Ini Manfaat Puasa: Atasi & Cegah 6 Gangguan Kesehatan

Manfaat puasa untuk cegah atasi penyakit

Apa iya manfaat puasa dapat mengatasi penyakit dan gangguan kesehatan? Mengapa tidak. Saat mendengar kata “puasa”, perasaan bahagia langsung tampak. Puasa dipahami sebagai menahan diri dari makan, minum dan hal yang membatalkan lainnya. Dimaknai pula sebagai upaya pengendalian diri dari hal yang buruk, dan yang utama adalah tanda mengikuti perintah sebagaimana termaktub dalam Al Quran surat Al-Baqarah ayat 183, yang terjemahannya:

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dalil berpuasa di atas, menjadi kewajiban yang harus kita lakukan sebagai umat muslim di bulan Ramadhan. Salah satu ibadah yang unik ini selalu dinanti umat muslim di mana saja karena banyak keberkahan di dalamnya. Bila memaknai tentang puasa itu sendiri banyak mengandung manfaat, khususnya terkait kesehatan. Sebab pelaksanaan puasa yang dilakukan kurang lebih 14 jam ini, dapat memberikan efek positif terhadap fisik dan mental yang beberapa diantaranya ialah menurunkan berat badan secara sehat, sebagai detoksifikasi tubuh, gula darah terkontrol, serta dapat mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan berikut ini:

Manfaat puasa untuk cegah atasi gangguan kesehatan

Gangguan Radang Tubuh

Ceki-ceki melalui laman Alodokter menggunakan internet provider terbaik, puasa bermanfaat untuk atasi gangguan radang yang terjadi pada tubuh misalnya: radang rongga hidung, artritis (radang sendi), radang amandel, radang kandung empedu, dan radang otot. Eksperimen ilmiah dilakukan kepada 13 pasien penderita rematik yang menjalankan puasa selama 7 hari, memberikan efek positif radang sendi yang membaik, dan kecepatan pengendapan di dalam sendi-sendi berkurang. 

Gangguan Mental

Atasi dan cegah gangguan kesehatan dengan berpuasa selanjutnya adalah terkait permasalahan mental. Data badan kesehatan dunia WHO tahun 2016 menunjukkan bahwa yang terkena depresi 35 juta orang, skizofrenia 21 juta orang, bipolar 60 juta orang, demensia 47,5 juta orang. Permasalahan kesehatan mental ini tentunya tidak bisa diabaikan, karena berdampak pada masa depan si penderita juga. Oleh karena itu, upaya untuk mengatasi dan pencegahan bisa dilakukan, salah satunya dengan berpuasa. Saat puasa diterapkan, aliran darah ke otak lebih bersih sehingga pikiran lebih jernih, dapat menurunkan stres dan tingkat depresi, kontrol diri lebih terlatih, jiwa lebih tenang, dan kemampuan berpikir meningkat.

Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Puasa

Penyakit terkait Otak

Siapa sangka, berpuasa dapat membantu kesehatan dan fungsi kognitif pada otak kita. Pembersihan sel rusak pada tubuh lalu digantikan dengan sel baru lebih sehat, atau dinamakan autophagy, sehingga kondisi tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini juga dapat menghindarkan dari Alzheimer dan Parkinson. Lebih lanjut saya rangkum dari laman HelloSehat melalui internet provider terjangkau ini bahwa, kerusakan otak seperti cedera otak dan risiko stroke dapat dikurangi juga dengan berpuasa.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Gangguan Asam Lambung

Pelaksanaan puasa dimulai semenjak terbit hingga terbenamnya matahari, menyebabkan waktu makan kita menjadi teratur. Akibatnya, gangguan pada lambung seperti maag, GERD (gastroesophageal reflux disease) dapat diatasi dan dicegah dengan berpuasa. Tentunya hal ini didukung dengan cara berpuasa yang sehat dengan tidak melewatkan makan sahur, tidak menunda waktu berbuka, perhatikan asupan bernutrisi dan hindari makanan yang akan membuat naik asam lambung, makan tidak terburu-buru, dan jangan tidur usai makan.

Penyakit terkait Paru-paru

Paru-paru dapat menjadi lebih sehat dengan berpuasa. Pengaruh ini dapat meningkatkan fungsi paru-paru lebih baik karena sistem daya tahan tubuh yang terjaga. Apalagi kebiasaan merokok jadi berkurang ketika berpuasa, sehingga penyakit terkait paru-paru dapat diminimalisir seperti tuberculosis dan asma.

Penyakit Jantung

Selain pola hidup sehat, penyakit jantung dapat diatasi dan dicegah dengan berpuasa. Hal ini dikarenakan kadar lemak lebih terkontrol, tekanan darah sistolik (tekanan ketika jantung memompa darah) menurun dari 132.9±16 mmHg menjadi 129.9±17 mmHg, dan terhindar dari rusaknya pembuluh darah (atherosclerosis).

