Ketika nge-ZAP Lebih dari Sekadar Perawatan

“Kok bisa udah gede baru kena cacar air?”

Kalau menjawab pertanyaan tersebut, tentu saya bingung jawab apa. Namanya qadarullah, saya hanya bisa pasrah ketika penyakit cacar air menimpa setahun yang lalu. Mungkin karena ketika kecil saya belum pernah kena, sehingga pas udah dewasa deh menimpanya.

Kita tentunya tidak siap dengan datangnya penyakit yang tiba-tiba muncul. Terlebih saat itu masih nuansa pandemi, dan saya sedang ada beberapa pekerjaan review produk yang mengharuskan diri tampil. Jadilah gerak cepat mengabari satu per satu PIC bahwa kondisi saya tidak memungkinkan untuk memenuhi pekerjaan itu. Sebab cacar air yang menimpa saya pada pertengahan tahun 2022, tidak hanya mengenai pada badan saja, tetapi hingga ke wajah. Ya, keikhlasan dan kesabaran saya harus melepaskan rejeki tersebut. 

gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

Berbagai cara saya lakukan agar bisa sembuh dengan cepat. Dari yang namanya konsumsi obat tradisional minum campuran madu+telur ayam kampung dan air kelapa ijo. Lalu merawat kulit yang sedang kena cacar  air dengan bedak khusus pereda gatal, pakai obat krim dari dokter, serta mandi dengan air baking soda maupun sabun khusus kulit gatal. Tak lupa konsumsi asupan sehat, istirahat yang cukup, dan jaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum air putih.

Alhamdulillah, sembuh dari penyakit cacar pas dengan diagnosa dokter, yaitu dalam waktu 2 minggu. Hanya saja sebagaimana yang diucapkan orangtua jaman dulu, “Bekas penyakit cacar itu gak mudah loh hilangnya”. Saat bercermin, memang ada jejak-jejak yang tidak cantik itu di wajah. Apalagi posisinya ada yang dekat dahi dan di sebelah pipi kiri saya. Bentuknya itu mirip seperti bekas jerawat, tapi juga ada yang tampak seperti flek putih.

A. Upaya Menghilangkan Bekas Cacar Air

Kalau urusan cinta saja tentu akan sulit meninggalkan jejak si dia dari pikiran dan hati kita. Ternyata mirip seperti itu pula dengan jejak si cacar air ini. Tak mudah, tetapi juga kalau tidak diusahakan, bagaimana bisa terlihat hasilnya, bukan?

Intinya, saya harus terus bersemangat untuk menghilangkan jejak itu. Meski perlahan, tetapi jika kontinu dilakukan, insyaa Allah akan ada hasilnya. Saya pun mengerahkan segenap kemampuan diri, demi jejak yang tidak asik bisa hempas tanpa sisa, dengan cara:

1. Rutin membersihkan wajah dengan double cleansing

Urusan membersihkan wajah dengan double cleansing, sebenarnya saya acap kali melewati satu step ini, hehe. Paling hanya pakai sabun pembersih saja, tanpa menggunakan cleanser-nya. Demi si jejak tak cantik itu pergi, saya mulai merutinkan double cleansing.

2. Gunakan Masker Racikan yang Mudah Ditemukan

Double cleansing saja suka ada yang terlewatkan oleh saya, begitupula urusan maskeran. Ketika tubuh sudah yakin pulih untuk bisa ke luar rumah (artinya si penyebab penyakit cacar air udah say goodbye), saya berburu bahan-bahan yang mudah ditemukan untuk membuat racikan masker, contohnya:

  • Masker jagung dengan cara, jagung diparut sampai halus, lalu aplikasikan ke bagian tubuh yang ada bekas cacar airnya.
  • Masker kopi, kalau ini racikan kakak saya tinggal pakai saja, karena doi tertular cacar dari saya. Huhu, maafkan daku ya kakak.
  • Memanfaatkan tanaman lidah buaya, lalu membelahnya, dan mengoleskan bagian gel dari lidah buaya tersebut.

