Puasa di Rumah Aja, Yakin Gak Bosan?

(readitu.com) -- Puasa di rumah aja, yakin gak bosan? 

Ya siapa juga yang bilang gak bosan? Bosan… mungkin itu sifatmu…! Yups, itu penggalan lagu dari mendiang Nike Ardilla yang berjudul: Sandiwara Cinta (rilis tahun 1995 – sumber Wikipedia).

Bosan Dong, Please Mau yang Lain!

Rasa bosan alias jemu bin muak, yang pastinya pernah dirasakan oleh siapa saja. Rasanya tuh seperti berada di dalam suatu tempat yang semua monoton, makanya inginnya tuh suatu yang berbeda.

Lihat aja gara-gara Cinta mengenal Rangga di AADC-1, akhirnya Cinta merasa bahwa dirinya menjadi orang beda. Sejak gue ketemu lo, gue berubah jadi orang yang beda!”

Oleh karenanya muncul pikiran, gak mau begini saja, tanpa adanya perubahan. Padahal kalender aja berubah, masa kamu saat puasa di rumah aja? Kan gak asik.

[Baca Juga: Puasa Hari Pertama Ngapain Ya?]

Ya, hal yang lumrah sih, mengingat kedatangan virus covid-19 sudah memasuki tahun ketiga, yang berarti udah 3 kali puasa dan 3 kali lebaran juga, abang covid-19 gak mau hengkang. Padahal kan dalam liriknya, harusnya Bang Toyib, bukan bang Covid-19. Hadddeh, ngelawak dah ah di bulan Ramadhan, hehe.

Ada Triknya biar Puasa di Rumah Bebas Bosan

Baiklah, baiklah, nyengirnya udah dulu ya. Kita serius dikit nih, biar clear, bagaimana sih biar puasa di rumah aja itu tetap nikmat? Kalau menurut hemat daku, tidak terlalu sulit sih, triknya adalah:

Atur mindset bahwa di rumah aja itu asik loh. Ya menyenangkan untuk melakukan apa saja, dari baca buku, ngaji, kerja, masak, nyuci, dan sebagainya hingga waktu berbuka tiba… eh gak lama kemudian lebaran kan. (Lebaran itu maksudnya Hari Raya Idul Fitri ya, bukan lebaran yang lawannya panjangan. Maklum kata lebaran itu homograf, hehe).

Makin dekat bareng keluarga, ini jadi hikmah tersendiri kala melaksanakan puasa di rumah. Pasalnya Ramadhan yang datangnya hanya sebulan saja di setiap tahunnya, momen seperti ini akan makin berkesan, untuk sama-sama makin merekatkan lagi hubungan antar keluarga, misalnya bareng-bareng saat sahur, berbuka puasa, tadarus Al-Quran, menyiapkan hidangan, dan bahkan bisa solat berjamaah.

[Baca Juga: Tempat Ngabuburit Asik Minim Biaya

Namun, bila hati benar-benar tak sanggup lagi, ingin melanglang buana di bulan puasa ini, maka kembali lagi pada ketahanan tubuh masing-masing. Perhatikan juga aturan dalam perjalanan apa saja, sehingga tetap nyaman saat menjalankan ibadah Ramadhan.

Jadi bagaimana apakah kamu masih tetap, setia.. semoga kau lupakan daku cepat, setia.. kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk melupakanmuuuu... (Hiyyya, pada nyanyi dah di akhir, padahal kan harusnya bukan setia, hihi. Ya udah.., selamat berpuasa di rumah aja ya gaess)

Komentar

Yanti Alif mengatakan…
Betul banget nih mba melakukan kegiatan bersama sama keluarga dirumah meningkatkan hubungan kekeluargaan beribadah bersma ini yang dapat meningkatkan pahala yang baik dilakukan bareng keluarga
deddyhuang.com mengatakan…
kalau bulan puasa itu berasa lama banget ya misalnya gak ada kegiatan. makanya pas puasa ini memang perlu cari kegiatan tapi gak bikin kita capek fisik.
Hastin Pratiwi mengatakan…
Hahahaaa jadi ketawa baca lirik Sandiwara Cinta-nya Nike Ardilla. :D
Kalau aku sih tim orang rumahan, Mbak Fen, jadi gak masalah mau stay di rumah terus, Apalagi kerjaan juga serba online. Paling kalau mau jalan² ya tinggal muter aja sebentar ke jalan raya.
Betapa bahagianya orang² introver kek saya. *eeaaa
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Buat saya malah lebih enak puasa di rumah aja, nyaman, enggak kepanasan, bisa rebahan, hihihi...
Meski begitu, tetap berharap semoga pandemi segera berakhir...
Nuny Penguin mengatakan…
Puasa di rumah aja, malah kadang ga berasa juga soale ada aja yg di kerjain sama kerjaan beberes rumah 🤗. Tapi yang pasti jadi tambah deket sama keluarga bisa bukber tiap hari bareng.
Antin Aprianti mengatakan…
Aku kebetulan sehari-hari bekerja, jadi ga pernah bosen puasa atau buka puasa di rumah saja. Yang ada setiap hari pengen cepet-cepet pulang biar bisa buka puasa di rumah
sarrahgita mengatakan…
Wih ada soundtrack lagunya hihi. Saya jadi beneran ikut nyanyi lho wkwkw. Btw saya setuju banget nih kalo puasa di rumah itu ga membosankan karena tergantung sama mindset kita juga sih. Semoga lancar puasanya dan selamat menikmati kebersamaan dengan keluarga.
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Aku malah lebih suka di rumah mbak klw puasa. Soalnya klw siang panas banget di luar. Mau buka di luar, rame. Jadi mending di rumah aja. Keluar sesekali untuk beli kebutuhan rumah
Ayah Ugi mengatakan…
Puasa jarang di rumah, kecuali malam hari, Kak. Karena di lembaga zakat jadi all out, dengan aksi sosial. Kalau pas di rumah biasanya masak
Okti Li mengatakan…
Kalau saya sih sudah terbiasa rumah. Sejak menikah apalagi sudah punya anak di rumah saja adalah keseharian saya. Gak bosan dong Karen aac banyak aktivitas juga
Irawati Hamid mengatakan…
karena saya introvert, saya juga suka dan nyaman-nyaman aja puasa di rumah dan gak kemana-mana bahkan saaat ngabuburit
Ulfah Aulia mengatakan…
Malah gara2 si Abang Covid ini, bikin puasa kita jadi di rumah aja yaa kak. Namun gapapa banyak hikmahnya yg didapatkan dengan kita bisa dekat dan berkumpul bersama keluarga lagi, sejauh ini malah lebih baik… Tapi semoga si Abang covid cepat hengkang dari dunia ini yaa kak
Diaz Bela mengatakan…
Sebagai introvert, aku sih ngerasa gak masalah ya mau menghabiskan waktu puasa di rumah atau di luar. Tapi so far lebih seneng di rumah sih karena masih WFH juga dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan dari rumah juga kok, hehehe
Dila mengatakan…
Saya juga betah puasa di rumah aja. Malahan kayaknya waktu cepat bgt berlalu padahal masih banyak yg mau dikerjakan.
Priyani Kurniasari mengatakan…
Dulu saya termasuk yang nggak nyaman puasa di rumah karena banyak kegiatan di luar, Alhamdulillah sekarang bisa betah di rumah aja mba, soalnya banyak yang dikerjakan 😅
Bai Ruindra mengatakan…
Nggak bosan kak karena bisa melakukan banyak hal meski di rumah aja

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?