Seperti Ini Konsep Livable City, Apakah Kamu Siap?

Setiap makhluk hidup, tentunya menginginkan memiliki tempat tinggal yang nyaman dalam rangka kelangsungan hidupnya. Begitu pun kita sebagai insan yang diberikan banyak anugerah dari Yang Maha Kuasa, sehingga bisa mempertimbangkan lebih dulu hunian yang memang layak untuk dihuni.

seperti apa konsep livable city?

Mengapa Suatu Tempat Dianggap Tidak Layak Huni?

Apakah ada hunian yang tidak layak huni? Tentu saja ada, dan ini akan memberikan dampak kepada kita yang akan tinggal di tempat tersebut baik dari segi kesehatan (mental dan fisik), berikut juga yang utama dalam kenyamanan tinggal. Berikut mengapa suatu tempat dianggap tidak layak untuk ditinggali, umumnya karena:

  • Buruknya infrastruktur seperti terputusnya akses jalan, tidak terjangkaunya harga perumahan, hingga sistem drainase yang bisa mengakibatkan kemacetan lalu lintas, bahkan banjir, dan kesulitan dalam mobilitas.

  • Pencemaran udara, deforestasi, dan kualitas air yang buruk bisa membahayakan lingkungan dan kesehatan masyarakat yang tinggal di tempat tersebut.

  • Ketidaksetaraan bermasyarakat baik dalam akses layanan pendidikan, kesehatan, hingga pekerjaan yang dapat mengakibatkan ketimpangan sosial dan ekonomi. Ini dapat meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan

  • Lingkungan yang tidak aman karena tingginya kriminalitas dan tindak kejahatan.

  • Terbatasnya akses layanan kesehatan dan pendidikan bisa berpengaruh pada kesejahteraan penduduk.

  • Terbatasnya ruang terbuka dan tempat rekreasi bisa mempengaruhi kualitas hidup penduduk setempat dan peluang dalam beraktivitas fisik.

 Baca Juga: Ini Dia Smartphone yang Ngetrend di Bulan Juli

Apa Dampak Positif Tinggal di Tempat Layak Huni?

Suatu hal dikatakan layak maka akan memberikan efek positif bagi si pelakunya. Begitupun bagi kita, jika ingin mendapatkan kenyaman hidup, maka beradalah di tempat yang memang layak untuk ditinggali. Pasalnya ini akan mempengaruhi pada kualitas hidup kita maupun lingkungan sekitar, seperti bila lingkungannya baik dan bagusnya kesehatan di sana, maka sanitasi pun akan membaik, berikut kesehatan fisik dan psikis kita.

apa itu livable city
dok. Sinar Mas Land

Perhatikan juga lingkungan sekitar rumah, bagaimana dengan keamanan dan tindak kriminalitasnya. Jika tingkat kriminalitasnya rendah, maka memberikan keamanan bagi penduduk di sana karena dapat terbebas dari risiko kejahatan dan gangguan apapun. Terlebih lagi, bila lingkungan sekitar menyediakan beragam fasilitas publik seperti ruang terbuka hijau, maka bisa memberikan manfaat bagi penduduknya untuk berinteraksi sosial.

Kualitas hidup juga dapat meningkat baik karena pembangunan ekonomi di wilayah setempat “hidup”. Artinya adalah bisa menjadi peluang generasi muda untuk bertumbuh. Selain itu adanya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi karena wilayah tersebut menarik sebagai tempat berinvestasi. Istilahnya adalah ada nilai jual yang menjadi perhatian bagi investor misalnya untuk mengembangkan hunian baru, mendirikan fasilitas penunjang (rumah sakit, sekolah, kampus, minimarket, dan sebagainya). Dari sinilah perlunya memiliki konsep hunian livable city.

Apa Itu Livable City?

Konsep "Livable City" berarti pengaturan kota yang dirancang dalam menghadirkan kenyamanan, berkualitas tinggi dan berkelanjutan untuk dihuni oleh penduduknya. Prioritas Livable City ini meminimalkan efek negatif lingkungan dengan sumber daya yang ada agar terciptanya kenyaman, dan kesejahteraan masyarakatnya.

sinar mas land mendukung livable city
dok. Sinar Mas Land

Konsep Livable City atau layak huni, dapat kita lihat dari insfrastrukturnya yang memadai. Lingkungannya pun bersih karena adanya tata kota hijau, limba dikelola dengan baik dan pengendalian pencemaran udara dan air yang baik.  

