Dua Tip Blogging yang Ingin Dirutinkan

Dunia blogging pasti akan diliputi dengan tip menarik untuk dipraktikkan. Tujuannya agar blog yang kita gunakan sebagai media menulis dapat terus berjalan. Sebab tak dipungkiri melalui blog menjadi ladang dalam meraih penghasilan. Otomatis akan ada usaha buat kita sebagai blogger, bagaimana caranya agar lahan kita ini terus bertahan.

Dari penelusuran daku di pencarian google tentang blogging, daku itu ingin mencoba dua tip blogging diantaranya tentang mengurangi bounce rate, dan membuat tulisan dengan teknik SEO. Mungkin terbilang hal yang biasa ya, tetapi karena familiar ini bila tidak konsisten diterapkan mengena juga jadinya, hehe.

Bounce Rate

Daku sering mendengar bahwa Bounce Rate ini hal yang gak asik untuk profesi blogger. Pasalnya, blog yang semestinya bisa membuat pengunjung berlama-lama, cek artikel itu-ini-sana-situ, komen di artikel yang A, lalu ke B, lanjut ke C, eh malah nggak bisa betah. Boro-boro mau klik ono-ini, yang ada baru baca sebentaran udah langsung tekan lambang X, alias out dari peredaran.

Ceknya dimana sih Bounce Rate itu? 

Kamu bisa gunakan Google Analytics, lalu lihat pada bagian beranda Google Analytics dan cari Rasio Pantulan atau Bounce Rate

Untuk solusinya gak mudah juga dalam penerapannya. Sebagai blogger mesti tahu juga apakah artikel kita itu memang yang sesuai dengan segmen pengunjung. Selain itu juga, penampilan dari tayangan blog juga mempengaruhi. Nah dalam pencarian daku bagaimana solusi agar si Bounce Rate itu bisa diminimalisir, dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Gunakan template yang ramah dan cepat loadingnya. Jangan yang template terbang-terbang lalu guling sampai salto (hihi lebay), serta yang gak berat dengan widget sehingga mempercepat loading blog.
  • Cerdas dalam pasang iklan. Ini juga kurang asik sih menurut daku, bila sedang asik-asiknya baca artikel lalu kepotong dengan iklan. Daku pernah sedang blogwalking bertemu dengan blog yang iklannya menutupi artikel, sehingga bikin gak betah dengan blognya walau kontennya bagus.
  • Pasang related post artikel, sehingga pengunjung bisa klik lagi artikel yang lain.

 [Baca Juga: Ceritanya Curcol]

Teknik SEO

Urusan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam sebuah website atau blog, pastinya udah jadi cemcemannya buat diterapkan. Tanpa SEO apalah artinya blog yang tidak muncul dalam mesin pencari. Bisa dikatakan, keilmuan SEO ini sudah pasti diketahui oleh kita sebagai blogger. Hanya saja, penerapannya ini nih, apakah sudah rutin diterapkan atau belum, hehe. Sama sih daku juga kadang-kadang, wkwkwk.

Mungkin karena sudah terbentuk pola pikir, “Yang Penting Nulis Aja Dulu”, tapi tidak dilanjutkan dengan mindset: “Teknik SEO-nya Wajib Diterapkan”, alhasil artikel yang sudah panjang kali lebar ditulis, tidak masuk dalam pencarian google. Mungkin saja sih ter-index ya, tapi kalah bersaing dengan website atau blog lain yang penerapan teknik SEO-nya gencar dilakukan.

Untuk mencari tahu seperti apa lengkapnya tentang Teknik SEO, teman-teman bisa searching di google, karena sudah banyak artikel yang membahasnya secara gamblang. Jadi harus rajin ceki-ceki sambil cek juga DA, PA, dan Spam Score di MOZ

Semoga obrolan kali ini di readitu.com bisa membangkitkan rasa untuk kita sebagai blogger bisa istiqomah menerapkan tip blogging untuk blog kita tercinta. Tentunya akan ada rasa bangga sebagai hasil dari jerih payah yang telah dilakukan, ketika artikel kita bisa tampil di halaman muda mbah gugel, kan? 