3. Jangan Tinggalkan Sunscreen

Penggunaan sunscreen tidak hanya untuk memproteksi diri dari ancaman sinar buruk UV saja, tetapi dapat pula membantu kulit agar tetap terjaga kelembabannya. Maka dari itu, sunscreen jangan sampai dilewatkan, terlebih untuk kulit wajah yang ada bekas cacar air agar tidak kusam.

dokter di zap
momen ketika saya konsultasi langsung di ZAP (kiri: dengan dokter Bulan, kanan dengan dokter Wendy)

4. Konsultasi ke Dokter Kulit yang Tepat

Alhamdulillah berangsur-angsur tiga step di atas, mulai ada perubahan secara perlahan di kulit wajah saya. Namun, saya perlu sesuatu lagi agar kondisi kulit juga semakin kuat khususnya pada skin barrier. Teringat sebelum cacar air menyerang, saya pernah treatment cantik Salmon DNA di ZAP Clinic Metropolitan Mall Bekasi. Kala itu antusias dengan happening-nya perawatan DNA Salmon, sehingga tertarik mencoba dan memilih ZAP untuk treatment-nya.

apa saja penghargaan zap
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

Guna perawatan agar si bekas cacar air makin memudar, saya ke ZAP Clinic Lotte Shopping Avenue untuk konsultasi dengan telah reservasi secara online sebelum hari-H. Kebetulan kala itu ada urusan di sekitaran Kuningan, Jakarta Selatan, jadi bisa sekalian jalan. Dari hasil konsultasi, saya mendapat bekal bagaimana merawat kulit pasca cacar air, serta dapat rekomendasi krim racik. Pilihan saya ke ZAP, karena berpengalaman dan mendapat raihan penghargaan sebagai bukti dedikasinya untuk para penggunanya.

salah satu ruangan treatment di ZAP - dok. readitu.com

B. Makin Mengenal tentang ZAP

Dari dua klinik ZAP yang pernah saya datangi, sambutan dan pelayanan tim di sana sama bagusnya. Hal ini karena ZAP memiliki misi “Memberikan pengalaman perawatan terbaik sebaik mungkin” dengan salah dua culture-nya adalah membuat orang lain bahagia, dan bangun suasana menyenangkan dan menjadi kreatif. 

Apalagi ZAP pun amat menghargai waktu. Tak ingin mereka membiarkan pelanggannya mengalami keterlambatan jadwal reservasi, karena akan mereminder pelanggannya untuk datang. Bahkan bila kita sebagai klien telat untuk masuk ke ruangan 20 menit dari waktu yang dijadwalkan, kita berhak dapat recovery benefit senilai Rp.199,000 untuk di ZAP Clinic, sedangkan senilai Rp.299,000 untuk di ZAP Premiere.

ZAP yang telah hadir semenjak tahun 2009, mengutamakan kenyamanan penggunanya karena telah berpengalaman dan ramah, menghargai kualitas, harga bersahabat, dan paket perawatan yang menguntungkan.  Sebagai informasi nih, kalau kamu mau melakukan perawatan ZAP, bisa kenalan lebih dulu kliniknya ada apa saja, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu:

zap clinic cara daftar booking dan lokasi
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

ZAP Clinic

ZAP Clinic ini diperuntukkan untuk para wanita guna merawat kulit secara rutin dalam jangka panjang, dan treatmentnya pun yang terjangkau. Lokasi outletnya hampir tersebar di seluruh Indonesia.

zap premiere cara daftar booking dan lokasi
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

ZAP Premiere

ZAP Premiere dapat diandalkan sebagai klinik perawatan tubuh untuk kaum hawa guna penyembuhan atau yang lebih advance dari yang ada di ZAP Clinic, contohnya itu masalah Kerutan, Melasma, Kerutan, dan penanganan serius lainnya. Tersedia juga perawatan bagi wanita yang memasuki umur pra-lansia seperti treatment Beauty Routine, Premiere Treatment, Advance Beauty Treatment. Lokasinya dapat dijumpai seperti di Pondok Indah (Jakarta Selatan) dan Menteng (Jakarta Pusat).

menology zap pria ada dimana
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

Men/O/Logy

Klinik Men/O/Logy ini dikhususkan untuk bani adam dan telah hadir semenjak tahun 2019. Perawatan yang disediakan ada untuk wajah, tubuh dan rambut, dengan jenis treatment andalan yaitu Yellow Laser, Men Photo Facial, dan PRP Hair Regrowth. Serta ada juga Infuse Booster untuk merawat stamina tubuh agar tetap prima. Lokasinya bisa ditemui seperti di Pondok Indah (Jakarta Selatan), Kota Kasablanka (Jakarta Selatan), dan Menteng (Jakarta Pusat).

