Review Buku Meditasi: Sehatkan Fisik dan Mental Anda

review buku tentang meditasi

Mungkin kamu pernah terlintas, bagaimana jalan meningkatkan kehidupan untuk diri dan keluarga. Haruskah dengan terus berusaha, tetapi banyak tekanan mendera? Atau, apakah harus diam termenung tanpa melakukan upaya apapun? Dan ragam pertanyaan lainnya, sehingga membuat makin stres.

Bila stres terus hadir berkepanjangan, dampak kepada diri tentu bukan hal yang sepele terjadi. Kesehatan tubuh menurun. Mood dalam diri tak beraturan. Psikis dan fisik pun makin terkikis. Oleh karenanya, sejenak berdiam diri perlu dilakukan. Dengan menepi tanpa ada gangguan dari manapun, seperti bermeditasi.

Jika melihat pengertian meditasi, disampaikan di dalam buku Meditasi Jalan Meningkatkan Kehidupan Anda ini, belum terdapat kesepakatan makna yang kesatuan yang cenderung berarti meditasi. Namun, dapat disimpulkan bahwa meditasi berarti jalan menuju Tuhan dan diri sendiri. 

Sekilas tentang Buku Meditasi

Judul buku: Meditasi Jalan Meningkatkan Kehidupan Anda

Penulis: Tjiptadinata Effendi

Terbit: Mei 2008 (cetakan ke-9)

Bahasa: Indonesia

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Tebal:105 halaman

Genre: Non Fiksi – Motivasi

daftar buku tentang meditasi

Buku tentang meditasi yang ditulis oleh Opa Tjiptadinata Effendi ini, terdiri dari 9 bab, yaitu:

Bab 1: Apakah Meditasi Itu?

Bab 2: Mengapa Melakukan Meditasi?

Bab 3: Persiapan Melakukan Meditasi

Bab 4: Melakukan Meditasi

Bab 5: Menerapkan Beberapa Meditasi dan Meditasi Singkat

Bab 6: Out of Body Experience

Bab 7: Hasil yang Dapat Dicapai Melalui Meditasi

Bab 8: Meditasi Secara Universal

Bab 9: Penutup

Baca Juga: Review Buku Jangan Mau Di-PHK Begitu Saja

Diterangkan secara rinci, dimana sebaiknya melakukan meditasi. Tata caranya, serta juga bagaimana sikap tubuh agar proses bermeditasi lebih tepat sasaran.

 

Resensi untuk Buku Meditasi

Buku Meditasi Jalan Meningkatkan Kehidupan Anda ini memang bukan buku terbitan baru. Saya pun memiliki buku ini yang sudah cetakan ke-9 yang terbit di tahun 2008, tetapi isi dan kandungannya masih related dengan kehidupan masa kini. Pasalnya bermeditasi dapat meningkatkan spiritulitas yang nantinya berpengaruh terhadap mood kita, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup lebih baik.

Baca Juga: Dari 3 Jenis Buku Ini yang Mana Pilihan Kamu? 

Lalu mengapa harus spiritual? Karena hidup ini tidak hanya terkait dengan sesama makhluk hidup saja, tetapi juga dengan Maha Pencipta. Dari situlah pentingnya untuk tingkatkan dan perbaiki kualitas mental kita dengan spiritual, sehingga akan berpengaruh baik pula dengan kualitas kesehatan fisik. Selamat membaca!

Nikmatilah kehadiran Anda di hadirat Sang Pencipta selama 2 menit, 3 menit, atau 5 menit. Kemudian, bukalah mata Anda perlahan-lahan. Anda telah mengisi permulaan hari Anda dengan sesuatu yang berarti. Ibarat tubuh fisik membutuhkan sarapan pagi, Anda telah memberikan sarapan yang amat bermutu bagi batin Anda. Anda telah “melakoni” – mulai menjalani – hidup bermeditasi Anda – hlm 9.

