5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Melakukan kegiatan bermanfaat saat bulan puasa, dapat menumbuhkan rasa semangat dalam diri. Apalagi melakukan hal yang positif akan memberikan dampak yang baik pula, salah satunya adalah mendapatkan pahala kebaikan. Oleh karena itu, kegiatan apa saja sih yang dapat dilakukan selain membaca Al-Quran dan mengerjakan solat 5 waktu di bulan Ramadhan, yuk kita kulik bersama:

Menyiapkan Hidangan Sahur dan Berbuka

Siapa sih yang nggak asik menikmati hidangan sahur dan berbuka yang sudah tersedia. Iya, tinggal makan, hehe. Nah pastinya akan ada rasa bahagia yang tersirat kan, karena bisa menghidangkan untuk keluarga, atau berbagi ke tetangga dekat.

Maka dari itu berbagi manfaat dengan menyiapkan hidangan sahur dan berbuka, sebenarnya tidak hanya akan membahagiakan yang menerimanya saja. Namun juga untuk yang memberikan, karena ada rasa yang sulit diungkapkan dan itu hanya diketahui oleh si pemberinya saja.

Mendengarkan Tausiyah melalui Media Sosial

Semenjak pandemi melanda, kita jadi terhalang untuk mendengarkan tausiyah secara langsung ke lokasi. Hadirnya media sosial sseperti YouTube, Tiktok, dan Instagram, membuat hal yang sulit tersebut menjadi lebih mudah. Bahkan kita dapat mengulang kajian kapan saja ketika kita membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam lagi.

Menonton Tayangan yang Menambah Keimanan

Kegiatan bermanfaat tidak hanya sekadar melepas rasa penat dan terhibur saja, tetapi sekaligus juga dapat mengurangi dosa zina alat indera (mata dan pendengaran) kita. Oleh karenanya tayangan bermanfaat seperti Kisah Nabi & Rasul baik itu dalam bentuk film lepas, film seri, maupun tayangan animasi, akan menambah rasa keimanan kita. Bahkan ada pula seri lainnya seperti kisah orang-orang soleh terdahulu, contohnya Khulafaur Rasyidin, Kisah Para Penghuni Gua, dan Salahudin Al-Ayyubi yang bisa menjadi rekomendasi tayangan baik selama di bulan Ramadhan.

Tingkatkan Berdzikir

Dengan mengingat maka hati akan menjadi tenang. Menurut daku itu memang bukan sebagai quotes saja, karena jiwa serasa lebih nyaman karena senantiasa mengingat-NYA. Mungkin kita sering berdzikir Asmaul Husna, tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil untuk: selepas sholat, ketika duduk, di perjalanan, dan dalam melakukan pekerjaan, nah bisa ditambah lagi nih dengan dzikir lainnya untuk satu hari yaitu:

  • subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘azhim
  • shalawat nabi (Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa’alaa ali Muhammad)
  • Allahumma ajirna minannar (dijauhkan dari api neraka, dibaca selesai solat Subuh)
  • Istighfar

 

Menambah Sholat Sunnah

Sholat 5 waktu, alhamdulillah kita bisa menerapkannya dengan baik. Bila yang tadinya pernah hampir di akhir waktu, berubah menjadi di pertengahan. Lalu kemudian di Ramadhan ini bersemangat bisa mengerjakan di awal waktu. Sambil memanfaatkan juga momen Ramadhan, selain dengan yang 5 waktu, maka kita bisa menambah dengan sholat Sunnah seperti Tarawih, Tahajud, Dhuha, dan Rawatib (2 rakaat sebelum Subuh, 2/4 rakaat sebelum Zuhur, 2 rakaat sesudah Zuhur, 2 rakaat setelah Maghrib, dan 2 rakaat setelah Isya).

Semoga lima kegiatan bermanfaat saat bulan puasa ini dapat kita terapkan dan berkelanjutan dilakukan, sehingga in-shaa Allah di bulan berikutnya bisa menjadi amalan baik, aamiin. Yuk berbagi pengalaman di readitu.com, kegiatan apa saja nih yang kamu lakukan selama di bulan Ramadhan? Langsung curcol di kolom komentar ya. 

