Review Iran Movie: No.17 Soheila

Sebentar lagi lebaran nih. Iya, tahu berpuasa baru di tanggal 13 Ramadhan, tetapi ya kudu siap-siap juga. Bukan hanya siap dengan jiwa dan pribadi yang baru, baju lebaran baru, kue lebaran baru saja, tetapi juga dengan pertanyaan yang nggak pernah baru dari jaman ke jaman, yaitu: “kapan nikah?”

Pertanyaan yang menampar sanubari untuk seseorang yang masih single tetapi sedang berupaya tersebut, pastinya menjadi hal yang membosankan sekaligus bikin deg-degan. Namun begitu, banyak tips dan trik di media sosial yang bisa menjadi kunci jawawabannya hehe. Sayangnya, kunci jawaban tersebut nggak sampai nih sama Soheila. 

Siapa tuh Soheila?

Nah, berikut ulasan film No.17 Soheila.

Sinopsis No.17 Soheila

Apa jadinya bila usia 40 tahun masih juga belum bertemu jodohnya alias masih single? Mungkin kamu akan merasakan seperti yang dirasakan oleh Soheila, terlebih lagi ia memiliki masalah dengan bentuk tubuhnya. Kekhawatiran muncul karena Soheila takut ia tidak bisa hamil nantinya. Maka dari itu, Soheila pun bergegas mencari jodoh.

Upaya jungkir balik dilakukan Soheila. Ada yang diperkenalkan, tetapi kurang sreg. Sampai akhirnya ia daftar ke biro jodoh. Di sana, masing-masing yang single memperkenalkan diri dengan menyebut nomor urut, nama, usia, pekerjaan, dan keinginan calon pasangan yang seperti apa. Awalnya, Soheila ragu untuk ikutan. Ia sempat keluar masuk ruangan. Namun, ia pun mencoba untuk melakukan perkenalan tersebut di hadapan para peserta lainnya.

Baca Juga: Review Film Belle River - enggan Pindah Rumah

Ketika hendak pulang, Soheila bingung mencari mobilnya sudah tidak ada di tempat. Seorang pria muncul menyampaikan bahwa mobilnya diderek oleh petugas karena salah parkir. Seseorang tersebut yang mengetahui Soheila dari biro jodoh, langsung mendekatinya.

Adegan Soheila dan seseorang itu - dok. IMDb

Soheila tidak nyaman dengan pria yang mengikutinya itu. Namun, karena ada hal-hal yang membuka pikiran, Soheila mulai berubah. Apakah ini berarti jodohnya Soheila sudah muncul? Atau apakah jodohnya lewat biro jodoh?

Related dengan Kehidupan yang Gereget

Film Shomareh 17 Soheila atau Soheila No.17 rilis tahun 2017, dengan kisah yang ditulis dan disutradarai oleh Mahmoud Ghafari ini bisa terbilang related dengan kehidupan. Usaha pencarian jodoh, pasti dialami oleh siapapun yang masih single. Dan hal tersebut tergambar salah satunya melalui film berbahasa Iran dengan durasi 80 menit ini.

Baca Juga: 5 Platform Nonton Online yang Asik

Apiknya Zahra Davoudnejad memerankan karakter Soheila yang bingung dengan usianya dan tubuhnya. Apalagi ketika diperlihatkan bagaimana dia berkenalan dengan orang-orang yang diperkenalkan dari kerabatnya. Ada momen yang menarik ketika Soheila sedang makan bareng kenalannya, eh malah si kenalannya itu mesen banyak makanan, dan wajah Soheila pun langsung berubah ilfil (ilang feeling hihi). Tahu aja yak kalau gretongan, wkwkwk.

Menariknya ide cerita film bagus dari Iran ini dengan genre drama, sayangnya alurnya lambat. Jadi buat kamu yang tidak terlalu suka dengan tempo cerita demikian, mungkin akan terasa membosankan. Meski begitu, film Soheila No.17 ini memenangkan 13th International Oriental Film Festival of Geneva (FIFOG), Switzerland tahun 2018. Jadi, kamu yang masih single, apa sudah mempersiapkan jawaban saat ditanya kapan nikah? Hehe. 