Komentar

Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Saat pikiran lagi kacau karena masalah pekerjaan atau masalah di rumah, kadang meditasi jadi pilihan beberapa orang untuk menenangkan diri. Keren sih bukunya kak. Tak lekang oleh waktu
Lintang mengatakan…
Iya lho kalau stress terus2an ngaruh banget ke imun dan mood yang ngga beraturan. Psikis juga terganggu. Ternyata meditasi juga ngaruh ya ngatasin moody sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup. Jadi penasaran pengen baca bukunya deh.
Kyndaerim mengatakan…
Menarik nih buku Meditasi, setidaknya bisa jadi panduan buat meningkatkan kualitas hidup, khususnya secara spiritual.
Putu Felisia mengatakan…
Rekomendasi nih untuk orang yang sedang mencari ketenangan batin. Salah satu solusinya adalah dengan meditasi.
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
meditasi, merenung, mengurai makna, jadi penasaran dengan isinya, tidak terlalu tebal nih jadi enak dibawa kemana-mana
Bambang Irwanto mengatakan…
Buku ini terbit 2008, dan sudah cetakan ke 9. Ini menunjukkan bukunya bagus dan terus dibutuhkan sepanjang masa. Karena orang pun akan mengalami stress kapan saja.
Meditasi memang salah satu cara merilekskan diri, berserah diri pada sang pencipta membuat hati tenang dan enjoy menjalankan hidup.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Nggak mudah untuk bermeditasi. Butuh diri yang tenang. Tanpa memikirkan apapun. Tapi gimana bisa kita nggak memikirkan apapun. Baca buku ini kayaknya asyik dah.
Deeva Collection mengatakan…
Buku yang menarik ini, nampaknya akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang semakin sibuk di luar rumah. Melalui meditasi bisa menenangkan diri dan pikiran kembali segar
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Buku yang cocok untuk orang yang lagi mudah stress menurutku. Kadnag memang butuh meditasi yang bener biar betul2 bisa melepas stress
Luluk Sobari mengatakan…
Wah, menarik bukunya. Sudah sejak lama saya ingin mendalami soal meditasi ini karena penting banget. Kayaknya harus baca nih saya, di iPusnas ada gak ya?
Dee_Arif mengatakan…
Buku lama tapi masih saja sering cetak ulang ya
Emang bagus bukunya
Jadi tahu bagaimana cara meditasi
Kanianingsih mengatakan…
Meditasi buat muslimah mungkin bisa lewat shalat dan zikir ya kak. Thanks sharingnya
GE MAULANI mengatakan…
Saya setuju Kak kalau membiarkan stress berkepanjangan memang berakibat fatal ke kondisi kesehatan, mood yang ancur-ancuran, Bahkan kondisi psikis. Emang paling benar sesekali butuh meditasi dan mendekatkan diri ke sang pencipta supaya lebih tenang dan enggak larut dalam rasa stress yang tak terkendali. jadi penasaran Pengen baca bukunya secara lengkap
Eka FL mengatakan…
buat yang baru mengenal meditasi, seperti saya, buku ini worth to read deh. saya juga kurang tahu meditasi itu apa dan bagaimana melakukannya. meditais bagian dari olahraga yoga juga gak sih? atau itu part yang terpisah?
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
Saya belum pernah bermeditasi, tapi saya sadar terkadang stress juga datang dalam diri saya. Salah satu efeknya, gemuk, yang belum lama saya tahu penyebabnya adalah stress. Seperinya perlu meditasi ini.
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, bukunya kayaknya menarik banget nih! Aku suka banget konsepnya tentang bagaimana meditasi bisa bantu tingkatkan kualitas hidup dari segi mental dan fisik. Kayaknya bakal jadi bacaan yang menginspirasi buat mencari kedamaian dalam diri, ya. Makasih sharing resensinya! 🧘‍♂️📖
Sabrina mengatakan…
tertarik sama bukunya kayaknya bagus untuk menjaga atau meulihkan kesehatan mental ya kak, btw itu ternyata buku lama ya cetakan tahun 2008, penasaran dengan isinya jadinya, pengen baca, kebetulan suka banget dnegan buku-buku yang berkaitan dengan kesehatan dan meditasi gitu
lendyagasshi mengatakan…
Banyak manfaatnya ketika melakukan meditasi.
Aku baca-baca artikel mengenai meditasi ini bisa membuat istirahat menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Buku yang sangat menginspirasi.
Happy mengatakan…
aku udah lama banget pengen cobain meditasi. pengen deh ada tempat di deket wilayahku yang ada agenda meditasi gitu, tapi belum nemu. mungkin bisa belajar lewat buku ini dulu ya