Komentar

Mugniar mengatakan…
Senangnya sekarang banyak tausiyah yang bisa kita dengarkan dari media sosial atau juga dengan menontonnya ya ... jadinya hidup bisa lebih bermakna.
Reyne Raea / Rey mengatakan…
Banyak banget ya kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan di bulan puasa, apalagi di zaman yang serba simple kayak sekarang, bisa mendengar kajian dari rumah aja misalnya :)
Maria G Soemitro mengatakan…
setuju, bertambah serunya YouTube, saya bisa mendengar tausiah tanpa harus keluar kota

bahkan bisa sambil memasak dan menyuci baju

karena selama Ramadan rasanya "penuh" banget aktivitas saya
Susi Susindra mengatakan…
Memang ya, Ramadan itu saat yang tepat untuk memperbaiki ibadah Dari sekadarnya menjadi lebih diperhatikan. Lamalama akan terbiasa melakukan ibadah dengan baik.
Farida Pane mengatakan…
Masyaallah. Semoga saya bisa menjalani itu semua dan istiqomah hingga di luar ramadan
Okti Li mengatakan…
Makin semangat menjalani puasa dan semua kegiatannya apalagi selama Ramadan, perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya. Aamiin...
Sandra Hamidah mengatakan…
Aku menambahkan healing time dengan menulis mushaf Al-Qur'an karena menulis sudah pasti membaca tapi membaca, belum tentu menulis. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah swt ya kk
DokterTaura mengatakan…
Suka sekali baca postingan seperti ini.
Banyak banget "tradisi" di bulan puasa yang justru asinergi dengan ibadah, misalnya ngabuburit! Dari pada keluyuran gak jelas, mending mengaji kan? karena menjelang maghrib itu waktu yang mustajabah...
Narasi Nia mengatakan…
Pas bnget, mumpung bulan puasa dan sekolahnya juga daring. Jadi bisa ajarkan anak sholat sunnah lebih banyak 😉
Ade UFi mengatakan…
tambah tadarus, Mba.. punya target untuk khatam quran dalam 1 bulan. Biasanya kalau ada target ibadah, insya Allah lapar dan haus ga akan berasa sama sekali. Fokus ke target.
Nanik nara mengatakan…
Bulan puasa ini saya jadi lebih sering dengerin tausiah lewat youtube. Habis subuh, saat nunggu waktu berbuka dan juga jam istirahat siang di kantor.

Alhamdulillah, banyak juga pengetahuan baru yang didapatkan
Seperti kegiatan beribadah dan memaksimalkan ibadah Ramadhan memang menjadi support setiap muslim
Deeva Collection mengatakan…
Kegiatan ramadhan yang bermanfaat banget nih, semua bernilai ibadah dan pahala mb.patut diikuti nih
Dee_Arif mengatakan…
Iya, banyak ya kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah selama puasa
Melakukan kegiatan bermanfaat bikin nambah ibadah
Rita Asmaraningsih mengatakan…
Momen ramadan merupakan saat yang pas untuk menambah pahala.. Tentunya itu didapat dari kegiatan2 positif dengan cara memaksimalkan ibadah..
Keke Naima mengatakan…
Saya suka mendengar tausyiah di medsos, terutama YouTube. Karena kalau di YT kontennya bisa dapat yang utuh. Agak malas juga saya keluar rumah selama bulan puasa.
andyhardiyanti mengatakan…
Harapannya agar selalu bisa menjalani bulan Ramadan lebih baik dibanding yang tahun-tahun sebelumnya. Semakin giat ibadahnya, baik berperilaku, dan meneruskan kebiasaan tersebut di bulan-bulan lain di luar bulan Ramadan.
Naqiyyah Syam mengatakan…
selalu merasa kurang ibadah kalau ketemu Ramadhan rasanya ingin berlama-lama dan tidak mau mensia-saiakan waktu deh. Kini aku mulai teratur mengisi Ramadhan.

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?