Review Short Movie Pests: Jangan Ganggu Ya!

Review Film Pendek: Nuisible (bahasa Perancis) yang berarti Tawon dalam bahasa Indonesia. Sedangkan dalam bahasa Inggris yaitu Pests. Sengaja daku angkat karena memiliki hal unik di dalamnya. Meski hanya berdurasi 6 menit 30 detik saja, tetapi ada hikmah menarik yang dapat kita kupas.

Sinopsis Short Movie Nuisible

Terdapat 4 bocah yang datang ke taman dimana sedang banyak buah-buahan yang ranum. Mereka pun mengambil buah-buahan tersebut seenaknya, dan membuat wilayah tersebut berantakan dengan sampah makanan mereka. Sekawanan tawon yang juga sedang menikmati buah-buahan yang ranum tersebut terganggu dengan ulah mereka. Dan terjadilah peperangan antara 4 bocah dan sekawanan tawon.

Baca Juga: Film Home Alone 3

Secuil Kisah tentang Nuisible

Film pendek Nuisible atau Pests ini, disutradarai oleh Juliette Laboria yang rilis pada tahun 2021 lalu. Konsep yang disampaikan dalam bentuk animasi yang mengolaborasikan gambar dengan rotoscoping yang menarik. Backsound yang dihadirkan selayaknya ramainya suara lebah dan para bocah yang tertawa, sehingga animasi ini tampak hidup. Lebih menariknya, film pendek Perancis ini meraih penghargaan Innsbruck Nature Film Festival (INFF) 2021 kategori short animation.

Baca Juga: Genre Film yang Asik Ditonton Saat Liburan

Jadi Film Nuisible Ini…

Mungkin kamu pernah dengar istilah, “jangan menggangu bila tidak ingin diganggu”.

Nah hal tersebut bisa menjadi pedoman bahwa janganlah kita sebagai “tamu” mengganggu dan mengusik yang ada di tempat tersebut. Sopan santunlah ketika bertandang. Bila memang ingin mengambil sesuatu maka minta izinlah, atau bijak dalam mengambilnya. Jangan serakah dan tidak berbuat kejam kepada siapapun.

Perhatikan juga di lingkungan sekitar, adakah hewan yang sedang menikmati makanannya? Sebab walau bagaimana pun, hewan juga merupakan makhluk ciptaan-NYA yang sama seperti kita, “Janganlah Mengusik Ketenangan sesama makhluk hidup”

Hal yang ditampilkan di short movie ini, mungkin sedikit mengerikan dan menjijikkan karena bagaimana si tawon tersebut menyerang para manusia itu, salah satunya dengan masuk ke dalam hidung. Namun begitu menjadi masukan untuk kita, agar bisa hidup berdampingan dengan alam sekitar tanpa mengganggu yang sudah ada di sana.

Apakah Nuisible ini film layak ditonton bersama anak-anak? Menurut saya, masih terbilang layak dan tentunya dengan pendampingan. Sambil nonton tayangan ini, orang dewasa atau orangtua dapat memberi masukan kepada anak-anak bagaimana berperilaku yang baik terhadap hewan, dan cara menjaga lingkungan tanpa merusaknya. Semoga bisa diambil hikmah dari tayangan yang hanya berdurasi kurang dari 7 menit ini. 

Baca Juga: film the Pirates Kim Nam Gil

Komentar

Komen Blog readitu.com
Sandra Hamidah mengatakan…
Wah menarik banget, kadang di dunia nyata ada tetangga motong keramik berisik harusnya minta izin dulu ya apalagi toko besi dan bengkel knalpot huhu, nanti aku nonton juga ah
Komen Blog readitu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Cuma 6 menit 30 detik?
Wajib nonton ini mah, karena kalo film dapat penghargaan pastinya merupakan hasil karya yang gak kaleng-kaleng

Apalagi kalo ada anak atau keponakan, supaya dapat hikmahnya
Komen Blog readitu.com
Wahid Priyono mengatakan…
Film2 yang penuh pesan moral seperti Short Movie Pests ini bagus dan kayaknya cocok banget untuk anak2 ya, selain sebagai ada nilai hiburan juga ada nilai edukasinya.
Komen Blog readitu.com
Ayah Ugi mengatakan…
6 menit 30.detik, bisa meraih penghargaan ini merupakan sebuah orestasi yang luar biasa. Kalau bukan karena ceritanya bisa jadi kare kualitas animasinya yang kemudian bisa menguatkan cerita yang ada. Memang sekarang makhluk-makhluk lain seperti binatang sudah banyak kehilangan habitatnya, misal paling sederhana yikus dan ular, tidak ada lagi sawah, bukit. Semua jadi bangunan.Pun film ini mengajarkan buat kita semua menjaga keseimbangan hidup
Komen Blog readitu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Meski singkat film pendek ini dalam sekali maknanya ya. Sebuah pelajaran penting agar saling menghormati dan menyayangi antar makhluk hidup terurai dengan baik meskipun singkat.
Komen Blog readitu.com
hani mengatakan…
Bisa ditonton di mana nih Mbak filmnya? Walaupun 6 menitan, ternyata pesannya ngena banget yah. Saling menjaga untuk hidup berdampingan perlu supaya tidak saling mengganggu juga sih...Engga cuma sama tawon, tetapi sama tetangga juga...
Komen Blog readitu.com
nurul rahma mengatakan…
insight yg menariikk bgt
relatable utk semua orang
pesanyg disampaikan ok bgt
Komen Blog readitu.com
Triani Retno A mengatakan…
Menarik banget, Mbak. Sepertinya anak-anak justru perlu nonton film ini deh, supaya sejak dini mereka tahu adab dan punya empati.
Komen Blog readitu.com
Okti Li mengatakan…
Penasaran pengen melihat film pendeknya. Pelajaran bisa kita ambil dari mana saja. Apalagi ini dari kisah anak dan tawon yang sama sama mencari buah kesukaan. Etika disana harus dipakai ya
Komen Blog readitu.com
lendyagasshi mengatakan…
Betul sekali.
Kalau kita baik, gak mungkin hewan-hewan mengusik. Karena kita tidak merawat dan gak penuh kasih sayang apalagi sampai mengganggu, maka mereka juga merasakan keresahan yang sama, sehingga bahasa yang mereka sampaikan berupa "gangguan" bagi manusia.

Keren ya..
Short movie tapi deep meaning.
Komen Blog readitu.com
Cindy Vania mengatakan…
wah bagus juga yaa.. cuma 6 menit sdekian detik juga hihi super short. aku jd inget bee movie sih kalau ini
Komen Blog readitu.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Singkat juga ya mbak, durasinya. Kalau dari reviewnya sepertinya film ini sarat makna ya, hmmm.. jadi pengen nonton juga nih
Komen Blog readitu.com
Goresan hati mengatakan…
Lah iya. Kalau ganggu tawon ya langsung dibalas sama tawonnya. Jangan ganggu kalau gak mau diganggu. Jadi mending jauh jauh deh. Gak mau dientup. Wkwkwk