Berusaha dan Berupaya

Adakalanya kita sulit untuk mengusahakan atau mengupayakan sesuatu. Terasa amat berat untuk mendapat perubahan. Padahal sudah berusaha dan berupaya agar bisa berhasil sesuai dengan yang diharapkan. 

Dari hal di atas, readitu.com tertarik untuk membahas dua kata yaitu berusaha dan berupaya, karena kerap kali kita gunakan, entah dalam percakapan, maupun penggunaan kalimat dalam tulisan.

Bahasan Berusaha dan Berupaya

Berusaha dan berupaya merupakan 2 kata yang memiliki kemiripan makna. Sebab kata "usaha" dan "upaya" kerap digunakan sebagai sinonim dalam penggunaan kalimat. Dari sinilah bisa ditelaah kedua kata tersebut.

berusaha dan berupaya, makna kata berusaha, makna kata berupaya, arti kata usaha, arti kata upaya

Bila menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata usaha berarti kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, ataupun tubuh guna mencapai suatu maksud. Sedangkan kata upaya berarti usaha; ikhtiar (untuk mencapai suatu maksud, memecahkan persoalan, mencari jalan keluar, dan sebagainya).

[Baca Juga: Membuka Mata di Pagi Hari]


Kesimpulan Berusaha dan Berupaya

Dari hal di atas bisa ditarik kesimpulan, bahwa usaha belum tentu upaya, tetapi upaya sudah pasti usaha. Jadi, bila nanti kata "usaha" dan "upaya" akan digunakan dalam kalimat dapat disesuaikan sebagaimana makna yang terkandung di dalamnya.

Dengan mengetahui makna yang terkandung pada dua kata yang terdengar mirip, bahkan kerap dianggap sama ini, kita dapat menggunakan kata tersebut agar hal yang disampaikan dapat sesuai dengan maksud yang kita harapkan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Memilih Pelembut & Pewangi Pakaian Anti Gagal

Review Run (Movie 2020): Apa yang Kamu Lakukan Ibu?

Weekend Ini Mau Nonton Apa Nih?