Manfaat puasa untuk cegah atasi penyakit apa saja

Keberkahan dengan melaksanakan puasa secara rutin, memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh, tentunya dengan imbangi juga penerapan pola hidup sehat. Cek kesehatan secara berkala baik secara langsung datang ke fasilitas kesehatan. Atau dapat gunakan website dan aplikasi untuk berkonsultasi dengan dokter melalui pemanfaatan IndiHome sebagai internet provider yang mendukung, agar saat melaksanakan puasa dalam kondisi yang prima. Terlebih lagi, selain puasa wajib di bulan Ramadhan, terdapat pula jenis puasa sunnah yang bisa kita kerjakan, seperti:

  • Puasa Daud (Hari ini berpuasa, esoknya tidak. Begitu selanjutnya).
  • Puasa setiap hari Senin dan Kamis.
  • Ayamul Bidh, puasa yang dilakukan setiap tanggal 13-14-15 atau pertengahan bulan kalender Hijriah.
  • Puasa Syawal: selama 6 hari di bulan Syawal.
  • Dua puasa sebelum lebaran Idul Adha yaitu puasa Tarwiyah (puasa pada tanggal 8 Zulhijjah) dan puasa Arafah (puasa pada tanggal 9 Zulhijjah).
  • Puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram

Baca Juga: Pentingkah HKSR untuk Remaja dan Disabilitas? 

Jadi sambil mengisi waktu menunggu berbuka puasa bisa gunakan internet provider dari Telkom Indonesia untuk menyimak kajian, maupun mencari informasi bermanfaat lainnya. Internet provider terbaik ini menyediakan berbagai macam paket internet yang dapat diandalkan untuk memenuhi aktivitas digital kita. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan maupun bulan lainnya. Semangat meraih berkah manfaat berpuasa yang dapat atasi dan cegah 6 gangguan kesehatan.

 

Sumber materi kesehatan:

  • https://yankes.kemkes.go.id 
  • https://hellosehat.com
  • https://www.cnnindonesia.com  