Yuk Baca Ini Juga 👇👇

Komentar

Komen Blog readitu.com
Nur Asiyah mengatakan…
Meskipun sekarang udah nikah, tapi kalau ingat pertanyaan "kapan nikah?" di saat kondisi lagi enggak pengen ditanya tuh kesel banget. Jadi, misal ada teman yang belum nikah aku enggak mau banyak tanya, kecuali mereka yang datang sendiri buat curhat.
Komen Blog readitu.com
Eka FL mengatakan…
film iran menarik juga ya, auto pengen nonton dan rekomendasiin untuk temenku yang belum juga menemukan jodoh padahal usianya sama dengan si soheila ini
Komen Blog readitu.com
shinobi apuy mengatakan…
Wah, jarang nonton film beginian. Tapi terima kasih yah setidaknya dengan ada review ini saya jadi tau. Baca-baca menarik juga ceritanya!
Komen Blog readitu.com
Amir mengatakan…
Wah penasaran sih baca abis baca ringkasannya ini. Menarik karena semua orang pasti mencari jodoh saat masih single.
Komen Blog readitu.com
irpanisme mengatakan…
Semakin bertambah usia, maka semakin pula bertambah risiko kehamilan. Karenanya perempuan sebaiknya tidak terlalu lama sendiri. Segeralah menikah.
Komen Blog readitu.com
Didik Purwanto mengatakan…
Aku udah kebal dengan pertanyaan itu. Haha. Tapi menarik banget sih film ini. Relate dgn banyak orang, terutama yg masih mencari dambaan hati kau di mana ini. Ntar aku cari ah buat teman ngabuburit.
Komen Blog readitu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Usaha pencarian jodoh memang bukan hal mudah ya, Kak. Meskipun semua sudah takdr. Tapi orang orang sekitar selalu aja kepo, penasaran. Padahal sudah berusaha, dan ornag lain ga tahu juga bagaimana tekanan dan beban yang dirasaka. Ornag yang ditanyakan
Komen Blog readitu.com
Dee_Arif mengatakan…
Ah ini bicara tentang jodoh ya
Urusan jodoh emang sensitif
Banyak orang kepo padahal cari jodoh itu nggak gampang
Komen Blog readitu.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Usia 40 thn belum dapat jodoh itu rasanya udah gak karuan lagi, ya. Boleh juga nih drama, dadi Iran. Saya belum pernah nonton drama dari Iran. Kayaknya perlu nyoba nonton deh.
Komen Blog readitu.com
Irawati Hamid mengatakan…
saya pikir yang suka ditanya kapan nikah itu cuman di negara kita aja, ternyata di Iran juga yaa
Komen Blog readitu.com
Wahyu Eko C mengatakan…
Boleh juga nih film, bakal di tonton ssat waktu senggang dan suasanya pas
Komen Blog readitu.com
Fitri | Matchadreamy.com mengatakan…
Menarik banget ceritanya mbak. Relate dgn kondisi sosial di sini ya. Jadi teringat masa2 sblm nikah dan selalu takut dgn pertanyaan "kapan nikah?" hehe.
Komen Blog readitu.com
Inda Chakim mengatakan…
Jadi flashback sama masa lalu pas sering ditanyain "kapan nikah?" . Btw penghargaannya banyak juga ya, mbak. Bagus berarti ini. Masukin list tontonan ah. Tengkyu infonya yaaa
Komen Blog readitu.com
Puspita Wulandari mengatakan…
Pertanyaan kapan nikah itu kalo dulu suka buat pusing sendiri padahal dulu paling nyantai eh sempet jadi kepikiran juga hm😅 , boleh juga filmnya buat ngisi waktu luang ☺
Komen Blog readitu.com
Happy mengatakan…
wah ga kebayang dan gamau bayangin. pasti overthinking ya kalau 40 tahun belum nikah.
Komen Blog readitu.com
Nurrahmah Widyawati mengatakan…
Wah ini kalau ditonton sama yang relate pasti 'dapet' bgt ya feelnya. Sensitif masalah jodoh emang, tp kan manusia ga bs ngatur part itu ya wkwk. Penasaran deh sama filmnya
Komen Blog readitu.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Wkwkwk...bahasan sensitif emang ya kalau menyangkut jodoh. Apalagi ditanya kapan nikah. Kekhawatiran Soheila ini seperti Kekhawatiran banyak wanita ketika usianya sudah mulai bertambah apalagi sampai 40 tahun ya
Komen Blog readitu.com
Fandhy Achmad R mengatakan…
Wah bisa jadi rekoomendasi ini filmnya buat teman ngabuburit ya,
Komen Blog readitu.com
Fandhy Achmad R mengatakan…
Wah bisa jadi rekoomendasi ini filmnya buat teman ngabuburit ya,
apalagi dengan tema filmnya seputar jodoh, tentu akan jadi tontonan yang menarik
Komen Blog readitu.com
Zeneth Thobarony mengatakan…
Bagus nih kayaknya, aku belum pernah baca buku penulis Iran ataupun nonton film Iran. Film Soheila ini bisa aku tonton dimana ya di Indo?