Dua Hal Ini yang ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa

Kalau membicarakan bulan Ramadhan tidak akan ada habisnya untuk kita menuliskannya. Bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan dari   ini, menjadikan kita untuk dapat lebih meningkatkan diri lagi melalui kualitas dan kuantitas dalam beribadah. Meski mungkin tidak mudah untuk menerapkannya, tetapi momentum Ramadhan sebagai bulan yang hanya datang sekali dalam satu tahun ini, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Oleh karenanya daku yakin, setiap diantara kita pastinya akan memiliki target yang ingin dicapai dalam memanfaatkan Ramadhan, misalnya ada yang ingin bersedekah setiap hari, membuat hidangan untuk sahur dan berbuka puasa, melaksanakan solat sunah, dan sebagainya. Begitupun juga daku, setidaknya ada dua hal yang ingin dilakukan saat bulan Puasa, yaitu:

Khatam Al Quran Minimal Satu Kali di bulan Ramadhan

Khatam membaca Al-Quran ini menjadi target daku selama di bulan Ramadhan. Minimal satu kali di bulan penuh berkah bisa menamatkan dari membaca surat Al-Fatihah, Al-Baqarah hingga terus ke surat An-Naas. Soalnya pernah di Ramadhan lalu, belum sampai tamat bacanya (hix, sedih).

Jika membicarakan tentang manfaat dan pahalanya, pasti kamu sudah tahu, ganjaran apa yang kita dapatkan dengan membaca Al-Quran, karena juga sudah banyak literatur yang mengupasnya secara detail. Namun, yang akan daku bahas adalah, hal yang sangat sederhana bila kita bisa mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan, yaitu rasa rindu.

Pastinya kamu pernah dong merasakan rindu pada seseorang atau sesuatu. Nah seperti itu juga dengan mengkhatamkan Al-Quran, ada rasa kangen yang membuncah untuk ingin segera membacanya. Efeknya akan dirasakan, saat kita telah melewati Ramadhan, kerinduan itu akan terus hadir, seperti ada yang memanggil dirimu karena ingin bertemu.

[Baca Juga: 5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa]

Tamat Membaca Terjemahan Al Quran 30 Juz

Bila yang di atas adalah membaca huruf per huruf dalam Al-Quran, maka keinginan daku yang kedua adalah menamatkan membaca terjemahan 30 Juz. Tujuannya adalah agar daku dapat lebih memahami lagi kandungan Al-Quran, meneladani kisah-kisah Nabi dan Rasul, serta orang-orang saleh sebagai hikmah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

[Baca Juga: Tips Tahan Berpuasa Saat Pandemi]

Pasalnya, membaca sambil memahami Al-Quran dengan baik, akan memberikan dampak positif juga buat diri kitanya. Apalagi dapat dikatakan, bahwa Al-Quran memang sebagai kompas untuk menjalani kehidupan ini agar lebih terarah, dan dapat kembali kepada-NYA dalam keadaan baik, husnul khatimah, aamiin.

Semoga dua keinginan daku bisa terwujud di Ramadhan tahun ini, aamiin. Kalau kamu apa saja nih yang ingin dilakukan saat bulan puasa ini? Yuk berbagai pengalaman, agar dapat menginspirasi untuk pengunjung readitu.com lainnya.   

Komentar

cacaa mengatakan…
Aamiin kaak, oh iya keinginan kakak yang kedua membuat saya terinspirasi. Jadi pengen mencoba..
Gita Siwi mengatakan…
Jadi makin lengkap ya kalau kita tahu isi dan arti dalam Al Quran secara keseluruhan, tulisan yang menjadi pengingat juga nih buat aku
Sapa Dunia mengatakan…
Smoga bisa khatam Quran dan baca terjemahannya ya kak Amin

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?