Lima Alasan Ini Mengapa Orang Enggan Pindah Rumah

Rumah menjadi hunian yang tak hanya sekadar untuk tempat tinggal saja. Segala kejadian baik itu sedih maupun senang terjadi di sana. Entah hidup sendiri, ataupun bersama keluarga, apa pun keadaan rumah maka tak ingin untuk beranjak pergi meninggalkannya. Oleh karena itu, setidaknya ada 5 alasan mengapa orang enggan pindah rumah, yaitu:

Sulit beradaptasi

Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar dan hunian tidak semua orang bisa melakukannya dengan cepat. Ada yang dalam sehari, sebulan, bahkan bertahun-tahun masih saja ada yang sulit beradaptasi. Rasa takut menghampiri. Malas bila harus berkenalan dan memulai lagi dari 0 (nol), sehingga seperti apa pun masalah yang terjadi di rumah itu, orang akan cenderung bertahan ketimbang harus menyesuaikan diri.

Pembelian Pertama yang Didambakan

Segala sesuatu yang pertama, kerap didambakan. Apalagi ini bentuknya adalah rumah, yang memungkinkan saja hunian tersebut merupakan sesuatu yang diimpikan. Dananya ditabung dengan penuh kesabaran. Maka dari itu, alasan mengapa orang enggan pindah rumah yang kedua karena pembelian pertama yang didambakan ini akan sangat sulit untuk melepaskannya.

Baca Juga: Review Film Full Time-Crowdednya sebagai Pekerja

Tempat Pertama Menggantungkan Harapan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, tentunya ada doa yang dimunajatkan terhadap hunian tersebut, misalnya sebagai hunian yang membawa keberkahan, mengalirkan rezeki, banyak kisah bahagia, dan sebagainya. Sehingga keinginan untuk berpindah ke tempat lain, menjadi berat untuk dilakukan.

Belum Cukup Dana untuk Membeli di Tempat Lain

Alasan mengapa orang enggan pindah rumah yang keempat adalah kurangnya dana untuk membeli rumah lagi. Pasalnya harga properti ini terbilang kerap stabil dan cenderung naik. Sehingga membutuhkan persiapan keuangan yang mantap untuk bisa membeli hunian baru.

Belum bertemu tempat yang cocok sebagai penggantinya

Pastinya kita pernah mendengar bahwa urusan jual beli rumah itu, cocok-cocokan atau pasti nanti ketemu jodohnya antara si penjual dan si pembeli. Tidak bisa diprediksi kapannya. Bisa cepat, mungkin juga lambat. Perjuangan dan ketekunan diperlukan bila memang ingin menjual rumah.

dok poster: IMDb

Kelima alasan mengapa orang enggan pindah rumah di atas, juga tergambar dari film pendek yang berjudul Belle River. Film dokumenter berdurasi 11 menit dengan menggunakan bahasa Perancis ini, mengisahkan tentang masyarakat Pierre Part yang terkena musibah banjir. Rumah-rumah penduduk tergenang air cukup tinggi.

Baca Juga: Review Film Clandestine 

Short movie yang mulai ditayangkan pertama kali di acara Festival Film Pendek Internasional Clermont-Ferrand 2022 ini, menggambarkan bahwa apapun keadaan hunian tempat mereka tinggal, mereka tidak ingin untuk pindah rumah. Usaha dilakukan untuk menanggulangi banjir tersebut dengan bergotong royong. Dan ditutup dengan kehangatan dengan orang terkasih bahwa menikmati hari tua di rumah itu, dengan tetap tersenyum. 

