Dari 3 Jenis Buku Ini, yang Mana Pilihan Kamu?

Dari 3 Jenis Buku Ini, Mana Pilihan Kamu? (readitu.com) -- Buku menjadi salah satu sahabat yang mengasikkan baik dalam keadaan senggang maupun ketika kesibukan melanda. Manfaat dari buku tidak disangsikan lagi karena pastinya akan memberikan manfaat positif untuk kita sebagai pembacanya, dari yang namanya menambah wawasan, hiburan bahkan juga pengalaman.

Dari situlah readitu.com membagikan setidaknya ada tiga jenis buku yang dilihat dari bentuk dan fungsinya, dengan disertai keunggulan dan kekurangannya sehingga menjadi pilihan buat kamu, sebagai berikut:

Buku Fisik

Dari namanya, Buku Fisik bisa dikatakan buku yang dapat kita lihat, pegang, bisa membolak balikkan halamannya per lembar, ada pembatas halaman. Bentuknya ada yang kecil atau buku saku, berukuran besar, dan buku bergambar seperti komik atau cerita bergambar. Keunggulan buku fisik kita dapat menyentuh tiap halamannya, memberikan label karena ada quote yang menarik, dan merasakan aroma buku (karena daku pernah membaca bahwa aroma buku fisik makin menambah semangat untuk membaca).

Sedangkan kekurangannya adalah: buku fisik dapat menambah berat barang yang dibawa, serta bila sedang buru-buru akan terlupakan untuk membawa. Selain itu membutuhkan tempat/ruangan khusus untuk menyimpannya, dan dirawat secara baik agar buku tidak menguning dan berdebu.

Buku Digital

Bentuk buku digital yang dapat kita ketahui biasanya dalam bentuk PDF, dan harus mengunduhnya dengan bantuan aplikasi. Buku digital memiliki kekurangan yaitu kita jadi sering menatap layar gawai, sehingga harus mensiasati tampilannya, dan kecerahan pada layar agar mata tetap dalam keadaan sehat dan tidak silau.

Sedangkan kelebihannya adalah tidak akan tertinggal untuk dibawa, karena buku digital tersaji dalam bentuk aplikasi di gawai, misalnya ponsel dimana alat komunikasi ini akan selalu kita bawa kemana saja.

Buku Audio

Ada lagi jenis buku namanya Audiobook atau buku audio yaitu buku yang tersedia dalam bentuk suara (audio) yang dibacakan isi ceritanya oleh narator. Kekurangan buku audio ini adalah untuk mendengarkan cerita bila terlalu sering menggunakan headphone atau earphone akan menyebabkan telinga menjadi sakit. Serta harus mengunduh aplikasinya buku audio.

Kelebihannya bila tidak sempat membaca buku, maka dapat menyetel buku yang sudah dijadikan pilihan lalu dibacakan narator, sehingga dalam sela-sela kesibukan masih tetap dapat menyimak buku. Jadi bisa dikatakan multitasking. Bahkan kita bisa mendengarkan buku audio bersama-sama dengan teman maupun keluarga.

Baik buku fisik, buku digital, maupun buku audio ketiganya adalah sarana untuk kita bagaimana menyelami isi buku. Apapun jenisnya pasti ada keunggulan dan kekurangan masing-masing, yang penting adalah kita membaca buku bacaan yang legal sehingga jadi lebih gemar dan semakin tumbuh minat untuk membaca. 

Daku sendiri senang dengan buku fisik, buku digital maupun buku audio, bisa ganti-ganti disesuaikan kondisi. Selain itu sama-sama memberikan pengetahuan, dan teman dalam perjalanan. Nah, dari ketiga pilihan buku di atas, jenis buku mana yang sering menemani kamu? 