Komentar

Helena mengatakan…
Masya Allah ini loh uniknya puasa. Kalau dipikir apa gak menyiksa kok ga boleh makan tapi ternyata malah baik untuk tubuh. Puasa ramadhan ini menyehatkan yah, asal jangan lupa sahur dan bukanya.
Nia Laila mengatakan…
Wajar jadinya bila salah satu rukun Islam adalah mengerjakan puasa, karena manfaatnya banyak.
Menunggu waktu berbuka pun tak lagi membosankan bisa lihat info favorit di internet lewat wifi rumah IndiHome
Yonal Regen mengatakan…
Alhamdulillah banyak sekali manfaat dari puasa yang dapat kira rasakan termasuk dalam masalah kesehatan, apalagi jika ditunjang dengan pola makan dan pola hidup yang baik, insyaAllah sehat, ya
Gita Siwi mengatakan…
Puasa ramdan ini memang Masya Allah ya, Allah mudahkan aja ,kita dengan berbagai niat tuk kebaikan. Semoga makin sehat yang sakit, yang sehat makin terkontrol pola makannya, Aamiin 😇😍
Deeva Collection mengatakan…
Masya Allah, selalu ada hikmah dna manfaat dari setiap yang kita kerjakan. Masya Allah, ternyata puasa sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bisa puasa ga cuma di ramadhan saja ke depannya. Aamiin
Indra DP mengatakan…
Masya Allah banyak sekali ya manfaat puasa bagi kesehatan. Semoga kita diberikan kelancaran dalam menjalankan puasa ramadhan tahun ini. Aamiin
deamerina mengatakan…
Baru tahu kalo puasa punya manfaat juga ke jantung dan paru. Aku kira cuma lambung aja 😅
HendraDigital mengatakan…
Subhan Allah, ibadah puasa ini memang manfaatnya dahsyat banget untuk kesehatan tubuh. Dari yang biasa kena maag, ketika berpuasa kok malah nggak kumat. Nulis artikel juga jadi lebih fokus saat puasa. Bisa dibilang puasa ini adalah proses detox alami dari dalam tubuh. Lemak-lemak di dalam tubuh dikikis habis dijadikan energi oleh tubuh. Mantap dah.
Ririn Wandes mengatakan…
Banyak banget manfaat puasa ya, Mba. Kita beruntung banget nih yang bisa puasa maka bisa merasakan langsung begitu banyaknya manfaat untuk kesehatan dan bahkan cegah atasi penyakit juga nih.
Indri mengatakan…
Makin bertambah lagi nih informasi tentang puasa, ternyata manfaatnya begitu banyak dan bisa cegah penyakit tertentu, jd makin semangat deh puasanya
April Hamsa mengatakan…
Memang Islam agama yang sempurna, semua udah diatur. Tuhan memerintahkan puasa gak sekadar nahan lapar dan haus tapi ada sesuatu yang lebih besar yang dianggap-Nya akan baik buat umat-Nya. Salah satunya utk kesehatan yaa.
Andiyani Achmad mengatakan…
dengan berpuasa kita me-reset fungsi tubuh dan tentunya bikin tubuh lebih sehat
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Aku setuju kalau sebenarnya puasa itu malah bikin sehat asal dilakukan dengan persiapan yabg benar pula. Kalau sampai sakit gara2 puasa, berarti ada yang salah dengan persiapannya atau tidak menjaga kesehatan selama puasa
Suci mengatakan…
Jadi tak ada alasan untuk seorang muslim untuk ngga berpuasa ya. Selain karena kewajiban, manfaatnya juga banyak terutama untuk kesehatan.
Tapi dengan cacatan puasanya dilakukan dengan benar. Kalau tidur mulu, yang ada badan malah sakit, ya, hehee
Deeva Collection mengatakan…
Asya Allah sehat ternyata bisa didapatkan dengan puasa. Apakah karena puasa berbeda denga saat tidak puasa ya. Saat tidak puasa apapundi konsumsi dalam sehari, tidak bisa mengontrol diri. Yuk puasa seywlah ramadhan juga
Damar Aisyah mengatakan…
Puasa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan karena organ-organ diistirahatkan. Ada fungsi detox juga. Makanya intermitten fasting juga jadi metode diet yg baik dan sehat. Biasanya 7-10 hari pertama yang berat karena tubuh masih detox, seterusnya malah bugar.
www.grandysofia.com mengatakan…
alhamdulillah berpuasa membuat badan lebih fit dan juga lebih melatih konsentrasi, ini sih yg aku rasain. Asalkan sahur dan berbukanya dengan makanan dan minuman yang cukup ya
Gusti yeni mengatakan…
Puasa memang banyak manfaat bagi kesehatan, Islam sudah mengatur semuanya yaa selama 11 bulan kita bebas makan minum 1 bln puasa supaya organ kita sehat
Han mengatakan…
Emang Allah bener2 Pencipta yang Maha yaa kak. Puasa jadi salah satu kegiatan buat detoks tubuh, bangga banget rasanya bisa ikutan puasa
Arai Amelya mengatakan…
Eh bener lho, orang asam lambung yang puasa bisa bikin pencernaannya lebih kuat. Mamaku ini Alhamdulilah meskipun GERD, puasa Ramadan dan agak berkurang. Emang lebih baik puasa itu diisi dengan melakukan hal-hal bermanfaat yak, bahkan internetan sama IndiHome-pun kudu yang bermanfaat
