Dukung UMKM melalui Digitalisasi BRI untuk Indonesia

transformasi digital bri

“Widi, tolong jaga warung ya! Kakak mau ke ATM BRI dulu ganti pin ATM.” Pinta Laila, kepada adik bungsunya itu.

“Loh, kenapa harus ke ATM kak. Lewat mini ATM di ponsel saja.” Sahut Widi di mana jari jemarinya sibuk memainkan perangkat layar sentuh itu.

“Tapi kan, smartphone kakak bukan ponsel baru seperti HP kamu.”

“Apapun jenis ponselnya bisa kok kak, kan fitur EBUZZ dari Bank BRI bisa untuk semua jenis smartphone.”

“Ah masa sih? Jadi gak perlu datang ke mana-mana gitu?”

“Iya, digitalisasi BRI bikin simple kok kak. Apalagi ada BRIAPI juga nih yang bermanfaat buat usaha warung kakak.”

“Seperti apa itu Wid? Kakak belum paham.”

“Jadinya semisal ada yang beli produk di sini, terus ingin bayarnya lewat virtual account, kakak tinggal kasih aja nomor VA-nya. Tapi ya daftar dulu kak di BRIVA Web Service.”

“Ah, iya itu, suka ada yang ingin bayarnya lewat virtual account. Ajarin kakak ya Widi.”

“Kuy, Kak!” sambut Widi seraya menunjukkan ponselnya kepada kakaknya itu.

***

Ilustrasi percakapan di atas, menggambarkan akan kemudahan yang ditawarkan dari fitur EBUZZ kepada nasabah BRI bahwa fitur tersebut dapat digunakan pada smartphone tipe apapun, sehingga pengguna bisa menikmati layanan miniATM melalui ponsel. Begitupula kehadiran BRIAPI yang membantu pelaku bisnis dalam memanfaatkan virtual acoount sebagai metode pembayaran. Hal tersebut baru satu layanan yang dihadirkan oleh BRI. Lembaga perbankan yang sudah berdiri semenjak tahun 1895 oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja ini, memiliki beragam layanan keuangan digital lainnya yang bisa disimak melalui gambar berikut:

transformasi digital bri qris

Bila melihat perubahan pola pikir dan kemajuan teknologi yang berkembang masa kini menjadikan tak hanya masyarakat yang siap menerima digitalisasi, demikian juga perbankan plat merah ini, yaitu Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Transformasi untuk BRI ini membawanya meraih penghargaan bergengsi Digital Banking Awards 2022 yaitu 'The Best Bank in Digital Service' pada kategori Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) 4.

Dua Pendekatan Transformasi Digital ala BRI

Penghargaan 'The Best Bank in Digital Service' itu menjadi pembuktian dalam peningkatan layanan kepada masyarakat, BRI siap menghadapi transformasi digital melalui pendekatan:

Pendekatan Hybrid

Pendekatan Hybrid ini merupakan perpaduan layanan digital dan tradisional dilakukan BRI dengan melakukan transformasi dan digitalisasi proses bisnis yang ada. Dengan pendekatan ini, peningkatan dan percepatan personal bisnis BRI menjadi tumbuh, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Pendekatan Bisnis Digital

BRI memiliki tujuan mengejar sumber pertumbuhan baru dan pendapatan bisnis baru. Hal tersebut memungkinkan pekerja BRILIAN atau pekerja BRI untuk mencari sumber pertumbuhan baru bagi perusahaan di bidang yang sebelumnya belum lazim bagi BRI.

transformasi digital apa manfaatnya
ilustrasi dari freepik

Apa Saja Kemudahan Digitalisasi BRI untuk Penggunanya?

Ketika program telah dibuat, semisal untuk beberapa waktu kedepan, tentunya ingin perencanaan tersebut berjalan sesuai harapan. Terlebih telah disiapkan pula titik fokus utamanya guna meningkatkan customer engagement, credit underwriting, antifraud and risk analytics., serta smart services and operations. Hal ini juga menginisiasi BRI guna meneruskan transformasi digital untuk sekitar 3-4 tahun ke depan, melalui tiga fokus utama yaitu:

  • Pembangunan resiliensi pada sistem dengan penguatan pada pusat data, mengokohkan stabilitas dan skalabilitas infrastruktur komputasi awan, peningkatan skalabilitas dan kecepatan, serta ketahanan pengalaman nasabah dalam mengakses aplikasi.
  • Open banking ala BRI melalui penyederhanaan, kemudahaan desain dan pengembangan layanan, dan pemasaran kepada pelanggan dan mitra perseroan dengan mengandalkan aplikasi BRIAPI.
  • Program BRIBrain yang terus didukung dengan lebih analitis terkait data dari produk yang diakses nasabah. Pasalnya BRIBrain ini salah satu 'pusat otak' BRI yang basisnya adalah AI (Artificial Intellegence).