Komentar

Nurul Sufitri mengatakan…
Aku lebih suka membaca buku secara fisik. Meskipun di zaman sekarang sudah marak buku dalam bentuk digital maupun audio tapi aku tetap senang membacanya secara konvensional dan masih juga membeli buku. Ada rasa istimewa tersendiri lho, pegang langsung bukunya, bisa sambil duduk manis di sofa dll.
Jujur sih belakangan aku jarang banget beli buku secara fisik, biasanya baca dari digital saja. Tapi belakangan aku juga lihat beberapa teman mendengarkan cerita buku melalui aplikasi.
Wian Hermawan mengatakan…
Aku kudet apa gimana daahh. Baru tau ada buku audio. Buat aku yang sok sibuk ini, prefer buku audio sih. Karena tinggal denger kayak didongengin gitu kaaan
Antung apriana mengatakan…
kalau aku buku fisik dan digital yang pastinya jadi pilihan. kalau buku audio sebenarnya bagus juga tapi aku dari dulu bukan anak audio jadi ya jarang dengerinnya
Fadmala A mengatakan…
Dari ketiga jenis buku, sebenarnya semua aku suka.. Karena bisa kita gunakan disaat kondsi yg berbeda pula.. Jenis audiobook ini jg bisa digunaakan saat kita diperjalanan, bahkan saat menyelesaikan pekerjaan rumah jg..
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Sebenarnya aku lebih suka buku fisik. Tapi kalau untuk perjalanan mending aku pilih audiobook saja. Karena pusing kalau pas perjalanan baca tulisan tu. Hehehe
Ayah Ugi mengatakan…
Paling suka sih buku fisik karena dapat lebih memacu otak untuk berpikir, dan saat membalikkan lembar demi lembar menjadi wakti rehat sejenak bagi otak. Tapi digital dan audio juga memberikan banyak kemudahan
www.kisahsejati.com mengatakan…
Sampai sekarang aku lebih cinta dengan buku fisik,enak digenggamnya.Apalagi sudah rada lecek-lecek ya,ketahuan kalo kita baca,he he he
Salam:Dennise Sihombing
Dian farida ismyama mengatakan…
Aku lebih suka buku fisik daripada digital alias ebook. Tapi begitu cobain buku audio oke pnya lah. Cocok buat ibu2 kayak aku
Hallowulandari mengatakan…
sejujurnya paling suka buku fisik, ada kesenangan tersendiri deh klo baca buku fisik, setelahnya aku suka yang buku audio bisa sembari dibacain yaa buku pilihan kita, sama-sama punya experience nya masing-masing
dudukpalingdepan mengatakan…
Sebenarnya lebih suka buku fisik karena ada kesenangan tersendiri. Tapi mengingat kesibukan sekarang apalagi punya bocil, rasanya susah buat duduk manis konsentrasi untuk baca buku fisik. Akhir-akhir ini saya sukanya audio book. Karena bisa dengerin isi buku disambi dengan aktivitas lain.
Yanti Alif mengatakan…
Sbagai pecinta buku aku seneng baca buku fisik dan buku digital nih sama2 menarik ada kelebihan dan kekurangannya tinggal kita memilih aja mau yg mna
Melyluthia mengatakan…
Dari dulu sampai sekarang, aku masih suka baca buku fisik sih, kayaknya sensasinya lebih dapet baca buku secara fisik, karena selain isi tulisannya, aku juga suka pilih buku karena suka dengan covernya, hehe.
sumiyati sapriasih mengatakan…
Buku merupakan jendela literasi, apalagi sebagai blogger kita harus mencintai buku untuk bahan tulisan menambah wawasan
sumiyati sapriasih mengatakan…
Buku merupakan jendela literasi, apalagi kita sebagai blogger harus mencitai buku sebagai bahan tulisan menambah wawasan
Priyani Kurniasari mengatakan…
Aku sekarang lagi menikmati buku dengar nih mba. Baru ngerasain aplikasi Storytel dengan beragam best seller novel yang tersedia
Leyla Hana mengatakan…
Kayaknya masih lebih enak baca buku fisik, tapi aku sendiri sekarang nulisnya udah berganti ke digital hehehe
www.faradiladputri.com mengatakan…
Aku dulu suka buku fisik. Tapi sekarang mulai suka digital book karena ada anak kecil wkwk. Kalau audiobook belum mejelajah nih. Jadi pengen coba~

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?