Dee_Arif mengatakan…
Masyaallah, ternyata puasa punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kita ya mbak
Adanya internet cepat dan stabil dari IndiHome ini membuatbkita bisa mengisi puasa dengan kegiatan yang positif ya mbak
Retno Kusumawardani mengatakan…
Baru tahu ternyata manfaat puasa sehebat itu ya, jadi makin semangat puasanya...
Siti Mustiani mengatakan…
Masya Allah banyak yaa ternyata manfaatnya, pahala dapat kesehatan untuk tubuh juga dapat terutama mencegah berbagai macam penyakit.
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllah~
Dengan adanya perintah shaum ini tentunya bukan bermaksud untuk membuat hambaNya sulit ya. Tapi justru membantu manusia untuk memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dimana sumber penyakit nyatanya dari makanan yang dikonsumsi. Dengan internet cepat dan stabil IndiHome, banyak informasi yang bisa diakses. Sehingga membuat penggunanya semakin bijak.
R Palupi mengatakan…
Puasa emang canggih ya kak. Aku kalau gak puasa asam lambung sering naik tapi pas puasa justru enggak, padahal gak makan minum seharian full. Masyaa Allah.
Happy mengatakan…
alhamdulillah ya, banyak manfaatnya. paling nggak kalaupun kita males puasa, ada ramadan yang bisa bikin lebih sehat
lithaetr mengatakan…
Puasa bisa memang mencegah penyakit kok, karena kayak detox alami. Apalagi kalau konsultasi kesehatannya didukung sama layanan internet yang mantap, sudah enak dah.
Maria G Soemitro mengatakan…
Baru seminggu puasa udah kerasa banget manfaatnya
Karena puasa menjadi detox bagi tubuh
Pasca puasa Ramadan mau puasa SeninKamis ah, amin
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Soal diabetes ini, aku emang sangat yakin puasa bisa meringankan nya. Soalnya bibiku yang punya kadar gula tinggi selalu berpuasa untuk menurunkan kadar gulanya. Dan itu berhasil.
Annie Nugraha mengatakan…
MashaAllah. Dengan manfaat pada kesehatan yang sedemikian banyak, tidak ada alasan lagi untuk kita untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Yakin bahwa dibalik semua ajaran kebaikan tersimpan banyak manfaat bagi kehidupan.
Terlepas manfaat puasa menurut riset para ahli, saya percaya kalau puasa pasti memberi dampak yang baik bagi tubuh. Alasannya, diperintahkan langsung oleh Ia Yang Menciptakan manusia (tentu sebagai pencipta, Ia tahu yang terbaik bagi hamba-Nya). Lalu, mengingat-Nya dgn beribadah, memberi dampak positif bagi jiwa sehingga raga pun menjadi lebih sehat. Masya Allah
YSalma mengatakan…
Sangat banyak manfaat puasa bagi tubuh menurut medis. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan puasa pada bulan Ramadhan yang juga penuh kebaikan-kebaikan lain yg menanti.
Jika ingin meyakinkan tinggal browsing lagi ilmunya dengan internet yang sudah di genggaman.
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya pernah dengar ada yang berucap, ngapain puasa, bikin haus dan lapar, juga menyiksa diri saja.
padahal dibalik puasa itu, banyak sekali manfaat ya, Mbak. banyak mencegah berbagai penyakit. Selain itu banyak mendapat pahala juga, terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah.
Goresan hati mengatakan…
Wah ternyata puasa justru bisa mencegah banyak penyakit ya. Masya Allah banget. Beruntungnya yang bisa puasa penuh selama Ramadan. Tubuh makin sehat dan kuat
Triani Retno A mengatakan…
Masya Allah. Bener-bener yaaa, perintah Allah pada manusia itu akhirnya kembali untuk kebaikan manusia itu sendiri.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Puasa cuma satu bulan dan itu waktunya untuk detox badan dari racun2 yaa. bahkan di dunia medis kalau mau operasi aja puasa, maka gak salah kalau puasa itu gak cuma mengada2 tapi emang ada manfaatnya.
Dee_Arif mengatakan…
Alhamdulillah, ternyata puasa punya banyak manfaat bagi kesehatan kita ya mbak
Saat puasa, tak hanya mendapatkan pahala saja, tapi juga menyehatkan badan
Khoirur Rohmah mengatakan…
Aku juga pernah baca hal ini mbak,
Benar memang puasa banyak manfaatnya untuk kesehatan,
Berharap smoga puasaan ini diberikan tubuh sehat supaya bisa menjalankan ibadah puasa hingga akhir, amiin
Mutia R mengatakan…
Semoga dengan berpuasa, organ-organ tubuh kita lebih sehat ya mba. Begitulah salah satu tujuan puasa, yaitu detoksifikasi tubuh.