Komentar

Anisah mengatakan…
Bener banget nih,swlain belajar SEO belajar menulis untuk lebih menarik lagi tulisan kita untuk pembaca juga penting ya mom.
Risalah Husna mengatakan…
Aku, pengen banget bisa mantep di SEO. Jadi tulisan aku bisa dijangkau banyak orang dan view-nya lebih tinggi. Basicnya sih udh tau, tapi buat yang lebih advance, kudu belajar lagi.
Ali Muakhir mengatakan…
Terima kasih tipsnya ya, sangat bermanfaat sekali buat saya yang nulis ya nulis aja, tanpa mikirin ini itu. Nanti dipraktikan ah
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Emang harus bijak saat pasang iklan di artikel kalau mau bounce rate nya turun. Soalnya aku pribadi males liat web or blog yang banyak iklan. Mending keluar cari artikel lain. Heheh..
Didik Purwanto mengatakan…
Aku juga lagi belajar nih nurunin bounce rate. Soalnya artikelku banyak yang kurang lengkap. Belum aku update juga nih beberapa. Jadinya ya bounce rate-nya lumayan tinggi.

Yang lagi aku gelutin juga teknik SEO nih. Susah2 gampang ya ternyata. Belajar otodidak dan di komunitas makin semangat lagi deh biar cuan dari blog.
Evi Fadliah mengatakan…
Tadinya cuek sama yang namanya Bounce rate, ternyata pengaruh ke blog kita ya, akhirnya bukan cuma belajar SEO aja tapi sedikit2 cari tau juga tentang Bounce Rate. Demi performa blog yg lebih baik.
Ega Tiara mengatakan…
Iya bener mbak. Kesel banget kalo lebih lebar iklan daripada artikelnya. Langsung males deh. Untuk SEO itu alhamdulillah udah bisa dikit. Meski blum ahli. 😌
www.kisahsejati.com mengatakan…
Aku nih masih yang nulis tapi gak pakai tehnik SEO.Nulis mengalir kadang bablas.Tulisan yang bermanfaat.
Salam: Dennise Sihombing
Melalak Cantik mengatakan…
Saya juga mulai mau memperdalam SEO juga. Setidaknya paham yang basic juga ya kan kak ditambah tetep diperdalam agar semakin paham. Ngeblog makin menyenangkan ketika paham teknisnya.
Lia_Lathifa mengatakan…
Nah bener tuh, suka liat blog di tengah-tengah banyak iklan, malah bikin pusing bacanya, akhirnya kutinggalin. Ternyata itu bikin bounce rate ya. Makasih ya tipsnya
Rita Asmaraningsih mengatakan…
Sebagai seorang bloger tentunya kita harus mencari tps2 bermanfaat seputar blogging. Paham tentang bounce rate dan teknik SEO pastinya kudu dikuasai juga kan bagi para bloger macam kita2 ini..
K. Niken mengatakan…
Menurutku teknik SEO ini unik. Harus terus update dan kita juga selalu berkembang dengan ilmu-ilmunya. Karena nggak ada yang benar atau salah, yang penting kita melakukan terus
Afrilentin mengatakan…
Kalau aku paling males baca blog yang kebanyak iklannya, yg kadang motong tulisan, mengganggu pas baca si.
Jeanette Agatha mengatakan…
Aku pengen banget belajar ttg SEO supaya bisa lebih maksimal dalam menulis blog. Terus juga memang penting untuk sering membaca dan menulis, supaya tau bagaimana cara menulis dengan menarik perhatian pembaca
Pradita Cyntiawati Yoga mengatakan…
oooalah BR itu bounce rate wkwkwk baru tau maklum tapi thanks yaa kak ilmunya tentang blogging sangat bermanfaat semoga aku jadi rajin ngeblog
diane mengatakan…
Wah ini PR aku juga nih yang pengen aku teapkan setiap posting..terutama SEO ya.. karena ini kan emang salah satu kunci penting biar blog kita bersinar..
Nadella | Taruih Baraja mengatakan…
Iya kak. Makanya di blog sendiri juga sebisa mungkin aku ga naroh iklan di sela-sela tulisan. Aku narohnya di sidebar aja..

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?