juva by zap ada di mana saja
Saya sedang melihat-lihat produk Juva by ZAP, dan ini mudah temukan di outlet-outlet ZAP terdekat 

Juva by ZAP

Agar makin lengkap lagi dalam hal perawatan kulit, dukungan ZAP untuk pelanggan diberikan melalui produk skincare-nya yaitu Juva by ZAP. Ada tersedia sunscreen (saya suka banget ini), foam (waktu pakai Juga pure bright daily foam perlahan si bekas cacar air memudar), serum, moisturizer, toner, dan body care. Kita bisa menemukannya di setiap gerai ZAP.

zap health untuk vaksin apa saja
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

ZAP Health

Imbangi dalam perawatan kulit dengan menjaga imunitas tubuh agar tidak ngedrop dengan cara Ngedrips, melalui kehadiran ZAP Health. Launching sejak tahun 2020, lokasinya berada di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Di sini juga memudahkan kita untuk melakukan vaksin, salah satunya vaksin flu. Bahkan bisa treatment + Ngedrips juga seperti:

  • DNA Salmon Micro Injection + Anti Aging Booster Drips
  • Photo Facial Glow + Glow Drips Premium
  • Men Photo Facial + Immune Booster Premium Drips
  • Yellow Laser + Super Stamina Drips 

C. Nge-ZAP Bukan Hanya Sekadar Jadi Terawat, tapi Lebih Dari Itu

Cantik bukan bermakna putih. Namun berkat sehat terawat, maka akan terpancar kecantikan itu dengan sendirinya. Disitulah menurut saya, nge-ZAP bukan hanya sekadar menjadi glowing dari sebelumnya. Lebih dari itu, ada manfaat lain yang bisa diperoleh, seperti:

treatment apa saja di ZAP
momen saya ketika nge-ZAP

Memotivasi diri untuk semakin selflove

“Kok dia kulitnya mulus, aku enggak..”

“Dia bisa se-glowing itu, eh daku kenapa kusam ya,”

Mungkin ketika melihat kekurangan pada diri akan merasa insecure alias minder. Jiwa makin melemah, tatkala melihat rumput tetangga lebih hijau dari rumput di rumah sendiri. Murung, sehingga diri makin tertutup. Oleh karenanya, kita bisa memulai lebih dulu dengan menerima diri atas karunia-NYA, sebagai cara bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Cintai diri, bahwa DIA telah menciptakan kita dengan kondisi yang amat baik. Lalu lakukan perawatan diri sebaik mungkin.

Menemukan solusi langsung dari pakarnya

Sebagai orang awam kita belum, bahkan tidak memahami bagaimana penanganan kulit tubuh secara tepat. Butuh masukan dari yang memang ahli di bidang kesehatan kulit ini. Oleh karenanya, berkonsultasi langsung dengan pakarnya di ZAP, bisa memberikan pencerahan agar keluhan pada kulit bisa teratasi.

cara booking zap online daftar langsung
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

Makin Mengerti Apa yang Dibutuhkan oleh Kulit

Perawatan di ZAP bisa memberikan masukan, agar kita makin memahami apa yang dibutuhkan kulit. Hal-hal yang harus dihindari dan yang dilakukan, demi kulit wajah yang sehat dan terawat baik untuk wanita maupun pria.

D. Konklusi

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda. Begitu juga untuk keluhan dalam melakukan perawatan tubuh khususnya pada kulit. Mungkin ada yang ingin menghilangkan komedo, mengatasi melasma, atau seperti saya menghilangkan bekas cacar air yang ke-semuanya dilakukan sesuai kebutuhan melalui nge-ZAP. Tentunya agar mendapatkan hasil sesuai harapan, ikuti bagaimana prosedurnya, apa saja do and dont’s, serta imbangi dengan gaya hidup yang sehat juga. Sebab nge-ZAP lebih dari sekadar perawatan, tetapi menjaga diri untuk konsisten merawat tubuh. 

cara booking zap online daftar langsung
gambar dari ZAP - olah design by readitu.com via canva

Fenni Bungsu

Hi, #SemangatCiee jumpa dengan daku Fenni - si Milenial yang suka menulis tentang hal yang bermanfaat. Untuk bekerjasama bisa melalui email ke: fenni(dot)bungsu(at)gmail(dot)com ��Terima kasih��

32 Komentar

Jangan pakai Unknown ya, biar daku bisa kunjung balik ke blog-mu.
Ditunggu komen terbaiknya ^•^

  1. Ga cukup sekali ya ke Zap kalau pengen hasil yang maksimal, banyak promo juga sih. Bener juga nih love your self itu oenting

    BalasHapus
  2. Wah..ternyata ZAP banyak juga yaa fasilitasnya..deket rumah ada nih mba kliniknya, tapi belum pernah nge-ZAP aku..kira2 harganya ramah dikantong gak mba?