Menarik juga, selain Ramadhan, ada juga puasa Senin Kamis, puasa daud, puasa asyura, dan sebagainya.
Ririn Wandes mengatakan…
Setuju banget Mba makanya sangat dianjurkan dalam ajaran agama untuk berpuasa selain untuk kesehatan dan bisa mengingatkan kita bagaimana orang-orang yang susah bisa bertahan menahan laparnya.
Ila Rizky mengatakan…
Dulu juga aku punya riwayat sakit maag, tapi setelah puasa malah membaik, alhamdulillah badan lebih enakan. Jadi puasa emang bikin badan lebih sehat yah
R Palupi mengatakan…
Puasa juga membantu mengatasi penyakit asam lambung. Sudah terbukti sejak ramadan dan berpuasa ini asam lambungku justru nggak pernah kambuh.
Pida Alandrian mengatakan…
Masya Aallah, selalu ada kebaikan dan hikmah dari apa2 yang kita niatkan untuk kebaikan yaa mba, terutama dalam berpuasa..
Diah Alsa mengatakan…
MasyaAllah, begitu banyak ya manfaat puasa bagi kesehatan kita.
harus banyak bersyukur ada bulan puasa sebagai obat mujarab untuk berbagai penyakit.
Nur Asiyah mengatakan…
manfaat puasa sangat banyak dan alhamdulillah turut merasakan. Apalagi tentang mental. Lebih banyak bersyukur dan terlatih untuk mengendalikan emosi. Kadang saat anak ngereog pun aku tak ikut ngamuk, berusaha sabar dan lebih mengerti.
Mporatne mengatakan…
Rajin puasa tidak pernah rugi malahan kesehatan makin prima dan ok.
Emang ya mbak, Selalu ada hikmah dibalik perintah yang Allah berikan kepada kita termasuk berpuasa ini. Saya sendiri merasakannya. Biasanya kalau hari biasa penyakit lambung saya mudah banget kambuh, Alhamdulillah di bulan Ramadan malah gak pernah.
Deeva Collection mengatakan…
Masya Allah, dibalik puasa yang terkadang kita rasakan menyiksa, ternyata sebaliknya, memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tidak main-main, manfaatnya ke bagian tubuh yang sangat vital (Sugianto)
Inda Chakim mengatakan…
Alhamdulillah banyak banget ya manfaat dari puasa. Udah dapet pahala trus juga ternyata berpengaruh positif juga ke kesehatan.
Raja Lubis mengatakan…
Terlepas dari riset ilmiahnya, secara pribadi memang puasa itu pengaruh banget ke kesehatan. Mungkin karena waktu makan dan minum kita sangat teratur, serta kita juga memerhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh kita.
Dee_Arif mengatakan…
Alhamdulillah ya
Sebulan penuh kita berpuasa nggak hanya mendulang pahala
Tapi juga jadi salah satu cara agar tubuh jadi sehat
Rey - reyneraea.com mengatakan…
Banyak banget ya manfaat puasa, bukan sekadar menahan lapar dan dahaga, serta memperoleh pahala . Juga sangat bermanfaat mencegah banyak penyakit, dan memang saya rasakan juga nih, rajin puasa bikin badan jadi lebih enteng
lendyagasshi mengatakan…
Alhamdulillah,
Semakin semangat dalam mengejar pintu surga yang dibukanya bisa dari mana saja termasuk dari amalan shaum. Semoga senantiasa konsisten dalam mengerjakan amal sholih sepanjang hayat.
Barakallahu fiik~
Eka Rahmawati mengatakan…
Buat orang yang belum paham, puasa sering disangka nggak punya manfaat kesehatan. Sekadar untuk menjalankan perintah agama aja. Tapi kalo dicari tahu lebih dalam justru ada banyak sekali ya manfaatnya
Irawati Hamid mengatakan…
ternyata banyak manfaat yang tersembunyi dari kegiatan berpuasa ini yaa. paket combo deh, sehatnya dapat pahalanya juga dapat
Aisyah Dian mengatakan…
Betul sekali kak, memang ya dengan berpuasa Kita malah terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan Kita ya
Risalah Husna mengatakan…
Kalau sudah perintah Allah, sudah dipastikan pasti banyak ibrahnya. Puasa ini ajang latihan biar kita ga kalap makan melulu, biar tubuh punya waktu istirahat, insya Allah efeknya jadi lebih sehat
Insya Allah tidak ada syariat dalam agama kita yang mendatangkan penyakit justru jadi jalan sehat semua. Utamanya puasa ini.
Hallowulandari mengatakan…
alhamdulillah yaa, puasa banyak manfaatnya. bisa jaga kesehatan dan berasa meringankan tubuh diakhirnya ya hihi.
Eri Udiyawati mengatakan…
Sebagai penderita gerd, adanya puasa tuh bikin legaan lambungku lho. Memang kadang masih terasa mual, tapi enggak apa-apa. Dan badan juga makin terasa ringan, enggak berat banget rasanya.
Farahdjafar mengatakan…
Semoga selalu sehat yah kak dalam menjalankan puasa. Aamiin
Berpuasa supaya tidak khilaf makan semua yang ada di meja hehehe
Antung apriana mengatakan…
masyaAllah kalau perintah Allah itu pasti ada kebaikannya ya, buat tubuh kita. kayak puasa ini yang bisa jadi masa untuk detox tubuh kita dari berbagai jenis konsumsi yang tidak baik untuk kesehatan
Irawati Hamid mengatakan…
benar banget, Mba. Salah satu hikmah kita berpuasa adalah kita akan mendapatkan kesehatan. insyaallah yaa
Keke Naima mengatakan…
Waktu kecil pernah dengar kalau puasa bisa bikin sakit buat yang punya maag. Untungnya pemahaman ini gak kebawa sampe besar. Karena sebetulnya kalau dijalankan dengan benar, insyaAlah puasa justru menyehatkan
Emma Malika mengatakan…
Betul dik puasa adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang murah meriah tapi klo dilakukan dengan niat maka plus pahala insyaAllah.
lendyagasshi mengatakan…
Dulu pernah ada salah seorang sahabat yang sakit lambung parah. Lalu saat berobat ke dokter, malah diminta untuk perbanyak shaum. Tentunya dengan jadwal makanan dan nutrisi yang terpenuhi dengan baik. Alhamdulillah, rutin dilakukan selama 6 bulan, tampak ada perubahan menjadi lebih baik.

