Ini Cara Asiknya Belanja Online Maupun Offline

Kita pasti semua tahu selain bisa belanja secara offline, dapat juga berbelanja secara online. Keduanya menjadi pilihan yang dapat membantu kita menemukan produk yang dibutuhkan. Ada yang suka salah satunya, ada juga yang gemar keduanya, seperti daku hehe. Daku suka dengan belanja online maupun offline.

Secara Garis Besar Perbedaannya

Kalau offline itu artinya tidak ada sangkut pautnya dengan teknologi internet, jadi belanjanya datang secara langsung bertemu melangsungkan akad jual beli antara penjual dengan pembeli, dan pembayaran tunai di tempat. Barang kebutuhan yang akan dibeli pun mudah untuk diketahui bentuknya, dapat disentuh maupun ditimbang secara langsung di depan mata. Serta untuk harga harus ditanya lebih dulu, dan berpeluang besar untuk negosiasi harga.

Sedangkan bila online, terkait dengan internet yang belanja melalui toko online yang terhubung dengan e-commerce, website, maupun media sosial. Pembayarannya melalui transfer antar rekening, media jasa payment gateway, maupun dompet digital, bahkan dapat pula dengan sistem pembayaran di tempat atau cash on delivery. Harga produk sudah tertera, dan amat minim untuk negosiasi harga. Namun produk hanya dapat dilihat melalui gambar atau video, dan jika tertarik ingin membeli dapat lagi melihat rating dari pembeli sebelumnya. Serta barang yang dipesan dapat diantar langsung ke tempat tujuan, tanpa perlu harus ke tokonya.

[Baca Juga: Tip Simple Menghemat Uang THR Tanpa Galau]

Menurut readitu.com apapun teknik kita untuk membeli suatu produk, baik belanjanya secara offline maupun online sama-sama bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kita. Sebab adakalanya situasi penting yang mengharuskan kita untuk membeli secara online maupun offline, sehingga kedua pilihan belanja ini dapat membantu kita, yang penting tetap memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan barang yang dibeli adalah memang yang dibutuhkan.
  • Membuat list barang yang akan dibeli, agar tidak membuat bingung atau kalap belanja.
  • Produk yang akan dibeli sesuai dengan bujet, usahakan jangan sampai berhutang. Tujuannya agar produk tersebut lebih tenang digunakan.

Kalau kamu suka belanja online atau offline teman-teman readitu.com? Sini kita ngobrol melalui kolom komentar, yuk. 

Komentar

Mporatne mengatakan…
Yang pasti Mpo menantikan harga diskon khusus. Kalau e-commerce ada tanggal khusus. Pokoknya happy saat belanja
Okti Li mengatakan…
Kalau say sih menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Kalau di kampung ga ada barang yg dicari beli online bisa jadi Solusi.
Yg pasti beli kebutuhan ya bukan keinginan
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Kalau aku sih lebih pilih belanja online. Karena kadang suka malas buat keluar. Tapi enaknya kalau belanja offline kita juga bisa cobain sih. Jadi kalau nggak pas ya nggak dibeli.
Dee_Arif mengatakan…
Belanja online maupun offline itu asik asik saja ya
Asalkan sesuai dengan kebutuhan
Tapi kalau aku pribadi masih lebih senang belanja offline, hehe
Vika Kurniawati mengatakan…
saya mah keduanya kak, karena terkadang ada barang yang hanya bisa didapatkan secara online. Terkadang juga harganya lebih murah daripada offilne sih ya, haha
shinobi apuy mengatakan…
keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.. untuk yang paham cara pembelian online, tentu akan memilih cara ini karena lebih hemat waktu. tapi *maaf yah, untuk yang tidak paham belanja online pasti akan memilih belanja dengan datang ke toko sekaligus memilih hingga bisa menawar barang yang ingin dibelinya
Eka FL mengatakan…
Aku belanja online biasanya kalo urgent dan dipasar harganya lebih mahal. Kayak kosmetik, mainan anak, aksesoris, oerintilan smartphone dan yang kayak gitu gitu. Kalo belanja offline udah pasti belanja sandang. Soalnya kalo gak lihat sendiri dan nyoba, duh rasanya lebih yakin dan puas aja. Maklum pernah kena tipu olshop.wkwkwkwk. kecuali yang olshopnya emang trusted ya dan aku udah langganan.
Siti Nurjanah mengatakan…
Baik offline dan online ada sisi lebih dan kurangnya.
Offline kita bisa cek detail secara langsung produk tsb
Klo online umumnya lebih banyak promo
akhir-akhir ini lebih suka belanja online sih selain produk makanan. Kadang beli kapas aja sekarang suka belanja di marketplace wkwkwk
yaa meski memang perlu waktu menunggu barangnya datang. Tapi tetep, kalau lagi mendesak yaa larinya ke toko offline
Priyani Kurniasari mengatakan…
Aku sendiri sudah mulai nyaman belanja online terutama untuk produk yang memiliki official di e-commerce . Sedangkan untuk produk lain lebih nyaman belanja offline sih, semisal belanja sayur
Ulfah Aulia mengatakan…
Aku suka berbelanja kedua2nya baik online maupun offline, sebab ada plus minusnya sih antara kedua ini Mbak.. Seperti online kita lebih simple tanpa mesti keluar rumah, kalau offline kta makin puas dgn produknya karena bisa diliat dan dicobain langsung..

Postingan Populer