Baca Juga: Tips Mudah Hemat Uang THR

BRI untuk UMKM dan Indonesia

Telah 128 tahun, BRI untuk Indonesia melayani dengan sepenuh hati. Mengabdikan diri dalam kemudahan layanan para nasabahanya, termasuk pelaku usaha. Ya, sebagai pahlawan UMKM, BRI berfokus pada pemberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Meski begitu, berbagai tantangan telah dihadapi, seperti permasalahan operational cost dan operational risk yang tinggi, dan ini bisa terjawab melalui digitalisasi.

Begitupula ketika pandemi terjadi, BRI berusaha untuk menghadapinya dengan transformasi digital. Hasilnya, segmen UMKM yang menjadi tulang punggung BRI bisa melibas tantangan pandemi, di mana hingga bulan September 2021, BRI secara konsolidasi telah membukukan pertumbuhan aset sebesar 11,87% year on year (yoy) senilai Rp1.619,77 triliun.

Berkat digitalisasi BRI pula, di masa krisis akibat pandemi terjadi, membukukan laba bersih sampai Rp 18,66 triliun. Lalu meningkat pada tahun 2022 menjadi Rp 31 triliun. Raihan prestasi pun digapainya sebagai perbankan yang mendapatkan laba terbesar sepanjang sejarah yaitu mencapai Rp 51,4 triliun.

BRI Pahlawan UMKM
Ilustrasi BRI Pahlawan UMKM di mana menggunakan QRIS dalam transaksi pembayarannya (dok. ekbis.sindonews.com)

Kesimpulan

Penguatan strategi dan program digitalisasi BRI memberikan manfaat besar untuk perkembangan keuangan, khususnya pelaku usaha, dari yang tadinya membayar dengan metode tunai tetapi bisa memungkinkan proses yang lama bila memerlukan uang kembalian, lalu bertransformasi dengan metode pembayaran secara virtual account via BRIAPI. Hal tersebut baru satu contoh, masih banyak contoh lainnya yang memudahkan pelaku usaha dari pahlawan UMKM ini. Semangat membantu dan membangun demi perekonomian meningkat, karena BRI untuk Indonesia.

Komentar

Mechta mengatakan…
Wah makin asyik ya program digitalisasi di BRI ini. Aku mau juga ah cobain yg lain..selama ini baru akrab dg Brimo saja..hihi...
Betul banget, justru mereka bisa jadi inspirasi anak muda biar bisa lebih semangat bangun UMKM
sylvianayy mengatakan…
aku jadi teringat kejadian minggu lalu, bayar ke kasir pakai atm tapi lupa pin sampai keblokir, soalnya kebiasaan pakai mobile banking/qris jadi lupa pin, atm nya gak pernah dipakai
Iim Rohimah mengatakan…
Makin inovatif BRI ini. Memang salah satu kiprah bank yang paling keren itu jika menopang kesejahteraan rakyat. Khususnya UMKM.
Okti Li mengatakan…
Inovasi BRI itu emang makin canggih. Kami warga pedesaan sangat terbantu dengan adanya BRI. Bank lain numpuk di kota, hanya BRI yang selalu dekat di setiap kecamatan
Putu Felisia mengatakan…
Kalau BRI beneran go digital, saya berharap BRI tidak akan banyak masalah di sistemnya sih.
Garis Senja Dinda mengatakan…
BRI ini memang enggak mau kalah sama jaman ya. Apalagi dengan teknologi yang serba digital produk digitalisasi dari BRI ini membantu banyak nasabah terutama UMKM. ❤️❤️
Ahmad Kholidin mengatakan…
Memberikan keleluasaan pembayaran menjadi salah satu poin plus dimata pelanggan. Apalagi sekarang orang cenderung mengurangi pembayaran tunai.
Aku pengguna setia BRI. Tapi gak begitu nyaman sama UI/UX nya BRI.
Yola Widya mengatakan…
BRI makin optimal aja pelayanan pada nasabahnya, apalagi sekarang makin banyak produk digitalnya
Priyani Kurniasari mengatakan…
Aku baru tahu ada layanan ebuzz ini, hihi, padahal pengguna brimo. Makin inovatif ya BRI sekarang. Makasih kak, informasinya
Wahyu Eko C mengatakan…
wah mantap banget nih inovasi dari digitalisasi Bank BRI terutama fitur ebuzz nya. Selalu utamakan keamanan data nasabah serta selalu perbaiki ui/ux aplikasinya agar pengguna nya semakin nyaman menikmati semua fitur yang ditawarkan
Fend mengatakan…
Sebagai pengguna BRI saya baru tahu. Jadi lebih memudahkan kalau begini.
Jastitah mengatakan…
aku bukan nasabah BRI. Tapi BRI ini keren yaa, semakin inovatif untuk memenuhi kebutuhan para customernya
lendyagasshi mengatakan…
Aplikasi digital dari BRI ada banyak kah?
Aku kayanya instal BRImo doank.. Tapi aku setuju kalau dengan adanya BRI, UMKM terasa sekali kebantunya. Pandemi memang bikin kita semua struggling dengan berbagai caranya masing-masing.
Lasmicika mengatakan…
Semoga BRI terus meningkatkan pelayanan pada nasabahnya. Ke depan, harapanku, aplikasi nya nggak sering error.