MashaAllah~
Sejak saat itu, ia selalu membagikan pengalamannya tersebut mengenai kehebatan dan hikmah puasa secara rutin.
Inda Chakim mengatakan…
MasyaAllah pokoknya mah ya. Allah tu ngasih perintah pasti ada kebaikannya, banyak manfaat di dalamnya ya, mbak.
Lita Chan Lai mengatakan…
Manfaat berpuasa pastinya setiap orang akan merasakan pada dirinya sendiri. Seperti aku, yang pengen banget turunin berat badan 10 hari puasa alhamdulillah berhasil.
Ila Rizky mengatakan…
Puasa bisa bikin badan lebih sehat ya, nggak gampang sakit2an juga. Malah makin sehat badannya setelah puasa sebulan
Dita Indrihapsari mengatakan…
Banyak banget manfaat puasa baik buat fisik kesehatan sampai mental ya. Berasa sih pas puasa ramadhan gini, badan bisa tetep seger walaupun gak minum seharian..
Lia Yuliani mengatakan…
Masyaallah banyak banget manfaat puasa untuk kesehatan organ tubuh Kita ya Mba. Dari Paru-paru, otak, secara psikis juga. Dengan keutamaan puasa yang banyak pastinya bersyukur bisa dikasih kesempatan berjumpa ramadan tahun ini
Cindy Vania mengatakan…
puasa tuh kayak detox jadinya loh. asal sahur dan bukanya bener ya mbak :D
akupun selama masa prapaskah ini puasa dan pantang terus, badan lumayan enak. Bikin ngerem mulut dan kepala yang kebanyakan mau, hihihi
iyan'blogs mengatakan…
berpuasa memang mangandung banyak manfaat, dan beruntunglah bagi yang menjalankan ibadah puasa
kang ᗪirman mengatakan…
Seneng banget baca artikelnya. Soalnya katanya kalau begitu datang bulan puasa dan yang terbayang adalah bahagia menyambut manfaatnya, kita termasuk yang beruntung, kak.. semangat ya puasanya! :)
kataresi mengatakan…
Puasa penuh berkah, ada manfaat baik dibalik puasa yg sudah ditentukan allah swt ya ka. Semoga kita semua diberi sehat
Aprillia Ekasari mengatakan…
Aku kalau bukan bulan puasa kan diet IF ya yang pakai jendela makan. Menahan puasa beberapa jam itu aja badan enakan, apalagi puasa full kyk pas Ramadan ini, Badan jd lebih enteng deh krn badan melakukan detox yaa jd penyakit2 pada jauh2.
Leyla Hana mengatakan…
Puasa memang menyehatkan. Insya Allah aku mau lanjut puasa setelah Ramadan ini. Biar bisa hilang lemak-lemak berlebih di tubuhku ini.
Indri mengatakan…
Selain godaan dari sale aku juga harus waspada nih dgn gangguan kesehatan yg bakal dtg saat puasa, semoga Ramadan ini berjaln lancar setelah membaca tips dari blog ini
Nabilla DP mengatakan…
memang banyak banget ya manfaat puasa, alhamdulillah semoga kita semua lancar dalam menjalani ibadah di bulan puasa ini yaa mba
duniaeni.com mengatakan…
Aku nyimak dari ustad zaidul akbar memang banyak manfaat puasa buat kesehatan tubuh, badan juga terasa ringan ya, aku ngerasain enak badan
Sri Al Hidayati mengatakan…
Banyak sekali manfaat dari puasa masyaAllah, selain menyehatkan juga berpahala. Allah juga pernah mengatakan bahwa puasa itu untuk-Ku, kalau amal ibadah yang lain kembali kepada kita sendiri
Elly Nurul mengatakan…
Asam lambung yang masih jadi PR banget buat aku, harus banget menghindari makanan dan minuman yang bikin asam lambung kumat huhu, tapi memang makan makanan yang sehat dan cukup itu penting, karena lambung juga punya cara kerja yang harus dimengerti oleh kita ya
Jiah Al Jafara mengatakan…
Puasa buat detoksifikasi, ini memang iya. Meski aku sendiri puasanya masih milih-milih sih. Kadang Senin Kamis, kadang hari tertentu kaya 10 hari di bulan Dzul Hijjah atau Rajab. Ya suka-suka, semampuku. Yang wajib tentu harus dikerjakan juga
Diah Alsa mengatakan…
puasa itu mencegah dari penyakit , bukan sebaliknya, MasyaAllah.
jadi gak perlu khawatir dong ya saat berpuasa karena InsyaAllah inilah sebenarnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
Indah Nuria Savitri mengatakan…
betul bangeeet mba.. aku yakin dan percaya kalau puasa membawa banyak manfaat bagi tubuh kita yaaa. Semoga kita selalu sehat dan makin taat beribadah
Irawati Hamid mengatakan…
sama banget dengan yang dirasakan suamiku, Mba. berpuasa bikin lambungnya enakan. btw, suamiku juga penderita gerd
Aprillia Ekasari mengatakan…
Bener nih, picik banget org yg gak tau soal puasa suka komen kalau Islam adalah agama yang menyiksa, padahal puasa bikin sehat. Bahkan penelitian2 ilmiah sudah banyak yang membuktikan.
Echi Mustika mengatakan…
Aku selama bulan Ramadan kebiasaan buruk ngopi jadi berkurang yang tadinya setiap hari sekarang bisa berkurang lah dua atau tiga kali sehari
Lita Chan Lai mengatakan…
Ya ampun...manfaat berpuasa banyak juga untuk kesehatan badan ya. Meskipun berjuang dengan lapar dan haus manfaatnya buat kesehatan tubuh dan memdapat pahala besar ya.
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Luar biasa memang manfaat berpuasa. Berbagai macam gangguan kesehatan bisa disembuhkan dengan puasa ya. Yang penting harus kuat mengendalikan diri untuk tidak berlebihan saat berbuka.
Siska Dwyta mengatakan…
Maa syaa Allaah dibalik aturan yang Allah tetapkan ternyata menyimpan banyak kebaikan dan manfaat ya termasuk adanya anjuran berpuasa ini yang terbukti justru menyehatkan tubuh
