Resep Manisan Kolang-Kaling Segar Tanpa Ribet

Wah sebentar lagi lebaran ya. Namun belum ada hidangan buat Hari Raya nih. Tak perlu khawatir, yuk bareng readitu.com kita buat sajian lezat dengan Resep Manisan Kolang-Kaling Cepat Tanpa Ribet. Alasan merekomendasikan manisan kolang-kaling sebagai santapan lebaran ini karena didasarkan pada:

  • Manisan kolang-kaling ini menjadi menu asik untuk lebaran yang dapat menyegarkan, terutama disajikan dalam keadaan dingin di waktu siang hari.
  • Terasa lebih berwarna, karena manisan kolang-kaling bisa dibuat dengan ragam pewarna makanan yang disuka.
  • Kalau silaturrahmi ke rumah saudara, bila ada manisan kolang-kaling daku suka untuk menicicpinya. Jadinya kudu tersedia juga di rumah saat kerabat datang berkunjung.
  • Mudah mengatur rasa manis dan banyak air yang dingin. Hal ini dikarenakan ada kalanya ingin air yang sedikit, tetapi juga inginnya dalam jumlah air yang banyak. Kalau daku lebih suka yang airnya agak banyak, karena terasa segarnya hehe. Tanpa berlama-lama lagi kita membahas resep Kolang-Kaling Cepat Tanpa Ribet, langsung saja dipraktikkan dengan semangat yuk.

Bahan-bahan Manisan Kolang-Kaling Anti Ribet

  • Kolang-kaling 1 kilogram
  • Gula pasir 200 gram
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Sejumput garam
  • Satu ruas jari kayu manis.
  • Air 750 mili.
  • Pewarna makanan sesuai selera.

Catatan di sini: untuk air bisa disesuaikan bila ingin banyak atau sedikit, begitupun dengan gula. Jadi perbandingan gula dengan air sekitar 1:3 atau 1:4.


Cara Membuat Kolang-Kaling Cepat Tanpa Ribet

  1. Pertama cuci bersih kolang-kaling lalu rendam kolang-kaling di air, kurang lebih selama 1 jam. Setelah itu tiriskan.
  2. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan garam, daun jeruk yang telah dibuang tangkainya, dan kayu manis.
  3. Setelah itu masukkan kolang-kaling dan beri pewarna makanan sesuai selera.
  4. Masak kurang lebih 11 sampai 22 menit. Matikan kompor dan diamkan.
  5. Sajian kolang-kaling siap dihidangkan dengan es batu, atau dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar terasa segar.

 

Mudahnya membuat dengan resep manisan kolang-kaling segar tanpa ribet ini, menjadikan Hari Raya lebih istimewa. Bisa disajikan sebagai hampers yang cantik, maupun hidangan balasan tatkala mendapat kiriman (tukeran) makanan dari tetangga. Soalnya kalau di tempat daku, ini acap kali ada saat tukaran makanan, jadinya bisa saling mencicipi dan terasa ada khasnya masing-masing manisan kolang-kaling yang dibuat. 

Komentar

dessy achieriny mengatakan…
Mamaku resep kolang kalingnya pake fanta mbak, kalau gak pake fanta kurang bagus warnanya kalau hanya pake pewarna makanan doang. Ini menu wajib lebaran yg enak dan seger karena bosen makan nastar dan santen
dessy achieriny mengatakan…
Mamaku resep kolang kalingnya pake fanta mbak, kalau gak pake fanta kurang bagus warnanya kalau hanya pake pewarna makanan doang. Ini menu wajib lebaran yg enak dan seger karena bosen makan nastar dan santen
Mporatne mengatakan…
Kalau Mpo kurang suka kolang kaling manisan karena ada penyakit diabetes. Kolang kaling paling di campur sama kolak aja.
Diah Alsa mengatakan…
saya juga suka makan kolang kaling, tapi udah beberapa tahun ini tidak pernah menyicipinya lagi. Hmm, kapan-kapan mau coba buat juga ah dengan resep Kak Fenni ini ;)
Maria G Soemitro mengatakan…
di Bandung banyak banget nih kolang kaling

saya sering bikin manisan dengan campuran minuman soda seperti fanta

sehingga pewarna ya dari fanta
Okti Li mengatakan…
Pernah beberapa kali ibu saya buat, eh suami dan anak gak makan, entah gak suka mungkin. Sejak itu gak bikin bikin lagi deh. Daripada mubadzir ya... Padahal saya akui kolang Kaling ini enak banget
DokterTaura mengatakan…
Kolang-kaling termasuk favorit keluarga, apalagi buat takjil ramadhan. Biasanya dibuat kolak atau wedang kolang-kaling. Semuanya enak sih... Belum pernah nyobain manisan kolang-kaling... Makasih ya resepnya
Blog berita mengatakan…
Masak kolang kaling menjadi semangat menemani silaturahmi di Idul Fitri
Priyani Kurniasari mengatakan…
Ternyata gampang ya cara bikin manisan kolang-kaling. Aku biasanya nlebih sering beli kalau manisan tapi kalau untuk yang lain seperti kolak gitu biasanya bikin sendiri
Nanik nara mengatakan…
ternyata gampang ya cara bikin manisan kolang kaling ini. Kebetulan di rumah masih ada stok kolang kaling, bisa nih nanti coba di praktekin
Farida Pane mengatakan…
Dari bahannya kayaknya bakal seger nih jadinya. Yang penting kudu pinter pilih kolang-kalimgnya

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?