Fasilitasnya pun lengkap (termasuk terjangkaunya tim pemadam kebakaran dan polisi) dan mudah untuk diakses. Begitupun dalam berinteraksi sosial tidak terbatas karena tersedianya ruang terbuka maupun tempat rekreasi. Dengan begitu masyarakat setempat yang tinggal dapat berpartisipasi aktif karena lingkungan tinggalnya yang nyaman, sehingga bisa kuliatas hidup pun dapat meningkat, sebagaimana konsep ini yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. 

Livable City dari Sinar Mas Land untuk Kesejahteraan Masyarakat

Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City demi meningkatkan kualitas hidup untuk penduduk yang tinggal di tempat tersebut, dengan memperhatikan segala aspek, melalui 4 pilar penting yaitu:

  1. Live yang berarti perhatian untuk sarana dan prasarana pendukung guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, seperti: ruang publik, pusat perbelanjaan, akses jalan, hingga hunian.
  2. Learn mengacu pada kebutuhan pendidikan bagi masyarakat, seperti: tersedianya sekolah formal, sekolah dasar hingga atas, sekolah vokasional, serta kampus nasional dan internasional.
  3. Work membidik pada dukungan profesional dan lapangan kerja, misalnya: pusat perkantoran, kota industri, green office hingga area komersial.
  4. Play menunjuk pada kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, contohnya: pusat olahraga & kuliner, ruang terbuka (tempat wisata), exhibition halls.

 Baca Juga: BBM Bersubsidi di Jakarta

Sebagai pengembang, Sinar Mas Land telah mengembangkan konsep kota layak huni seperti Grand Wisata (Bekasi), BSD City (BSD City), Kota Deltamas (Cikarang), Kota Wisata (Cibubur), dan Grand City Balikpapan (Balikpapan). Lebih dari 40 tahun hadir menemani masyarakat, totalitas Sinar Mas Land terus membawa kepada lebih dari 200 penghargaan bidang property yang telah diterima seperti: 30 Best Developer Awards, 30 APAC Property Awards, serta 219 penghargaan Best Developer Projects.

sinar mas land pengembang konsep rumah livable city
salah satu development yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land

Dengan konsep Livable City yang dihadirkan oleh Sinar Mas Land dapat menciptakan kota yang berkelanjutan dan layak huni. Tentunya kualitas hidup penduduknya pun lebih meningkat, karena lingkungan yang ramah, nyaman, dan sehat. Bagaimana, kamu sudah siap untuk punya unit dengan konsep livable city ini? 