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Alhamdulillah keberkahan adanya puasa bagus buat tubuh dan juga jiwa kita ya mba. Aku pun berasa puasa malah semakin lebih terasa sehat
Arina Mabruroh mengatakan…
MasyaAllah.. banyak hikmah di balik ibadah yang berat ini.
Manfaatnya bahkan tak hanya untuk fisik tapi juga jiwa kita. MasyaAllah.. memang semuanya sudah diatur sedemikian sempurna ya sama Allah
Novitania mengatakan…
Masya Allah ternyata banyak banget ya manfaat puasa. Salah satunya mengatasi dan mencegah berbagai penyakit. Alhamdulillah juga bisa menurunkan berat badan
Nimas Achsani mengatakan…
kalau dipikir2 memang puasa itu unik ya mbak, kelihatnnya tahan lapar dan haus berjam-jam ternyata punya manfaat kebaikan untuk tubuh kita, masya Allah
Ayah Ugi mengatakan…
Betul, mbak. Apa yang diperintahkan dalam Islam, pasti ada hikmah baik di dalamnya
Indra DP mengatakan…
subhanallah,, banyak ya manfaat puasa bagi kesehatan. jadi yuk bismillah semoga ramadan ini semua dilancarkan puasanya
Yustrini mengatakan…
Banyak ya manfaat berpuasa untuk kesehatan juga. Puasa jadi bukan sekedar menahan haus dan lapar, tapi belajar juga untuk mengendalikan hawa nafsu dan makin mendekat sama Sang Pencipta.
Diah Alsa mengatakan…
benar banget ya, nahan lapar tapi malah jadi lebih sehat karena terhindar dari penyakit bahkan jadi pembersih dari penyakit yang ada ya. MasyaAllah.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Setuju, Kak. Ini bisa jadi suntikan semangat bagi kita dalam menjalankan ibadah puasa dan lain-lain. Karena kebaikannya nggak hanya untuk dunia dan akhirat. Tapi juga kesehatan.
Bambang Irwanto mengatakan…
Puasa ini tidak hanya meningkatkan keimanan kita pada Allah SWT ya, Mbak Eno, tapi juga membuat kita Insya Allah semakin sehat. Terbukti berpuasa bisa mengatasi berbagai penyakit. Masya Allah, Allah SWT telah memberi penyembuhan dari diri kita sendiri.
Aldhi Fajar mengatakan…
Salah satunya emmang mnaambah imun, karena sebenarnya puasa itu meperbaiki sel sel rusak yg ada dalam tubuh.
Didik Purwanto mengatakan…
Ternyata ga cuman lambung ya penyakit yg bisa disembuhkan dgn puasa. Emang puasa ini bs bikin badan kita lebih sehat sih ya.
April Hatni mengatakan…
Kalau aku sendiri setiap puasa selalu merasa lebih fresh dan bersemangat.
Yonal Regen mengatakan…
Sangat mengamini Kak Gita. semoga kita semakin sehat ya dengan adanya puasa di bulan ramadan ini, bukan sebaliknya, menjadi sakit karena pola makan dan pola hidup kita yang tidak tepat
YSalma mengatakan…
Banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berpuasa ya kak. Mungkin karena lambung 'beristirahat' dan jadwal bekerjanya teratur dengan asupan yang sehat selama menjalankan puasa.
Retno Kusumawardani mengatakan…
tapi emang kalau bulan puasa gini merasa badan lebih fresh, mungkin nkarena aku yang suka ngemil ini jadi berkurang ngemilnya alias berkurang juga memasukkan makanan yang kurang bermanfaat untuk tubuh, gorengen misalnya hehehe
hani mengatakan…
Baru-baru ini ada yg share informasi kalau puasa panjang kayak puasa Ramadan gini, malah menguatkan imunitas kita. Kita malah jadi lebih kuat menghadapi penyakit loh...
Harianeko.com mengatakan…
Setuju kak, puasa itu banyak manfaatnya bagi kesehatan terutama. Tapi pola makan kudu djaga.
Sabrina mengatakan…
saya mengalami asam lambung dan alhamdulillah lambungnya dapat diajak kompromi asal memang bener jangan menunda buka dan pastinya asupan nutrisinya wajib diperhatikan
Eka FL mengatakan…
puasa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. makanya gak aneh kalo dalam medis terutama menjaga berat badan, ada metode diet intermittent fasting, serupa puasa tapi tak sama. tujuannya sama-sama mengonsongkan perut dalam jangka waktu tertentu agar metabolisme tubuh terjaga dan organ tubuh gak kelelahan bekerja mencerna makanan.
Triani Retno A mengatakan…
Banyak banget ya manfaat puasa bagi kesehatan. Sayangnya, hobi "war" sebagian anggota masyarakat bikin sebagian orang lainnya merasa tertekan secara mental di bulan puasa. Kebetulan baru baca status beberapa teman yang kebetulan bumil dan busui, tentang gimana keluarga deket dan masyarakat sekitarnya membully verbal mereka yang tidak berpuasa karena faktor yang sebenarnya dibenarkan secara syariat.
Monica Anggen mengatakan…
Wah, baru tahu kalau puasa juga bermanfaat untuk kesehatan mental, paru-paru, bahkan gangguan asam lambung. Thank you untuk informasinya, Kak
Akarui Cha mengatakan…
Benarlah memang kalau sesungguhnya menjalankan ibadah puasa itu menyehatkan badan dan pikiran. Ternyata beneran bukan hanya pencernaan seperti lambung saja yang kondisinya terjaga sepanjang puasanya dilakukan dengan cara mengasup makanan yang baik dan tepat eaktu, bahkan kesehatan mental juga bisa terjaga.
Bundamami Devi mengatakan…
MasyaAllah, memang perintah Allah itu untuk kebaikan manusia sendiri, ya. Selain mendapat pahala, juga mendapat kenikmatan badan yang sehat. Double hasilnya.
Eri Udiyawati mengatakan…
Bahkan ya, dianjurkan beli sering sakit, sebaiknya kita berpuasa senin-kamis. Puasa itu manfaatnya luar biasa bagi kesehatan.