    BalasHapus
  3. Sudah lama kepo sama treatment yang ditawarkan oleh ZAP, ternyata banyak juga cara ZAP untuk bikin wajah kita sehat, terawat dan makin cantik

    BalasHapus
  4. Lah, sama banget.
    Aku baru sembuh dari cacar air juga, kak Fen..
    Sampek diketawain ama temen-temen katanya "Ko baru kena cacar sii.." Tapi juga ada yang menyarankan ke dokter karena khawatir. Kabarnya cacar dewasa lebih berbahaya.

    Alhamdulillah,
    Kini uda masuk masa pemulihan dan sedih banget, kemarin pas cacar banyak banget di wajah. Hiiks~
    Jadi dapet saran treatment DNA Salmon dari ZAP Clinic, rasanya langsung triink~
    HIhihi..haturnuhun.

    BalasHapus
  5. untungnya aku kena cacar air pas SD mba dan puji Tuhan belum pernah kena lagi, kakakku pernah kena pas SMA eh sekarang pas anaknya kena, dia kena lagi

    BalasHapus
  6. pengen banget aku ngeZAP juga, aku ada masalah pori besar sama bekas jerawat, sama agak oily nih wajahku, enaknya pakai treatment apa ya Mba kalau di ZAP klinik?

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, sudah ketemu tempat perawatan untuk memudarkan bekas cacar air-nya. Kebetulan banget, remaja di rumah juga punya bekas cacar air yang sepertinya harus coba ke ZAP juga. Kirain selama ini hanya untuk cewek, ternyata pria juga bisa. Oke dicatet.

    BalasHapus
  8. Saya terkena cacar air saat SMP, dan bekasnya menetap hingga dewasa..hiks.. Sayang dulu belum ada ZAP yaa.. Terimakasih sharing info nya ya..

    BalasHapus
  9. Setuju. Ukuran cantik tuh gak hanya untuk yang berkulit putih. Warna kulit apapun kalau terlihat terawat tuh enak dilihat. Jadi bisa mempengaruhi untuk ikut perawatan.

    BalasHapus
  10. emang ZAP sangat recommended untuk perawatan kecantikan kulit wanita ya mbak. Dan cantik memang bukan hanya terlihat putih saja di kulit, tetapi harus berkonsultasi ke dokter kecantikan atau klinik kecantikan yang bisa mengetahui jenis kulit kita dan perawatan apa yang bisa kita lakukan.

    BalasHapus
  11. Aaaah bener ini mbak. Perawatan kulit itu bukan cuma soal harga tapi juga bagaimana self love kita sama diri sendiri. Kalau dari segi harga sebenernya bisa diupayakan mana yang sesuai dengan bdudget kita

    BalasHapus
  12. Wah bener banget kadang suka kelewat satu step pas double cleansing. Terkadang miceral water perlu selalu sedia. Barakallah Mba udah perawatan di ZAP.Jadi pengen perawatan di ZAP Clinic. πŸ™‚πŸ«ΆπŸ»

    BalasHapus
  13. Duh semoga jangan sampai terjadi kena cacar air, karena kalau sudah dewasa kena kabarnya lebih parah ya. Btw aku kepo nih dengan layanan perawatan di ZAP Clinic jadi pengen nyoba juga :D

    BalasHapus
  14. Aku lebih masalah wajah warna kulit yang tidak merata, pengen perawatan di ZAP tapi waktunya belum dapat yang pas

    BalasHapus
  15. Memberikan perawatan terbaik sebaik mungkin emang cocok banget dengan tag line nya ZAP, dari setiap pengalaman temen yang memuaskan. DUh jadi teringat aku yang pernah cacar jamannya sekolah, emang bekasnya lama tuh nempel di wajah juga.