Komentar

Komen Blog readitu.com
Farida Pane mengatakan…
Aku biasanya males pindah rumah karena ribet beberesnya. Tapi kalau udah nemu tetangga yang akrab gini memang sayang kalau dilepas, ya
Komen Blog readitu.com
Keke Naima mengatakan…
Dulu saya pernah tinggal di kompleks yang rawan banjir. Menariknya sampai sekarang masih banyak yang betah tinggal di sana. Bukan karena gak punya uang untuk pindah, lho. Tapi, karena suasananya dengan tetangga yang guyub. Kalau saya bersyukur, orangtua memilih pindah. Gak betah juga sering kebanjiran. Tapi, sampai sekarang masih suka bersilaturahmi dengan tetangga lama
Komen Blog readitu.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Cuma 11 menit?
Nonton ah
Selama ini sering bingung ngelihat orang yang gak mau pindah dan direlokasi
Padahal lokasi rumah nya sangat gak nyaman
Komen Blog readitu.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Kalau fasilitas lengkap, lingkungan enak aku ya malas pindah,. Pengalaman beberapa kali pindah, yang namanya pindahan menguras energi dan uang haha. jadi kalau udah dapat yang cocok ya udahlah stay aja :D
Komen Blog readitu.com
Ririn Wandes mengatakan…
Kadang memang lebih nyaman jika sudah berada di rumah yang sama terus. Benar banget nih alasannya apalagi kan memang bisa jadi budget buat beli rumah baru belum ada dan akan repot mau adaptasi dengan tetangga baru lagi.
Komen Blog readitu.com
Ayah Ugi mengatakan…
Malas mau pindah rumah karena sudah nyaman di rumah lama,terus rumah lama juga udah ditambah renovasi.
Komen Blog readitu.com
Annie Nugraha mengatakan…
Kalo sudah nyaman dengan lingkungannya memang berat untuk pindah. Untuk saya sih harus tinggal di tempat sekarang karena mendekat ke kantor suami. Tujuannya agar suami tidak lelah, ngabisin banyak waktu buat transportasi dan aman jika ada hal-hal urgent yang butuh penanganan cepat. Kalau suami dah pensiun, pengen segera pindah hahahaha.
Komen Blog readitu.com
Dee_Arif mengatakan…
Sebelum menempati rumah sendiri, aku pernah 3x pindah
Asli capek banget
Paling malas saat pindah adalah harus packing dan upacking barang
Komen Blog readitu.com
Ila Rizky mengatakan…
Kalau udah sering kebanjiran sih kayaknya harus bener2 pindahan ya. Dulu aku juga pernah ngalami banjir pas di rumah simbah, sampe sering masuk air ke kamar. Untung pas SMP pindah rumah dan bisa adaptasi dengan lingkungan baru

Filmnya bikin penasaran nih mba. Jadi pengin nonton
Komen Blog readitu.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Karena sudah terlanjur nyaman juga tinggal di rumah itu. Jadi malas buat pindah-pindah lagi. Apalagi kalau kitanya juga yang termasuk orang yang susah beradaptasi.
Komen Blog readitu.com
lendyagassi mengatakan…
Pindah rumah memang terasa berat sekali. Selain prosesnya yang melelahkan, tentunya kalau pindahnya ke rumah yang kurang sesuai dengan standard rumah hunian idaman, makin terasa gak mudah.
Komen Blog readitu.com
nurul rahma mengatakan…
aku jg nyaman bgt d lingkungan rumah ini.
tetangga juga asik dan baik
Komen Blog readitu.com
Emma Malika mengatakan…
Iya saya tipe yang sulit untuk beradaptasi dengan suasana baru, jadi kudu perlu waktu untuk mengenal gitu
Komen Blog readitu.com
Khoirur Rohmah mengatakan…
Belum ngerasain pindah rumah
Tapi kalau misal diberikan kemudahan mau punya hunian pertama berharap sih lingkungan sekitar orangnya bisa welcome dan hangat gitu
Dan terpikirkan seandainya mau pindahan seperti opsi mau kontrak rumah khawatirnya bakalan penyesuaian lagi dari 0 gitu
Komen Blog readitu.com
Elisa mengatakan…
Yap, lingkup jadi faktor paling penting sih, ya... meskipun saya sendiri tipe tetangga yang jarang keluar rumah untuk bersosialisasi, tapi tetap, punya tetangga yang tenang dan nggak kepo jadi faktor penting ketika mau pindah rumah, tapi faktor utamanya tetap perkara dana sih 😆
Komen Blog readitu.com
Rafahlevi mengatakan…
pernah ngalamin pindah-pindah rumah karena rumahnya daerah banjir dan itu ga enak hehe..
alhamdulilah sekarang sudah punya rumah sendiri jadi ga pindah-pindah lagi rumah..

kadang pindah rumah itu emang pr banget dari mulai beberes ulang sampe sosialisasi ngulang dari nol juga hihi
Komen Blog readitu.com
Irawati Hamid mengatakan…
saya kalo udah dapat rumah yang nyaman dan lingkungan yang asyik juga bakalan ogah pindah soalnya jangankan pindah rumah, pindah kost-an ajah riwehnya minta ampun plus makan biaya pula
Komen Blog readitu.com
GE MAULANI mengatakan…
Bener banget kak, saya pengen pindah rumah sayangnya belum ada dananya sih. Harus nabung dan kerja keras dulu jadinya