Dan bulan Ramadan ini, bukan hanya keaehatan tapi juga jadi ladang pahalbyang berlipat. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang dibutuhkan umatnya.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Setuju sih mba asal persiapan puasa juga dilakukan dengan benar. Kan bisa tuh cari2 informasi makanan sehat dan menjaga kesehatan selama puasa lewat internet. Jadinya biar saat puasa lancar
Naqiibatin Nadliriyah mengatakan…
Bener banget, Mbak. banyak manfaat kesehatan yang diambil dari adanya ibadah puasa. tetep sih pola makan kita yang utama ya Kak
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllah~
Yang punya keluhan sakit di beberapa bagian, memang terapi terbaiknya justru shaum ya... Ini keajaiban dari yang memberi perintah bahwa organ tubuh manusia bisa disembuhkan dengan puasa. Barakallahu fiik~
Goresan hati mengatakan…
Allah Maha Besar. Memang dasyat manfaat puasa ini buat kesehatan. Bukannya sakit malah tambah sehat. Dijauhkan dari penyakit. Masya Allah
Han mengatakan…
masyaAllaah bahkan sampe terkait ke permasalahan otak yaa mbaa, duh baru ngeh nih. noted banget ini mah manfaatnya
Fatimah Aqila mengatakan…
MasyaAllah luar biasa banget ya kak manfaat puasa ini bagi tubuh kita. Nggak cuma menahan rasa haus dan lapar ternyata kalau diteliti lagi justru ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika berpuasa.
Ririn Wandes mengatakan…
Setuju banget kak,kita puasa justru buat tubuh bisa makin sehat ya. Asal kita tahu jaga kondisi tubuh dan siapkan asupan makanan yang tepat. Duh kalo mental lagi penting banget terjaga nih apalagi saat puasa.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
Masya Allah, ternyata banyak manfaatnya ya yg bisa dirasakan. Jadi dapat pahal, plus dapat nikmat sehat juga ya kalau puasanya dijalankan sesuai aturan :)
Happy mengatakan…
iya sebenarnya kerasa banget lebih sehat puasa dibandingkan enggak, cuma kadang ngelawan rasa malesnya aja yang susah ya kalau puasa di luar ramadan tuh :'D
Wahyu Eko C mengatakan…
Masya Allah banget begitu banyak manfaat dari puasa untuk kesehatan, bahkan bermanfaat buat kesehatan otak juga
bu guru mengatakan…
Kebaikan puasa sungguh luar biasa ya mbak, kalau kata orang diet terbaik itu ya puasa..