis yang Cepat dan Mudah

Tiga Trik Siapkan Menu Sahur Praktis yang Cepat dan Mudah (readitu.com) -- Kalau hampir mendekati Subuh baru terbangun, kepanikan sudah tak terelakkan. Boro-boro mau mandi, cuci mata saja mungkin terlewatkan, karena sudah boarding. Nge-blank langsung terjadi karena efek mengantuk.

Nggak dinyana juga sudah kesiyangan, eh malah makanan semalam lauknya ludes. Alhasil, makin mumet lagi. Mau nggak sahur, takut kelaparan nantinya pas siang hari. Namun juga, tidak keburu deh, bila harus memasak. Kalau mau pesan online juga gak bisa keburu, atau mau beli makan di kedai makanan nggak bakal sampai juga waktunya.

Jadinya harus berpikir cepat untuk menyediakan menu sahur yang praktis dan mudah. Oleh karenanya, perlu trik cantik dalam menyiapkan hidangan, agar ketika jam bangun sahur melewati waktu yang diinginkan masih sempat untuk memasak. Berikut trik praktisnya yang bisa digunakan:

Buat Masakan Gulai

Sebagai hidangan berbahan santan, gulai dapat menjadi penyelamat kamu agar meski waktu sahur hanya sebentar, kamu tetap dapat makan sahur. Caranya adalah dengan memasak gulai untuk berbuka puasa dan melebihkannya, sehingga kamu bisa menghangatkannya saat sahur, karena sudah dimasak ketika jelang berbuka.

Siapkan Food Preparation

Food preparation, tidak hanya memudahkanmu untuk mengurangi mobilitas ke luar rumah saja, tetapi juga dapat membantu dalam membuat hidangan praktis dan cepat saat sahur. Misalnya seperti telur, tahu, daun singkong yang telah dibersihkan lalu direbus, kangkung/bayam yang telah dibersihkan, timun, wortel, ayam atau ikan yang telah dimarinasi/ungkep, dan sebagainya.

[Baca Juga: Lima Tips Pilih Restoran untuk Pesan Online]

Persiapkan Bumbu Dapur yang Telah Dihaluskan

Masakan akan makin nikmat karena dilengkapi dengan bumbu dapur. Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan bumbu dapur yang telah dihaluskan, misalnya bumbu sambal, bumbu ungkep, bumbu gulai, bumbu nasi goreng, dan lain-lain. Bumbu-bumbu ini bisa kamu simpan dalam lemari pendingin, sehingga memudahkan kamu untuk membuat masakan dengan cepat.

[Baca Juga: Ini Dia Manfaat Kurma Saat Puasa]

Semoga tiga trik siapkan menu sahur praktis yang cepat dan mudah ini, dapat menjadi inspirasi buat kamu yang mungkin saja akan menghadapi momen “KEPEPET”. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan, dan semoga nggak kesiyangan sehingga tetap bisa menyantap sahur dengan tenang. 

Komentar

Bening Pertiwi mengatakan…
mbak, tambahin tulisannya tentang food preparation dong (ngelunjak)
suka belanja banyak, masuk kulkas tapi akhirnya banyak yg enggak kepakai juga karena gak punya ilmu food preparationnya, huhuhu
Aku mengatakan…
Kak bisa bikin bumbu2 dasar yang jadi bubuk ga? Soalnya biar bisa disimpen lama. Kalau bisa buatin tulisannya ya kak hehe
Iim Rohimah mengatakan…
Memasak itu adalah kegiatan yang bikin happy. Namun, dengan catatan itu tidak menjadi sebuah keharusan dari keluarga sehingga kita bisa tetap produktif menjalankan kegiatan lain yang kita minati dan butuhkan.
Masak buat sahur biasanya harus prepare siang atau sebelum tidur ya.
deddyhuang.com mengatakan…
salah satu hal yang aku pelajari ketika menyiapkan menu adalah food preparation. salah satunya bisa pas malamnya kita siapin dulu bahan-bahannya, biar nanti pas sebelum sahur kita bisa langsung masak yang praktis.
Jiah Al Jafara mengatakan…
Makasih tipsnya. Kalau aku tim no ribet club-club. Buat sahur gak harus makanan baru. Paling panasin yang udah ada atau yang simpel kaya goreng telur, tahu tempe. Food preparation itu bantu banget
Deeva Collection mengatakan…
Hehe, saya tim simple, karena memang kalau sahur lebih cukup bangun, dan mengisis dengan seadnya. Misal cukup kurma dna minum, kalaupun pas mau makan, cukup ceplok telur plus rebus sayur.
Hamimeha mengatakan…
menyiapkan bumbu dasar memang sangat membantu sih kak jadi g perlukupas2 sehingga lebih efektif duh jadi inhget tadi malam ada menu gulai hehe
Antung apriana mengatakan…
Kalau aku triknya masak berbuka sekalian buat sahur jadi nggak ribet. Sama bumbu dasar juga harus selalu siap di kulkas sih jadi kalau mau masak tinggal pakai aja
Harianeko.com mengatakan…
Makasi tips nya kak aku save buat nanti klu sudah punya istri, klu masih singgle gini tiap sahur lari ke warteg hehehe
Dila mengatakan…
Tipsnya bener banget, tapi saya punya satu tambahan yang sangat penting. Pastikan sudah memasak nasi sebelum tidur. Jangan sampai pas mau sahur zonk karena nasi tak ada. Atau udah dimasukkan ke magic jar tapi tombol cook nya belum dipencet
Amir Mahmud mengatakan…
Hidup serba kekurangan memang tidak nyaman, apalagi setelah berkeluarga. Namun dengan sedekah, semua bisa berubah. Ya, itu niscaya sih. Dan kalau saya dengar orang berkata, sedekah sehabis subuh dapat mengabulkan keinginan kita.
Eri Udiyawati mengatakan…
Food preparation ini membantu banget sih. Jadi kita cepet untuk masak walau waktu sahur mepet.
Ulfah Aulia mengatakan…
Setuju nih mba, membuat food preparation bisa jadi solusi saat waktu sahur kepepet gitu. Kadang kalau tidak sempat, membuat plaing tidak menyediakan mie instan dan telur ceplok saja, hehe

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?