Komentar

nurul rahma mengatakan…
sinarmas land pengembang terbaik
selalu takjub klo mengikuti update terkini kota yg luarrr biasa
Wahid Priyono mengatakan…
Livable city emang bagus diterapkan untuk hunian di perkotaan supaya tetap menjaga kenyamanan dan keamanan penghuninya.
Maria G Soemitro mengatakan…
Siap banget malah pingin tinggal di livable city seperti Sinarmas Land
Karena rumahku adalah surgaku
Bete dan bikin stress jika tinggal di hunian yang gak nyaman
Bambang Irwanto mengatakan…
Hunian yang nyaman dan aman memang dambaan setiap orang. Terus, walau hunian di kota, harus masuk juga konsep hijau ya, Mbak. Dan keren ini konsep Livable City yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land.
lendyagasshi mengatakan…
Nyamannya tinggal di Livable City Sinarmas Land tuh semua kebutuhan dan fasilitas sehari-hari uda tersedia. Ruang publik yang nyaman dan tetap bisa berinteraksi dengan sesama penghuni secara sehat. Bahagia banget rasanya.
Sinarmas emang keren banget ya. Mengerti kebutuhan dan keinginan para konsumennya. Konsep Livable City ini emang menarik banget buat dipilih. Soalnya gak perlu susah-susah nyari fasilitas pendidikan, dll
Meilia Wuryantati mengatakan…
Mau dan siap banget kalau buat tinggal di Lingkungan dengan konsep Livable city, Sinarmas land emang selalu terbaik, hunian yang nyaman dan aman, semua kebutuhan dan fasilitas tersedia, gak perlu jauh2 nyari keluar
Nanik nara mengatakan…
Livable city, wah saya dapat istilah baru lagi nih mbak.
Tapi emang bener sih, tempat tinggal yang bukan asal tempat tinggal, tentu memberikan pengaruh juga kepada penghuninya.
Indri mengatakan…
Sebagai penduduk Kota Wisata Cibubur, fasilitas yg ditawarkan oleh SinarMas memang menjadikan perumahan ini sangat layak huni
Gita Siwi mengatakan…
Kalau mau beli rumah emang wajib banget ya amati lingkungan sekitar dulu lalu koneksinya gimana, jadi impian semua orang deh klo semua yang dibutuhkan dari satu hunian itu terpenuhi apalagi harga juga masuk.
Mugniar mengatakan…
Saya baru tahu nih tentang konsep livable city yang menghadirkan kenyamanan, kualitas tinggi, dan berkelanjutan ... suka sama konsepnya. Kebayang jika ditinggal oleh keluarga2 yang punya value berkualitas maka mereka akan membentuk generasi penerus yang berkualitas dari perumahan yang berkonsep demikian.
Yonal Regen mengatakan…
Kawasan BSD City adalah salah bentuk contoh nyata livable city yang dapat kita lihat, bahkan perekonomian di wilayah itu juga ikut terangkat sebagai dampak positif dari dikembangkannya konsep livable city ini
Elvina Yanti mengatakan…
Bagus ya, Konsepnya. Kadang suka mikir juga, sih. Tempat yang layak huni dan emang bagus gitu gimana tata letaknya ga awur-awuran dan bikin nyaman warganya gitu. Tapi Sinar Mas emang punya cara dan konsepnya sendiri ya buat ngembangin wilayah jadi lebih baik. Cakep.
Didik Purwanto mengatakan…
Impian banget sih tinggal di tempat layak huni. Infrastruktur lengkap, akses mudah pasti jadi incaran semua orang. Yang lebih enak lagi, rumah layak huni akan naik harganya seiring perkembangan waktu. Kalo dijual, ya pasti cuan. Makanya ayo beli sekarang. Keburu harga naik kalo tidak segera diambil. Haha.
Fera Marentika mengatakan…
wah sinarmas land ini bagus sih konsep pengembangannya, kalo melihat yang di BSD CIty. Pengen juga punya satu rumah di sana xD
Kyndaerim mengatakan…
Liveable City dari Sinar Mas Land yg fasilotasnya lengkap dan memadai ini sih, siap² aja akutuh. Xixixi..
Kyndaerim mengatakan…
Sorry mbak, Livable yah ternyata, siwer mataku nih, ahaha..
Akarui Cha mengatakan…
Siapa coba yang nggak merasa nyaman dan tentram jika hidup dan tinggal di lingkungan yang layak huni. Senang sekali dengan konse Livable City yang dihadirkan oleh Sinar Mas Land. Membawa kenyamanan dari lingkungan huni yang memberi banyak pengaruh positif bagi masyarakat yang menetap di sana.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Asli bagus loh konsep livable city ini. Harusnya satu Indonesia ya bisa menerapkan ini. Sayangnya udah kadung ruwet, jadi Sinarmas Land bikin opsi hunian dengan konsep livable city ini
Okti Li mengatakan…
Kalau mau cari hunian emang lebih baik merujuk ke sinar mas land nih. Emang fasilitas dan kelengkapan selalu mereka prioritas kan ya
lendyagasshi mengatakan…
Yang paling nyaman memang tinggal di tempat tinggal yang terus berkembang. Karena dari sini, kemungkinan tempat tinggal di Sinar Mas Land mengikuti kebutuhan masyarakat yang tinggal. Sehingga akan selalu nyaman dan menjadi investasi properti jangka panjang.
Leyla Hana mengatakan…
Bener emang nyari rumah itu harus yang nyaman ditinggali ya. Salah satunya minim polusi dengan ada banyak pohon. Harus pinter-pinter deh nyari rumah.
Diah Alsa mengatakan…
asyik banget ya kalau bisa tinggal di lingkungan liveable city gitu, semua jadi nyaman apalagi dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang menunjang kehidupan sehari-hari.
Shinta Shyntako mengatakan…
konsepnya oke juga yaa ternyata livable city tuh filosofinya bagus banget, deep banget juga, semoga bs jadi inspirasi utk para developer lainnya
Pastinya semua orang membutuhkan hunian dengan konsep ini
Saya berharap bisa ada di tengah konsep kota dan juga semua perilaku warganya sudah sangat paham menjaga lingkungan
lendyagasshi mengatakan…
Konsep Livable City ini bikin nyaman banget sih yaa..
Penghuni bisa tetap berinteraksi dengan nyaman dan tetap berkembang dengan baik.