    BalasHapus
  16. Udasii.. aku tadinya kek uda yang pasrah aja sama bekas cacar ini.
    Tapi dapet pencerahan dari kak Fen bisa dengan perawatan di ZAP Clinic. Jadi ada harapan buat lebih cepat menghilangkan bekas cacar nih..

    BalasHapus
  17. Aku udah mulai harus perawatan, persis sama stepnya yang dishare di sini. Kalau sendiri kayaknya kurang maksimal. Ada bekas cacar juga setitik, kayaknya aku pengen coba ZAP juga. Makasih reviewnya ya.

    BalasHapus
  18. Aku belum pernah nih melakukan perawatan di ZAP, padahal kayaknya yang deket rumahku ada, tapi baca-baca review teman-teman yang pernah perawatan di sana jadi pengen coba deh, keluhanku wajah kusam nih

    BalasHapus
  19. seandainya ada ZAP clinic di kotaku, pengen juga perawatan di sana soalnya wajahku kusam dan berminyak. pengen juga punya wajah yang bersih dan glowing

    BalasHapus
  20. Keren ya ZAP ini. Perawatan yang diberikannya lengkap banget. Gak hanya buat wanita, tetapi juga pria. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan wajah dan tubuh kita. Duh kepengen deh bisa treatment di ZAP. Kayak ngencengin wajah dan pemudaran flek hitam. Semoga nanti bisa deh teratment di ZAP.

    BalasHapus
  21. Tempat perawatan wajah yang ideal. Sudah lama saya tahu kalau ZAP sangatlah andal dalam hal ini. Semua masalah kulit bisa diselesaikan dengan perawatan rutin di sana.

    BalasHapus
  22. Waduh, gawat ya memang kalo kena cacar air. Bekasnya sulit hilang. Semoga enggak kena deh. Untungnya sekarang ada ZAP clinic jadi bisa memudarkan bekasnya ya.

    BalasHapus
  23. wah ZAP kayaknya nyaman banget ya saya mau ke snaa belum kesampaian, wajib banget cobain ke sana niy mba, pengen cobain flek hitam, terus katanya pelayanannya bagus ya makin penaaran buat ke sana

    BalasHapus
  24. Saya ekna cacar air pas STM kela s3, Mbak. mana mendekati ujian lagi. banya tugas sekolah yang harus saya susulkan. Awalnya kakak pertama saya, lalu nyebar ke 4 saudara lainnya.
    Prosesnya memang lama. Karena kalau diburu-buru malah dipaksa terkelupas, malah berlubang. Apalagi di bagian wajah.
    Syukur Mbak Fenni bisa merasakan perawatan wajah di ZAP ya. Bahkan bisa juga untuk para pria.

    BalasHapus
  25. Seriusan aku baru tahu kalo ada perawatan buat cowo cowo juga hihi.. otw seret suami ikut perawatan juga aah biar makin kinclong wkwkwkw

    BalasHapus
  26. Enak ya di Zap, perawatannya jadi pengen lagi dan lagi, me time yang bermanfaat banget ini

    BalasHapus
  27. Kalau lagi butuh refreshing, salah satu perawatan yang asyik tuh perawatan wajah ya mbak. Apalagi kalau tempatnya dekat, harganya murah dan produknya cocok kita pakai. Bahagia pokoknya mah

    BalasHapus
  28. Lengkap sekali perawatannya. Kerennya lagi, ada perawatan khusus cowoknya juga. Jadi sekarang kalau ada cowok yang mau perawatan bisa ke ZAP.

    BalasHapus
  29. Masalah kulit emg sensitif sih. Perawatannya perlu prioritas. Dan masalah itu bs selesai dgn datang ke klinik. Apalagi kalo bs ke ZAP. Paketannya komplit. Semua jenis perawatan kulit ada di situ. Tarifnya jg terjangkau. Cabangnya jg bnyk.

    BalasHapus
  30. Aku malah lupa udah pernah cacar atau belum, haha.. Tapi sekarang bisa lebih lega sih ya, karena perawatan kulit zaman sekarang lebih canggih, utamanya ngilangun bekas luka. Treatment di ZAP bener solusi terbaek sih ya..

    BalasHapus
  31. Mantap nih. Bisa buat cowok juga. Bisa treatment bareng pasangan dong ke zap. Muka kinclong bareng

    BalasHapus
  32. Perawatan di ZAP emang nagihin, aku aja pengen treatment disana lagi tapi nunggu promo hehe

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama